image description

Akhir pekan lalu di jerez merupakan hasil balapan yang buruk buat kedua pebalap dari Yamaha, agresif di awal lap namun setelah itu mereka mengalami kesulitan dengan tunggangan mereka. Bahkan Rossi yang start dari urutan ke-7 sempat bersaing meraih posisi ke-4 justru semakin merosot finish ke-10 setelah disalip Danilo Petrucci (Pramac Racing), Jonas Folger (Yamaha Tech 3), dan Aleix Espargaro (Aprilia).

instagram-aripitstop

Salah satu permasalahan yang mendera adalah ban, terutama di ban depan. Bukan hanya Rossi namun ternyata Vinales juga mengeluhkan masalah dengan grip front-end sepanjang balapan.

“Untuk balapan kami berusaha memodifikasi keseimbangan karena kami khawatir dengan usia ban medium. Bagi kami memakai ban keras mustahil untuk balapan ini. Jadi kami berusaha mengurangi spin ban, tapi akhirnya malah lebih buruk. Saya kehilangan feeling ban depan dan saat balapan sangat sulit untuk mengerem maupun ketika hendak masuk tikungan,”, ujar Rossi via motorsport.

“Saya beruntung bisa sampai garis finis,” imbuh Rossi.

21 KOMENTAR

  1. yang heran katanya sirkuit jerez ini less grip karena aspal lama, tp koq abrasif ya sama ban sampe kayak gitu

  2. Motogp kurang seru gara-gara michelin.
    Masa kalah menang gara-gara ban.
    Motor sama pembalap akhirnya nggak terlalu pengaruh.
    Pembalap mau memaksimalkan skill dan potensi motor gak bisa karena ujung-ujungnya faktor ban yg paling menentukan.

  3. Kenapa yang lain, yang menggunakan pemiliha ban yang sama abrasive nya tidak seekstim ini ? mungkin ada yng salah dengan M1 mereka, sehingga mengalami ban habis lebih cepat. maybe….

    • Power motornya lebih gedhe, dan sistem pengereman yang pakem abis kalo gk diimbangi dengan ban yg bagus ya bisa ancur kaya gitu, traksi ban gak bagus jadinya ban spin mulu kaya diparut di aspal bro.

      bukan di motornya yg salah, tp di pemilihan ban nya, mungkin perlu pake ban dengan spek lebih tiggi lagi biar bisa imbangin power. . .

  4. Yamaha perlu rubah sasis nih biar ga makan ban terlalu banyak.. Honda benar dengan memendekkan swing arm agar ban lebih nge-press aspal yang otomatis memaksilkan grip dan menambahkan sudut rake agar ban lebih tidak termakan saat pengereman ataupun high speed cornering

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini