image description

Sebuah SPBU terbakar hebat di Jl Raya Sukatani, Desa Karang Sentisa, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi mengalami kebakaran. Satu unit motor ikut terbakar dalam kejadian dan korban sekaligus pemilik motor mengalami luka bakar 10% di tubuhnya.

instagram-aripitstop

Korban atas nama Rendi (13), pelajar. Luka bakar di bagian punggung belakang dan paha kanan-kiri bagian belakang, dan dilansir via detik.com bahwa selain motor yang ludes terbakar, juga mengakibatkan 1 mesin pompa bensin terbakar.

Kronologi :

  • Peristiwa bermula ketika korban Rendi mengendarai motor Suzuki Smash dalam keadaan mesin menyala.
  • Rendi membeli bensin seharga Rp 100 ribu dimasukkan ke dalam jeriken, dilayani oleh petugas SPBU atas nama Ahmad.
  • Tetesan bensin dari selang kemudian jatuh ke tanah ketika petugas mengangkat selang tesebut. Tiba-tiba busi motor tersebut mengeluakan percikan hingga api menyambar ke mesin dispenser.
  • Sehingga terjadi kebakaran yang mengakibatkan 1 mesin pompa bensin terbakar.

Mengisi bensin memakai jerigen memang berbahaya, seharusnya pihak Pertamina lebih ketat dalam pengawasan pengisian lewat jerigen.

Pada saat mengisi bensin juga dipastikan semua kendaraan harus dimatikan, terutama motor yang mesinnya terbuka lebih mudah memercikkan api karena posisi bagian busi dan kabel busi lebih mudah terjangkau.

sumber : detik.com

15 KOMENTAR

  1. Skrg bnyak yg ngisi bensin tanpa mati mesin, lbh sering lihat mobil, biasanya supirnya males keluar mobil ….mestinya ada petugas tatib yg negur yg beginian, termasuk nelpun hape di spbu

  2. Nmax aerox 155 jg skrg ga matiin mesin klo lg ngisi .kena tangkinya bukan di bawah jok jd orng males matiin mesin

    • Masalah kedisiplinan aja.. rata2 pengendara mobil juga matiin mesin waktu ngisi padahal tangkinya bkn di bawah jok.. sama petugas spbu nya juga harus tegas ngingetin pengendara buat matiin mesinnya dulu..

      Kecuali bis, jarang bgt yg matiin mesin. Mungkin karena dieasel ga pake busi ya..

  3. Saya jarang bnget ngeliat ada APAR di setiap pompanya. Harusnya ada APAR di setiap pompa bensin.

    Mohon koreksi jika salah

    • Ada bos apar buesar segedhe gerobak, biasa deket sama pengisian angin dan radiator untuk spbu besar.. yg spbu kecil biasa disimpan didalem kantor hhhhhh, kaya e jauh lari2, atau pas kejadian pada gk tau lokasi nya. Jadi kagak kepake dah

      • Iya gan kalo yg gede saya juga tau kayaknya untuk urgent gini gak efektif karena kebanyakan kalo gugup yang tadinya gampang jadi sulit apalagi yang gede gitu terus knowledge dari petugas sendiri kadang kurang.

        Jadi kalo yang kayak agan sebutin kayak cuma buat variasi atau untuk lolos inspeksi aja.hhh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini