image description

Sedang ramai di medsos perihal penampakan sokbreker motor yang dilas, yap.. sokbreker belakang ini tampak sekali dilas pakai besi di setiap ulir per-nya. Foto yang diunggah oleh Mekaniker Memes ini menjadi pertanyaan para netizen terutama para biker. Lalu apa efeknya jika per-sok dilas ?.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Apa sih fungsi dari sokbreker ?, tujuan utama dipasangnya sokbreker di motor adalah sebagai peredam kejut alias meredam getaran yang ditimbulkan oleh motor. Sebagai peredam kejut harus menyerap dan atau menghilangkan energi. Dan desainnya harus dipertimbangkan, oleh karena itu harus dibuat ketika mendesain atau memilih sebuah peredam kejut adalah kemana energi akan pergi. Seperti sokbreker belakang yang diterapkan di motor lebih banyak memakai sokbreker yang memakai per.

Semua getaran yang ditimbulkan oleh getaran mesin akan diredam oleh dulu oleh bos antara mesin dengan rangka namun tidak semua bisa diserap dan sebagian getaran yang tersisa masih diserap juga oleh sokbreker sehingga pada saat riding kita bisa nyaman karena minimnya getaran mesin.

Bukan hanya itu saja, sobreker menjadi alat utama untuk meredam getaran yang terjadi dari efek jalanan yang tidak rata, sokbreker menjadi peredam utama. Semua getaran yang timbul akan diserap oleh sokbreker dan energi getaran itu dibuang oleh ayunan per-sok yang bentuknya melingkar2.

Lalu apa jadinya jika per-sok yang merupakan sebagai peredam kejut ini dilas sehingga tidak bisa mengayun lagi ?, ya sudah pasti fungsi sebagai peredam getaran akan hilang. Motor akan terasa motor tanpa sokbreker meskipun masih ada sokbreker depan namun karena redaman bagian jok lebih tertuju ke sokbreker belakang. Sudah pasti naik motor berasa seperti naik sepeda, bahkan bisa terpental2 seperti naik gerobak.

Advertisements

19 KOMENTAR

  1. Kayaknya ini motor sudah tua. Mungkin ini motor buat kerja keras, angkat berat2. Jadi suspensi dilas biar gak terlalu berayun dan mentok. Ini juga suspensi uda karat dan mungkin uda gak ada olinya didalam

  2. klo diliat itu sock motor matic dan gak ada bantalan plastik
    berati matic yamaha…. klo dipikir mkn yg punya lagi riset perbedaan tanpa di las dan dilas (efek sok keras yamaha) apakah tanpa per masih sama keras ?

  3. Whahaha dah biasa angkut beban, Beban hidup nya say! Tadinya mau buat motor rigid coba liat joknya ada per monosok penuematik fluida magnetik teknologi mercy Audi stel pakai remot wireless gsxr150

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here