image description

 

Ceritanya tanggal 14 februari 2017 kemarin saya ketemu bro rio, dia salah satu pengguna setia oli Motul 7100 yang bulan ini mencoba ganti tipe 5100. Ngobrol2 cuma sebentar di restoran anigre daerah gandaria city, sebenarnya sich pengen ngobrol lama tapi berhubung sudah malam dan kepala saya sudah buru2 ketemu bantal, lawong dari pagi2 sudah keluar rumah buat liputan dan jam 8 malam masih nongkrong di gandaria city, cuapek puoool.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Singkat cerita2 ngobrol2, dia punya motor Honda revo, awalnya saat masih baru dia memakai motor bawaan pabrik, namun pada suatu ketika dia punya pengalaman tidak enak di motornya hingga dia mencoba mencari refrensi dan ketemulah oli Motul. Awalnya bro rio ini memakai oli Motul 7100, dan setelah dipakai ternyata langsung jatuh cinta.

”Saya pakai oli Motul 7100 performa motor revo saya jadi enak, akslerasi cepat nyaman lah buat kemacetan di jakarta. Bahkan belum lama ini saya bolak balik Jakarta-Bandung sampai 5 kali dalam sebulan tanpa ganti oli”, ucap bro rio dengan wajah sumringah.

”Harga memang tidak bohong mas”, tambahnya. Namun untuk bulan ini dia sedang mencoba memakai oli Motul tipe 5100, ”Ceritanya kemarin ganti oli tapi sama orang bengkelnya disuruh nyobain yang 5100, katanya sekalian lagi ada promo, ya sudah cobain dulu dech”. Lalu apa komentarnya tentang oli Motul 5100 ? :

”Saya pengguna setia Motul 7100 100℅ SYNTETIC sekarang lagi coba pakai yang 5100 kualitas tidak beda jauh, tetaplah permorfma mesin setelah ganti oli Motul 5100 ini benar benar Tarikan enteng banget dan lebih bertenaga . nyaman pokoknya walaupun mesin panas, keadaan macet makin panas tetaplah stabil performa mesinku disaat panas dan macetnya Jakarta ini,” ujar bro rio.

Sedikit tentang oli Motul 7100, oli ini termasuk oli ester, oli mesin yang memiliki kandungan ester maka akan memiliki 0% shear loss atau memiliki tingkat keausan 0% pula. Sehingga, bila mesin diberikan oli yang mengandung ester, akan memiliki tingkat keausan yang minim, life time yang jauh lebih lama dan peningkatan performa yang bagus dibanding menggunakan full sitetik, so… jangan heran kalau harga oli mesin yang mengandung ester akan jauh lebih mahal, kalau nggak salah sekarang harga Motul 7100 sudah sekitar 240 ribuan, sebanding kualitansya.

Untuk Motul 7100 itu sendiri memiliki spesifikasi API SN, label JASO MA2 yang memberikan perlindungan pada kopling namun tidak menyebabkan selip. namun cocok juga untuk motor dengan Kopling kering. Motul mengklaim penggantian oli Motul 7100 pada pemakaian normal dapat dilakukan hingga 12.000 km, namun semakin rendah semakin baik misal tiap 5000 km atau bahkan 3000km.

17 KOMENTAR

  1. Sama HDEO long drain mana xexexe….

    Oli OEM kualitasnya payah, 500 km sudah jelek.

    Saya tidak sebut merk. Karena saya tidak suka jadi korban merk.

  2. Gue pengguna 7100 juga, gue pakenya di gsx , kemaren bongkar motor niatnya mau ganti kipas radiator karna 2 minggu ini indikator panas mesin nyala terus, gue kira karna kipasnya udah ga optimal kerjanya, nah sekalian dah gue baru beli kampas kopling kevlar mau langsung gue pasang tapi pas gue buka itu mesinnya tjuy, itu kipas yang ada di waterpump udah ga berbentuk, udah ilang, itu pada nyangkut ke bagian lobang coolant yang arah ke mesin/head, gue cek di radiator ternyata kering juga itu coolantnya, ga kebayang panasnya mesin kek apa, kalo pake oli ecek2 keknya gue udah harus ganti semua daleman mesin deh wkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here