image description

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau Yamaha sudah memperkenalkan gacoan terbarunya yaitu All New R15, video bahkan gambar2 saat perkenalan secara internal sudah tersebar dimana2 lewat medsos dan dari video yang tersebar inilah kita bisa sedikit tahu tentang spesifikasi fitur2 yang ada di All New R15.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Rossi menggeber R15 warna biru dan Vinales menunggangi R15 warna hitam, keduanya langsung membuat riuh para peserta dealer meeting di Ciputra Artpreuner Theatre daerah kuningan jakarta. Setelah membawa motor keatas panggung kemudian Rossi didaulat untuk memberikan komentar tentang All New R15 dan disitulah Rossi menyebutkan kalau R15 terbaru ini akan lebih agresif karena disematkan teknologi Assist & Slipper Clutch.

Video detik2 Rossi dan Vinales geber motor R15 (via hp klik disini)

Lalu ada fitur apa saja di All New R15 ?

1.Engine A-Simetrycal, ini yang bikin saya karena saya belum mengetahui secara pasti apa itu Engine A-Simetrycal, apakah piston asimetris atau tegak lurus seperti apa belum tahu, kita nantikan hari ini kalau benar2 akan dirilis di sentul.

2.VVA, nach ini teknologi yang disematkan pertama kalinya di motor Nmax, mau irit oke ngebut ayo… VVA ( Variable Valve Actuation ). Yamaha NMAX adalah motor matic pertama yang memakai VVA, fungsi dari VVA adalah untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA bekerja pada head cylinder dimana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA sehingga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran.

3.Assist & Slipper Clutch, berfungsi mengurangi back torque serta menghindari engine brake.

Assist cam berfungsi sebagai mekanisme self-servo, yaitu menarik clutch hub llau mengoperasikan plat secara bersamaan untuk menekan plat kopling. Ini membuat beban per kopling berkurang. Kita semakin merasa ringan saat menekan tuas kopling.

Dan kebalikannya, saat pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi ke posisi lebih rendah, slipper cam gantian bekerja. Komponen ini memaksa clutch hub dan plat terpisah, yang membuat tekanan pada plat kopling berkurang. Dan pada akhirnya pada saat kita melakukan down shift (penurunan gigi) secara cepat, maka gejala torsi berlebihan pada kopling (disebut juga back torque) yang menyebabkan ban belakang mengalami skid (mengunci) dan hilang traksi tak akan muncul.

4.R-Series Signature, All New R15 mengusung desain DNA dari R6 dan R1. Desain yang serba baru dari versi lama dan lebih sporty seperti adanya air flow di bodi belakang seperti layaknya motor R1 dan R6.

5.Full LCD Meter, seperti yang sudah nampak saat di tes jalanan, All New R15 sudah terpasang speedometer full digital, untuk fitur di speedometer kita tunggu perilisan dulu.

6.Hazard Lamp, kedua lampu sein akan menyala. Secara teknis belum diketahui bagaimana cara kerjanya.

7.Big Tyre, edun tenan… All New R15 memakai ban satu tingkat lebih lebar dari R15 yang lama. All New R15 memakai ban depan dengan ukuran 100/80-17 sedangkan ukuran ban belakang 140/70-17.

8.Upside Down Suspension, ini dia yang bikin ngowoh saat pertama kali melihat All New R15 di jalanan. Sudah pada tahukan sok depan terbalik ini.

Advertisements

13 KOMENTAR

  1. Ngak usahlah bertele-tele kalau komen faktanya pake mesin sohc overtstoke di R15 sebelumnya :

    King of Kejurnas IRS 150cc Sentul : R15

    King of Balapan Dagelan Alun-alun : R15

    Dengan hadirnya New R15 dengan mesin SOHC VVA paling powerfull dikelasnya untuk 5 tahun kedepan R15 masih akan merajai kejurnas 150cc mau itu ditantang diajak balapan standar atau sesuai regulasi.

    Salam klotok-klotok buat DOHC muka Gepeng Ceboker 150

    Spesifikasi New R15 MY 2017

    Power 14,2 KW atau 19.3 ps torsi 14,7Nm
    iklan iwb
    Ban lebih besar depan 100/80 dan belakang 140/70
    Mesin VVA
    Shifting light
    Slippery clutch
    Gear position
    Average speed
    Injektor 10 titik
    TB 30 mm
    Tanki 11 liter
    Berat 137kg
    Cc 155

    Itulah beberapa poin new R15 yang dirilis oleh Yamaha bersama vInales.

    Yamaha ingin mempermalukan fansboy yang mendewakan DOHC.

    Dihajar pake SOHC VVA power dan torsi terbesar dikelasnya

    Bagaimana FBH yuk kita balapan adu standar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here