screenshot_2016-10-28-09-17-26-01

Inilah salah satu dilema yang terjadi di jalan raya, lebih baik kita mengalah kepada rombongan seperti iringan jenazah atau lainnya. Jika iringan yang dikawal patwal biasanya kita sudah tahu dari jauh karena ada suara sirine yang dinyalakan, seperti rombongan pejabat atau presiden.

honda cengkareng

Kejadian naas menimpa pengendara mobil avanza ini, seorang pengendara mobil Toyota Avanza diserang oleh rombongan iring-iringan jenazah. Mobil pengemudi menjadi bulan-bulanan rombongan iring-iringan jenazah karena tidak memberikan akses jalan.

Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 12.45 WIB, di depan Mal Kota Casablanca (Kokas), Jl Casablanca Raya, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2016). Saat itu lalu lintas tengah padat merayap. 



Rombongan iring-iringan yang mayoritas menumpang motor langsung mencegat mobil. 10 Orang dari rombongan langsung turun dari motor mereka. Mereka memarah-marahi pengendara mobil yang tidak mau memberikan akses jalan.

Bahkan ada seorang yang menendang kaca mobil hingga pecah. Kejadian begitu singkat hanya sekitar 15 menit lalu rombongan melanjutkan perjalanan.

“Tadi saya lagi jalan ada iring-iringan jenazah. Saya sudah minggir tapi tetap saja saya dipukulin dan saya nggak terima,” kata pengemudi yang langsung pergi ke kantor polisi.

Advertisements

27 KOMENTAR

  1. itulah yg banyak orang kita salah paham, namanya udah mati gausah selebay itu jg mau kebut2an nguburin, kasian jenazahnya dah mati aja jadi masalah

    • iya bro, jenazah tuh harus d dahuluin,
      ad yg ngalangin, lgsg hajar, sikat, bacok, klo bs bom bunuh diri sekalian. biar brg ngejar pintu surga nya.

      lucunya, ga pernah liat. org sakit d ambulan yg ngiringin ampe anarkis.
      pdhal msh hidup.
      ini nganter org mati ampe sgitu anarkis. situ sehat?

      • Betul tapi kadang pengendara kita aneh. Dah tahu ada iringan jenazah eh pengiringnya diserobot yang akhirnya ketinggalan. Tapi karena kita nggak anarkis ya nyari jalan pintas.

  2. Setahu aku, Intinya yang harus didahulukan itu adalah :
    1. Kereta Api
    2. Kendaraan dengan Sirine (dalam artian Paspampres, Pemadam kebakaran, Ambulan/Mobil jenazah, pejabat.

    kalo rombongan moge aku nggak tahu apa harus didahulukan juga….

  3. org sekarat di ambulan, kdang ga d ksh jalan.
    org mati di ambulan, ngamuk” ga di kasih jalan.
    nguber pintu surga??
    iring”an jenazah ama konvoi anak alay. ga ad beda nya

    tuh jenazah klo ngeliat yg nganter ke pemakaman org” kyk gtu. mending bangun, trus jalan sendiri ke kuburan.

  4. Arogan…
    Orang yng mati aj ngk buru2..
    Lebayyyyyyy empet banget klu liat bginian beraninya keroyokan ..kaya jln punya mbahmu aj..

  5. bingung juga sih kenapa PARA pengiring jenazah itu malah nyuruh minggir mobil/motor dari arah yg berlawanan??toh juga pengendara dari arah yg berlawanan itu gak ganggu/gak akan nyalip….
    sebenernya kalo mau amanin/ngosongin jalanan harusnya yg dikosongin tuh jalur didepannya ambulan ampe akses ke Pemakaman~

  6. itu mah nyusahin yang mati namanya, sebaiknya mobil minggir dan para pengiring gak usah lebay gitu sapa tau jalanan rame apa sempit mungkin juga si pengendara mobil lagi buru-buru jadi gk bisa berhenti. ane yakin tu yang anarkis kalo di jalan ada sirine selain mobil polisi juga gak mau ngasih jalan

  7. Di jakarta memang pada kaya taee gitu kelakuan orang2 yg ikut iring2an jenazah, spion mobil saya juga pernah di geprak pake bendera kuning padahal saya udah jalan pelan dan minggir banget masa iya mau sampe parkir masukin ke rumah orang?

    Entah dimana otaknya, kok gak mikir gimana kalau dia yg ada di posisi orang yg lagi bawa kendaraan itu

  8. Etika. Berilah jalan lbh dahulu kepada iring2an mobil jenazah sebagai bentuk simpati kepada keluarga yang ditinggalkan.
    Bentuk simpati adalah bagian dari hubungan social bermasyarakat. Hari ini memberi jalan, besok mungkin kita adalah salah satu keluarga iring2an jenazah, dan yg kita harapkan pastinya adalah bentuk simpati yg sama dr pengendara lain.

    Ada alasan kenapa bunyi sirene itu gak boleh sembarangan digunakan, karena hanya boleh digunakan untuk hal yg penting dan mndesak seperti salah satunya mobil jenazah. Suara sirene yg membahana itu supaya suaranya bisa didengar dari kejauhan dan kendaraan lain menyatakan simpati dengan memberikan kesempatan bagi mobil jenazah dan rombongan untuk jalan lbh dahulu.

    Skali lagi, ini adalah etika. Ketika ada kendaraan yg tidak memberikan simpati dgn baik, itu yg disebut apatisme.

    Anarkisme bukanlah jawaban atas apatisme.
    Saling menghormati dan bersimpati sesama pengguna jalan adalah yg terbaik. Tapi sikap apatisme jelas adalah salah satu pemicu anarkisme.

    Kesimpulannya. Pengemudi apatis telah mendapatkan ganjarannya. Dan selalu anarkis juga akan mendapatkan ganjaran yg setimpal. Menang jadi Abu, kalah jadi arang.

  9. apa susahnya mengalah?? ga lebih dr 15-20 menit toh?? tunjukkan simpati dan tenggang rasa anda… mereka sdng berduka jgn tambah duka dan kesal mereka, utk yg menghujat si pelayat, smoga anda2 atw kluarga anda merasakan nanti saat meninggal.. šŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here