pabrik-suzuki-malaysia-dilelang-3

Sudah terbelit karena pabrik motornya di malaysia harus ditutup karena penjualan yang semakin lesu dan bulan ini baru saja melelang semua isi pabrik motor di malaysia, ternyata suzuki juga terbelit kasus pajak di jepang. Suzuki motor jepang tersandung penggelapan pajak hingga harus membayar 450 juta yen (Rp 57,9 miliar) untuk menebus pajak dan penalti. Regulator perpajakan di Jepang mengungkap Suzuki Motor Corp memanfaatkan bisnis balap sepeda motor buat menyembunyikan 300 juta yen (Rp 38,6 miliar) dalam pendapatan selama dua tahun terakhir.

honda cengkareng

Dilansir The Japan Times dan dikabarkan oleh kompas pada hari rabu (13/9/2016), Nagoya Regional Taxation Bureau melaporkan, Suzuki menghitung suku cadang sepeda motor balap belum terpakai sebagai biaya pengeluaran bukan barang gudang.

Seharusnya menurut aturan pajak di Jepang, suku cadang belum terpakai dikategorikan barang gudang dan tidak bisa dihitung biaya kecuali telah digunakan atau disingkirkan. Atas kasus ini Suzuki dituntut membayar 450 juta yen (Rp 57,9 miliar) buat menebus pajak dan penalti.

“Walau ada perbedaan pendapat, kami mengisi revisi laporan pajak dan membayar semua uang yang diminta,” kata sumber Suzuki menanggapi berita The Japan Times.

Hukuman ini seperti pukulan lanjutan buat Suzuki yang pada Mei lalu mengaku menggunakan metode pengujian bahan bakar yang tidak sesuai pada 16 model di Jepang. Soal ini Suzuki berdalih kesalahan itu tidak disengaja karena cara para insinyur mengalkulasi data evaluasi hambatan gulir dan hambatan udara pada model. Kondisi berangin pada trek uji juga dikatakan punya kontribusi pada hasil akhir.

Sungguh kabar yang tidak mengenakkan dari pihak suzuki. Kasus demi kasus terungkap dan belum lagi pabrik yang ditutup hingga penjualan motornya yang semakin turun seperti yang terjadi di suzuki motor indonesia.

9 KOMENTAR

    • Setuju!! Berani mencemarkan nama suzuki berarti perang (bacot)
      Suzuki itu motor kualitas dewa dengan fitur masa depan, mesinnya juga tercepat sejagad bahkan motor 4tak 150cc nya aja bisa tembus 190kpj

      Yang berani nantang apalagi hina suzuki minta dicepol bolak balik sampe bego tuh orang

  1. kasiiaaann… ayo suzuki bangkitlah… kami menunggu “inovasi tiada henti” mu…
    kemana orang2 yg dulu membuatmu berjaya, knp tdk panggil lg mereka untuk membantumu (lagi)…
    *ah sudahlah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini