r15 kebanjiran

Musim hujan kembali datang, entah ini musim pancaroba atau memang masuk musim hujan lagi karena akhir ini setiap hari terutama daerah jabodetabek selalu diguyur hujan. Area jabodetabek dan kota besar kalau di dera hujan deras pasti satu masalahnya yaitu banjir. Banjir menjadi momok buat para biker karena motor terancam rusak jika nekat menerobos banjir atau motor yang terparkir tenggelam oleh air banjir.

honda cengkareng

Banjir memang nyusahin, lalu apa sih yang harus kita lakukan jika motor kita terendam oleh banjir ?.

Yang pertama kita lakukan sebenarnya cukup simpel, jangan sekali2 menghidupkan motor apalagi kick starter diengkol2, kenapa ? jika air masuk ke dalam mesin atauu filter udara maka air bisa ikut terkompresi di ruang bakar yang mengakibatkan klep bisa bengkok dan part seperti piston dan cylinder bisa lecet karena air tidak bisa dikompresi barengan dengan BBM, alhasil air menjadi seperti gumpalan di dalam ruang bakar seperti layaknya batu keras.

Yang kedua, kalau memang kita tidak mau repot ya tinggal telpon saja bengkel langganan atau motor dibawa sendiri ke bengkel, yang penting poin nomor satu yaitu motor jangan dihidupkan.

Lalu kalau misalnya mau dibongkar sendiri, yang pertama kali dilakukan jika banjir hingga diatas tangki maka bensin di dalam tangki harus dikuras dulu. Bersihkan air di dalam tangki. Jika tangki tidak terendam tidak perlu dilakukan kuras tangki, tapi baiknya tetap cek kondisi tangki apakah ada air atau tidak.

Keempat, cek filter udara, kalau filter udara basah air sudah pasti harus ganti baru, pastikan ruangan filter udara sudah kering dari air.

filter udara

Kemudian cek kondisi busi, bersihkan businya.

Jangan lupa tap oli mesin, keluarkan oli mesin. Kalau oli mesin baru diganti dan sayang beli lagi maka cari wadah yang bersih untuk menampung oli saat ditap. Jika kondisi oli normal tidak ada airnya maka aman… oli bisa dipakai lagi, tapi kalau olinya bercampur air maka oli wajib ganti. Untuk motor matic jangan lupa cek kondisi oli gardan.

oli (1)

Untuk motor injeksi, jika motor terndam diatas throtle body atau paling mudahnya terendam diatas tangki untuk motor sport maka part throtle body dan injector wajib dibersihkan juga.

Untuk motor matic, jangan lupa bongkar bagian CVT, bersihkan dari air2 yang sudah masuk ke CVT.

Ada yang mau nambahin ?

Advertisements

10 KOMENTAR

  1. sudah mau musim hujan lagi?
    emang kapan musim kemaraunya yak.. perasaan masih sering hujan terus dari bulan2 kemarin

    efek pemanasan global.. gara2 asep knalpot.. hayoo..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here