warga serang polres

Sekitar seribu orang warga mengamuk dan melempari kantor Kepolisian Resor Sijunjung, Sumatera Barat, Selasa, 26 Juli 2016. Mereka melempari kantor polisi dengan bebatuan hingga mengakibatkan beberapa bagian rusak. “Ada sekitar 1.500 orang dari lima nagari yang menyerbu Polres,” ujar warga yang ikut aksi itu, Hasbi Hanif, saat dihubungi tempo. Pemuda ini bernama Alan Wahyudi (15) yang terjatuh dan meninggal usai ditendang. Korban meningga dunia di Puskesmas pada Senin (26/7) malam.

honda cengkareng

Menurut Hasbi, kemarahan massa terjadi karena ada salah satu warga Nagari Muaro yang diduga ditendang anggota Polres saat razia Senin malam kemarin. Warga tersebut dikabarkan meninggal dunia. Menurut dia, warga Nagari Muaro menuntut Polres Sijunjung bertanggung jawab atas peristiwa itu. Apalagi sebelumnya polisi sering melakukan razia malam hari tanpa aturan yang jelas. “Ini puncaknya. Razia diduga menyebabkan warga meninggal dunia. Polres harus bertanggung jawab,” ujarnya.

Namun akhirnya warga mundur karena polisi melepaskan tembakan peringatan puluhan kali dan menyemprotkan gas air mata. Akibatnya, beberapa warga terluka. “Kami mundur dan berkumpul di beberapa titik. Kini warga menyerang pos-pos polisi di persimpangan,” tuturnya. Kepala Polres Sijunjung Ajun Komisaris Besar Dody belum bersedia menjelaskan peristiwa yang terjadi. “Nanti dulu, ya. Situasi masih belum (aman),” katanya kepada Tempo.

Yap, kabar dari ini tentunya harus kita kembalikan juga kepada orang tua dimana peran mereka yang sangat besar untuk mencegah anak naik motor sebelum waktunya. Peraturan sudah ada namun tetap saja dilanggar, dan pihak polisi juga tidak boleh arogan dalam menindak suatu pelanggaran, kita tunggu klarifikasi dari pihak kepolisian.

video via hp klik disini

 

Advertisements

24 KOMENTAR

    • razia bukan cuman sim doang boy ada senjata tajam, narkoba, maling dll orang bener kok malah disangka yg enggak2, kalo malem kan bisa aja mau ngerazia maling kaya lo, ya tu bocah salah lah umur 15 taun bawa motor akhirnya mati deh

      • Setuju coy…klo lengkap instrument motor sama surat2, d berentiin juga g masalah..gw sering & g ad masalah polisi juga jd ny appreciate sama gw…

    • emg razia harusnya kpn? siang?
      penyelundup narkotik, maling motor tambah aman aja kerja malem kalo semua polisi sama pintarnya dg anda

  1. Tembak mati aja semua warga yang nyari ribut. Mau gimana pun, kalau berusaha lari dari razia polisi itu salah. Kalau sampai polisi tendang sampai jatuh ya wajar. Polisi kan bisa aja mengira dia nyolong motor. Sekarang gini aja, sekali motor hilang, polisi disalahin, sekarang mau razia juga disalahin. Maunya apa to? Anak kecil itu meninggal ya karena kesalahannya sendiri. Siapa suruh lari? Kalau ga lari, kan ga ditendang to? Terus kenapa masih dibawah umur dikasih bawa motor? Salahkan orang tuanya lah. Masih untung polisinya ga tuntut orang tuanya karna kantornya dirusak warga. Salah kok dibenarkan? Mana boleh kaya gitu? Wong orang tuanya yg salah, warga ngapain ikut-ikutan? Kurang kerjaan. Polisi tegas sedikit donk. Kalau ada yg memberontak, tembak mati aja. Kaya di jaman Soeharto, aman tenteram. Coba aja liat di luar negeri, polisi gak segan-segan menembak mati orang yang memberontak. Kalau polisi ragu-ragu berbuat seperti itu, kapan Indonesia bisa aman? Kapan Indonesia maju? Maju terus pak Polisi!

  2. kalau masih anak anak ya santun lah bukan main tendang… bukannya polisis pengayom. kalau masih bisa di perbaiki kenapa harus frontal

    Harga real yamaha mio>>goozir.com

  3. wong razia aja smpe kayak ngejar teroris aja..itu cuman uang 200ribu sekarang anda membunuh anak orang..apa ndak sama dengan begal tuh..kalo ndak salah kapolri dulu sempat bilang ndak usah terlalu ngotot ngejar hal yg begitu..

  4. Kalo bertindak sesuai SOP, gak bakalan begini dahhh… Di jabodetabek aja razia kebanyakan gak sesuai SOP, terutama plang pemberitahuan razia 100 mtr sblm razia itu Wajib ada…

  5. Kekerasan harus dibutuhkan di negara ini… Pemerintahan sekarang terlalu lembek… kenapa tuh warga yang rusuh ga di bom aja… ga guna buat pemerintah.. dan juga masalah intern kepolisian lembek sama oknum oknumnya.
    Negara ini butuh orang yang keras tapi bijak..

    orang tua jaman sekarang juga makin lembek di negara ini..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here