tvs apache rtr 200 4v

Perkembangan teknologi membuat kita semakin dipermudah, ketika awal sistem pemindahan kecepatan menggunakan pedal presneling kemudian muncul motor matic yang sudah memanjakan biker dengan tanpa adanya pemindah gigi manual dan sekarang ada penemuan baru dari TVS yang di bulan mei 2016 kemarin baru disahkan hak patennya.

honda cengkarengalarm mp

Diajukan februari 2009, pihak TVS mengajukan hak paten yang bernama Semi Automated Manual (SMT). Teknologi SMT ini berbeda dengan transmisi motor konvensional lainnya. Jika pada motor transmisi manual konvensional menggunakan tuas pemindah gigi di sebelah kiri maka motor dengan transmisi ini menggunakan tombol pemindah gigi di setangnya, semacam tambahan saklar, jika mau pindah gigi tinggal pencet tombol ”+/-” tanpa tekan tuas kopling. Nantinya perpindahan gigi akan diatur secara elektronik dan terhubung melalui aktuator.

“Rakitan gearshift ini memberikan kemudahan dalam mengganti gigi karena pengendara tidak harus mengeluarkan banyak kekuatan atau membuat gerakan-gerakan kaki. Selanjutnya, karena tidak adanya penggunaan tuas persneling di kaki, insiden slip kopling bisa dihindari. Oleh karena itu, tidak akan ada pemborosan bahan bakar karena slip kopling. Ini memberikan efisiensi bahan bakar 2-5 persen dalam penggunaan perkotaan,” kata TVS dalam pengajuan paten.

Meski begitu TVS sejauh ini belum mengumumkan kapan inovasi otomotif itu digunakan. Banyak prediksi menyebut SMT bakal menjadi transmisi opsional pada versi produksi massal dari sepeda motor TVS Akula berbasis BMW G310R.

Advertisements

18 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here