ASTRA SAFETY RIDING COMPETITION (3)

Astra Honda Safety Riding Instructors Competition ke-10 di Batam ini ada yang beda karena AHM untuk pertama kalinya membuka kelas Big Bike. Kelas baru Big Bike ini untuk mendukung segi pelayanan after sales motor moge Honda terlebih AHM baru saja memperkenalkan Big Wing alias dealer moge Honda yang saat ini tersebar di 9 kota besar di indonesia.

honda cengkareng

GM Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengatakan penambahan kategori baru pada AHSRIC 2016 ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan edukasi dan menemani konsumen di berbagai lapisan masyarakat dalam berkendara.

“Seperti jenis motor yang lain, skill berkendara instruktur untuk big bike Honda juga perlu terus dikalibrasi apalagi karakter motornya memang berbeda dan butuh keterampilan khusus. Sementara peserta wanita dari komunitas pecinta sepeda motor diharapkan dapat memberikan pendekatan yang lebih efektif dalam memberikan edukasi safety riding khususnya untuk kaum hawa.”

Dalam kompetisi ini, setiap peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi standar internasional safety riding Honda. Materi ujinya meliputi pengetahuan terkait keselamatan berkendara, kemampuan melakukan edukasi dengan beragam alat peraga, dan keterampilan berkendara yang mencakup teknik pengereman, pengendalian, kestabilan, pengoperasian sepeda motor, dan posisi berkendara yang baik dan benar di berbagai kondisi melalui sesi praktik Braking, Riding Plank, dan Slalom Course.

ASTRA SAFETY RIDING COMPETITION (2)

Di kelas Big Bike sudah tentu tidak mudah seperti kelas standar yang memakai motor All New CB150R karena dari segi bobot motor hingga torsi yang jauh lebih besar butuh skill yang mumpuni untuk menaklukkan motor besar. Di kelas Big Bike ini menggunakan motor Honda CB500F. Seperti yang diutarakan oleh Dimas satria salah satu peserta dikelas Big Bike asal MPM Surabaya yang pernah juara kedua tahun 2015 di kelas standar, dia menuturkan kalau harus beradaptasi lebih dalam karena terbiasa dengan motor sport standar kemudian naik tingkat ke motor lebih besar.

”Cara adaptasinya beda karena dimensi yang lebih besar serta powernya yang lebih besar juga. Terutama saat menikung memerlukan konsentrasi dan pengontrolan bukaan gas yang tepat.” ujar dimas satria.

ASTRA SAFETY RIDING COMPETITION (1)

Buka kelas Big Bike ini tentunya menjadi salah satu menuju layanan terhadap para konsumen premium Honda, para instruktur ini nantinya bisa menularkan pengalaman serta ilmunya tentang safety riding kepada para konsumen terutama konsumen big bike yang baru saja naik kelas. Tidak mudah mengendarai motor dengan power yang besar.

Margono Tanuwijaya marketing director PT Astra Honda Motor :

”Kalau AHM mengadakan acara komunitas big bike juga kita adakan acara pelatihan safety riding, meskipun customernya segmennya terbatas. Nach, kalau ada aktivitas itu makanya instruktur dari kita harus kita siapin makanya tahun ini ada kelas instruktur big bike. Nach ini instruktur dari Big Bike kita pilih dari para juara-juaranya tahun lalu. Pasti kita punya tahapan2 kedepan, oleh karena itu semuanya kita sudah kita pikirin.”

”Kenapa pakai Honda CB500F ? karena paling besar komunitinya disitu…” tambah Pak Margono.

Jadi bukan hanya menjual motor saja Honda juga melayani konsumen di bidang after sales untuk kelas premium ini, seperti palayanan service bahkan pelayanan terhadap konsumen di bidang safety riding. Bukan hanya para konsumen premium saja, edukasi dilakukan di berbagai lapisan masyarakat mulai dengan memberikan pelatihan kepada komunitas, sekolah, perguruan tinggi, hingga institusi swasta dan pemerintah. Pemberian edukasi dikemas dalam bentuk seminar atau kampanye keselamatan berkendara bertajuk Safety Riding Day yang mengusung konsep menarik seperti games, kompetisi, pameran, dan taman lalu lintas. Tercatatat setidaknya 13,7 juta orang sudah mengikusi edukasi safety riding yang diadakan AHM dan jaringan main dealernya.

Dalam mendukung aksinya tersebut, AHM beserta main dealer juga memiliki berbagai fasilitas ajar seperti 1.000 unit alat peraga Honda Riding Tainer serta 5 Safety Riding Center yang berada di Serang (PT Mitra Sendang Kemakmuran), Jakarta (PT Wahana Makmur Sejati), Jambi (PT Sinar Sentosa Primatama), Yogyakarta (Astra Motor Yogyakarta) dan Surabaya (PT Mitra Pinasthika Mulia).

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here