sim

Baru tahu saya kalau perpanjang SIM bisa dilakukan sejak 14 hari sebeluum masa berlaku SIM habis sampai tanggal masa berlaku habis. Kemarin sudah saya tongolin artikel perihal aturan baru perpanjang SIM dimana jika telat satu hati alias H+1 baru perpanjang dari habis masa berlaku maka harus bikin SIM baru lagi proses dari awal.

honda cengkareng

Info dari salah satu netizen yang dishare di grup facebook mengungkapkan bahwa dirinya akan perpanjang SIM karena akan pergi keluar daerah, masa berlaku SIM habis tanggal 13 november jadi masih cukup lama sekitar 6 bulan namun ditolak oleh pihak samsat karena perpanjang SIM hanya bisa dilakukan sejak 14 hari sebelum masa berlaku, artinya jika masa berlaku SIM hbias tanggal 13 november 2016 maka bisa diperpanjang mulai 30 oktober 2016 hingga 13 november 2016 jika lewat tanggal 13 november maka harus bikin SIM baru lagi.

Oiya… untuk keluar daerah sebenarnya nggak perlu risau karena sekarang sudah berlaku perpanjang SIM online, tinggal isi saja via online lalu datang ke samsat terdekat yang melayani online.

curhat lur… : sim ku entek tgl 13 november 2016… nah aku niat e perpanjang hr ini.. soale minggu dpn wes merantau ke pulau sebelah… pas tekan kantor satlantas meh perpanjang… jawabane blm bisa diperpanjang… soale aturan baru perpanjang sim baru bisa dilayani 14 hari sblm masa berlaku habis… nah payah banget kan..padahal dlm aturan yg baru diterbitkan juga.. pabila sim habis masa berlaku dan telat perpanjang satu hari pun..maka hrs nerbitkan sim mulai dr awal.. tentu saja dengan biaya yg gak murah, … wah payah2..jan payah…niat mau tertib malah dipersulit…

Advertisements

25 KOMENTAR

  1. yg ribet yg lahir awal januari kyk ane bro perpanjang pas desember (jaga2 biar ga lupa abis liburan tahun baru) dapetnya cuman 4 tahun masa berlakunya hiks …

  2. Nikmati Aja, ga terlalu merepotkan sih. Prpnjng SIM 2-3Jam jdi Kok itu lgi Rame,, klo udh aturannya gtu dbwa enjoying Aja sih. Apalagi skrg udh bisa OL, makin Mudah Lagi deh.

  3. Lah kalo kayak ane yang kerja dipedalaman bijimane? Belum tentu dapet cuti pas masa berlaku sim mau abis, boro2 mau onlen orang samsatnya aja jauh, tambah ribet dah nih

  4. kalo bikin artikel ya dicek dulu kebenarannya. saya sim habis akhir februari, awal februari lalu saya perpanjang di bis samsat bisa kok. alias lebih dari 3 minggu.

  5. ada ga ya diperaturanny?? klo ada polisi harus sosialisasi kepada warga, kepada petugas polisi sndiri jg. karna banyak polisi yg memang kurang tau peraturan itu sndiri..

    buat konsumen, rajin2lah cari informasi. dan jangn bilang dikit2 dpersulit. cari tau dulu aturannya gimana. soalnya banyak jg konsumen yang ga mau tau.

  6. Di negara ini masih banyak yang berpikir:
    “Kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah?”
    “Kalau bisa disuruh bayar, kenapa harus dikasih gratis?”

    Jadi miris baca tulisan om leopold bagaimana urusan kendaraan dan kepolisian begitu mudah dan cepatnya di negeri orang.

  7. @2. poho:

    iya loh.. gak adil banget!
    kalo tgl lahirnya misal 1januari gitu, perpanjangnya pasti desember tahun sebelumnya, jadi masa berlaku simnya cuma bisa 4tahun, karna sistemnya cuma ngitung bilangan tahun doank.. paraaaahhh…!!!!

  8. kang ini judulnya salah deh,
    tidak bisa dilayani sejak 14 hari sebelum habis..
    harusnya:
    hanya bisa dilayani …

  9. Langsung terjawab, ini berita 6 jam yg lalu (hari ini).

    m.detik.com/news/berita/3212883/bandingkan-perpanjang-sim-dengan-paspor-kakorlantas-sekarang-lebih-mudah

    Jakarta – Kakorlantas Brigjen Agung Budi Maryoto menegaskan perpanjangan masa berlaku SIM saat ini telah lebih mudah.

    “Nah ini kita perpanjangan itu bisa sebelumnya boleh, tahun yang sama boleh, dan berlakunya tidak mengurangi 5 tahun karena tergantung ulang tahunnya kan,” kata Agung.
    Apalagi, lanjut Agung, saat ini untuk memperpanjang masa berlaku SIM tidak perlu kembali ke tempat asal. Perpanjangan masa berlaku SIM dapat dilakukan di mana pun.


    Saya baca di situs lain juga, domisili di luar daerah sudah bisa mengurus di polres setempat yg online melalui database e-ktp. Ada cukup banyak polres yg sudah bisa online tsb, sayangnya saya ga hafal 😀

  10. wah bro, sebenernya thanks bgt uyk sharingnya. yp baiknya aga direvisi ni ulasan, ga sesuai fakta di lapangan. gw bsa kok perpanjang 2 bulan sebelum sim habis. kata petugasnya jg ga masalah kok klo mau diperpanjang jauh2 sebelumnya
    -20 agustus 2016.

  11. Saya perpanjang SIM b2 n sudah serahkan berkas yg diperlukan, tapi kenapa kok disuruh balik lagi dua Minggu kemudian untuk ngambil pengantar tes psikologi dan uji simulator.. gak ada dikasih formulir perpanjangan atau lainnya.. malah ditawari terima jadi dgn biaya yg selangit.. ya sayanya gak mau.. tp tetap, dua Minggu kemudian suruh balik.. memang beginikah prosedurnya perpanjangan?, saat melakukan perpanjangan SIM saya masih hidup.. ada yg tau kenapa yaaaaaaaaaaaaa…???, Terimakasih…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here