bocah terbas palang pintu kereta

Miris melihat gambar yang dishare di ICJ yang berlokasi sekitar daerah Yogyakarta, tampak siswa SD yang belum saatnya mengendari kendaraan justru sudah naik motor berboncengan tiga dan parahnya lagi mereka berani menerobos palang pintu kereta api, lihat gambar diatas.

Mereka kejebak di dalam palang pintu yang sudah tertutup, seharusnya orang tua belum memperbolehan anaknya mengendarai motor. Bisa sich naik motor tapi pengetahuan tentang safety masih nol besar. Mirisnya orang tua justru bangga melihat anaknya yang masih kecil sudah bisa naik motor, menjadi suata kebanggaan dan kepuasaan tersendiri buat orang tuanya.

Bagaimana jika anak tersebut mengalami kecelakaan ? siapa yang menyesal ? orang tua ???.

Safety riding harus sudah ditanamkan sejak kecil meski mereka belum bisa mengendarai kendaraan seperti motor, bagaimana menanamkan safety riding kepada anak ? menanamkan safety riding tidak harus langsung mengajari anak dengan naik motor namun memberi bekal mereka dengan ilmu pengetahuan. Sudah banyak buku2 tentang panduan keselamatan berkendara, dengan membacakan pengetahuan tentang berkendara pentingnya keselamatan di jalan sudah menjadi modal awal untuk anak agar tahu pentingnya safety riding. Pada saat anak kita bonceng, perilaku orang tua harus memberikan contoh seperti mematuhi rambu2 lalu lintas maka sang anak akan belajar dengan sendirinya karena mencontoh perilaku riding sang orang tua.

Mari kita tanamkan safety riding sejak dini kepada anak2 kita.

Advertisements

16 KOMENTAR

  1. bersepeda termasuk pembelajaran berlalu lintas… sayangnya anak sekarang malas dan ga gengsi, sementara ortu malah langsung memfasiltasi sepeda motor

  2. Pengetahuan ortunya aja ttg safety riding maih kurang…sering liht org tua bonceng anaknya g pake helm,nerobos lmpu merah lwt trotoar…

  3. Lah itu yg foto kok ada dikanan ya? kalau pengendara juga ya keterlaluan, jalur orang diembat, bikin susah gerak arah lawan + bikin macet diperlintasan

  4. Heran ya orang tuanya malah kasih izin…dibawa kesekolah dan main pake sepeda motor.
    Lah pihak sekolahnya gimana?
    Kalau di rampas juga bisanya nangis doang tuh anak.
    Kalau ketabrak ya ortunya yg mewek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here