f1 pit stop 1950 vs 2013

Perbedaan dan semakin berkembangnya tekonologi antara masa lalu dengan sekarang menjadikan tolakukur dimana betapa cepat dan pesatnya perkembangan yang terjadi saat ini.

Kita bisa melihat dari apa yang terjadi pada balapan darat tercepat di dunia ini, apalagikalau bukan F1. Dari balapan jet darat ini memberikan contoh perbedaan tekonologi jaman dulu dengan sekarang. Video yang diunggah ke youtube ini memperlihatkan ketika balapan di indianapolis tahun 1950, mobil bernomor 3 yang dikemudikan oleh Bill Holland memerlukan waktu sedikitnya 67 detik. Saat itu Bill Holland finish di urutan kedua dalam lomba yang terpaksa dihentikan karena hujan. Ia menyelesaikan 137 lap, walaupun seharusnya ada 200 lap yang seharusnya diselesaikan seandainya cuaca memungkinkan.

pit stop f1 tahun 1955

Dalam tayangan video itu menunjukkan pit stop tahun 1950 masih terlihat memerlukan waktu yang cukup lama bahkan terbilang lama sekali untuk pit stop saat ini karena membutuhkan waktu lebih dari satu menit, kala itu membuka ban saja masih manual bahkan digetok2 pakai martil untuk melepas dan mengencangkan mur pada roda mobil balap fi. Saking lamanya proses pit stop, pebalap bisa minum dulu.

Kejadian di masa lalu itu tentunya akan sangat berbeda dengan kondisi pit stop f1 saat ini, karena proses pit stop sekarang bahkan tak lebih dari 2 detik saja sudah selesai.

f1 pit stop 2013

Dari video yyang diunggah memperlihatkan pit stop F1 milik tim ferrari di tahun 2013 silam saat lomba di mealbourn australia. Melepas dan memasang sebuah ban tak butuh waktu lama karena sudah dilengkapi dengan peralatan canggih, set-set-set….! tak sampai dua detik mobil sudah siap meluncur ke trek lagi.

video via hp klik disini

Advertisements

11 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here