kloningan r25 (9)

Negara cina, sudah terkenal dengan produk kloningannya terutama di otomotif roda dua. Kita masih Ingat tahun 90an dimana motor2 produk cina dengan mudah menyerbu Indonesia, dengan harga yang sangat murah puluhan merk produk cina menggerogoti penjualan motor asal jepang. 

Produk cina begitu mudah diserap oleh pasar karena harganya yang sangat murah bahkan harganya bisa 50% dibawah produk jepang. Tapi semua itu tidak berjalan lama, dengan cepat mereka mengganggu pasar dan dengan cepat pula mereka musnah dari pasar Indonesia akibat pelayanan after sales yang sangat tidak memadahi karena sebagian besar hanya menjual produk tanpa melayani after salesnya, banyak motor cina yang rusak lalu diabaikan saja oleh pemiliknya akibat ketiadaan sparepart.

Beda di cina beda pula di Indonesia, di cina pabrik motor sudah seperti home Industri, dengan mudah para pengusaha kecil memproduksi motor dan produk mereka lebih banyak yang mirip dengan produk motor dari jepang, kenapa? dengan meniru produk lain maka mereka menghemat anggaran untuk development, mereka tinggal contek langsung produksi. Maka tak heran jika muncul produk2 kloningan seperti yang tampak terbaru yang mirip dengan Yamaha R25, XGJAO RZ35 disinyalir mengusung Kapasitas mesin sebesar 350 cc, saat ini motor tersebut dengan terbuka dipamerkan di salah satu pameran otomotif di cina.

XGJAO RZ35 desainnya plek banget dengan Yamaha R25, disinyalir semua lampu sudah LED termasuk lampu sein. Lihat gambar di galeri, tampak hingga speedometer saja mirip banget, hanya bagian mesin yang tampak sangat berbeda.

Keren keren ya hasil kloningan mereka.

Galerinya :

 

Advertisements

14 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here