RIDING WITH NMAX (2)

Seperti judulnya, penjualan Yamaha NMAX melonjak drastis. Motor dengan teknologi VVA ini mampu terdongkrak hingga 20.999 unit di bulan maret 2016 padahal di bulan februari sekitar 13 ribuan saja.

Data dari detik.com menyebutkan bahwa AISI telah merilis data penjualan sepeda motor selama bulan Maret 2016. Dari lima merek anggota AISI, total penjualan sepeda motor domestik selama Maret 2016 mencapai angka 563.341 unit, naik dari 524.864 di bulan Februari naik 7,3%.

Penjualan NMAX bisa melonjak mungkin inilah alasan kenapa penjualan vixion anjlok ???.

penjualan nmax 2016

Memang apa sich VVA itu ?

Yamaha sudah merilis yamaha NMAX ABS dengan kapasitas 155cc berteknologi blue core dan yang baru adalah VVA ( Variable Valve Actuation ). Yamaha NMAX adalah motor matic pertama yang memakai VVA, fungsi dari VVA adalah untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA bekerja pada head cylinder dimana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA sehingga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran.

Lalu bagaimana cara kerja VVA ini ?

Sebelum saya menjelaskan cara kerja VVA saya coba jabarkan apa saja part pendukung sistem kerja VVA ( perhatikan gambar dibawah ini), untuk diarea cylinder head terdapat Solenoid ini berupa kumparan dan magnet sehingga saat ada aliran listrik masuk akan timbl gerakan. Camshaft di NMAX memiliki tiga karakter yaitu satu untuk intake exhaust dan dua profil untuk klep intake yang terdiri dari in low RPM dan In Hight RPM. Selanjutnya ada Pin & Spring compression sebagai pen penonjok batang solenoid untuk mengaktivkan high RPM.

Untuk lebih jelas tentang VVA silahkan baca artikel lama (klik disini)

VVA  (3)VVA  (1)

Cekidot videonya, via hp klik disini

21 KOMENTAR

  1. Gile bener….
    Cuma nulis di blog iwan, minggir sik, jatahe sales karo wong-wong ublug sing sok pinter.

    Langsung di bredel. Liat aja yang komentarnya over dibiarin aja.
    Tadinya sih berprasangka baik, tidak condong ke merk tertentu.

  2. Nyumbang 1 lek n max abs puteh hahaha emang joz ki motor .gk nyesel winginane smpt galaw pas enek xabre gk inden tpi n max inden

  3. JOOOSSS bgt neehh NMAX… YAMAHA untung gede2an dr lariiiisss maniiisssnya NMAX… kasiiaaann sm si ooon heart yg selalu IRI HATI & DENGKI sama kompetitor kalo jualan motor segala cara dihalalkan pake ngejelek jelekkin produk kompetitor…kalo YAMAHA emang raja nya motor premium.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini