iklan iwb

NMAX IIMSMasih dalam ajang IIMS 2016 yang dihelat di JIExpo Kemayoran Jakarta, 7 – 17 April, tak henti-hentinya Yamaha mengedukasi pengunjung dengan teknologi Blue Core yang dikenal dengan EBH “Efisien, Bertenaga, Handal”.

Banyak yang bisa didapat di booth Yamaha, pengunjung juga diperkenalkan dengan Yamaha Mobile Application (E-Catalog), aplikasi yang memudahkan konsumen untuk mengetahui secara detail produk Yamaha. Selain itu, pengunjung disuguhkan teknologi “Bike Of The Year 2015 & 2016” NMAX dengan menampilkan cutting unit sehingga memudahkan pengunjung untuk mengetahui fitur dan kecanggihan teknologi NMAX tersebut.

“Kami juga menunjukkan cara kerja VVA atau Variable Valves Actuation. Teknologi terbaru milik Yamaha pertama kali diaplikasikan pada Yamaha NMAX. VVA membuat torsi dan tenaga mesin maksimum di semua putaran. Silakan kunjungi booth Yamaha dan coba mempelajari teknologi ini,” ujar M. Abidin selaku GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Pengunjung yang ingin mencoba motor juga tidak perlu khawatir, motor display di booth bisa dinaiki sehingga konsumen bisa merasakan posisi berkendara dan suspensi dari produk Yamaha. Di IIMS ini, tak melulu motor, Yamaha pun menghadirkan berbagai games untuk pengunjung agar suasana lebih meriah.

VVA NMAX (5)

Memang apa sich VVA itu ?

Yamaha sudah merilis yamaha NMAX ABS dengan kapasitas 155cc berteknologi blue core dan yang baru adalah VVA ( Variable Valve Actuation ). Yamaha NMAX adalah motor matic pertama yang memakai VVA, fungsi dari VVA adalah untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA bekerja pada head cylinder dimana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA sehingga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran.

Lalu bagaimana cara kerja VVA ini ?

Sebelum saya menjelaskan cara kerja VVA saya coba jabarkan apa saja part pendukung sistem kerja VVA ( perhatikan gambar dibawah ini), untuk diarea cylinder head terdapat Solenoid ini berupa kumparan dan magnet sehingga saat ada aliran listrik masuk akan timbl gerakan. Camshaft di NMAX memiliki tiga karakter yaitu satu untuk intake exhaust dan dua profil untuk klep intake yang terdiri dari in low RPM dan In Hight RPM. Selanjutnya ada Pin & Spring compression sebagai pen penonjok batang solenoid untuk mengaktivkan high RPM.

VVA  (3) VVA  (1)

Cekidot videonya, via hp klik disini

Untuk lebih jelas tentang VVA silahkan baca artikel lama (klik disini)

Advertisements

15 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here