iklan iwb

motor sirine
pic from pertamax7

Sering kaget dengan suara sirine yang tiba2 lewat ? setelah lewat ternyata cuma rombongan touring saja bukan kawalan polisi, pemadam atau bahkan ambulance. Saya sendiri sampai sekarang masih melihat terutama lampu stobo dan sirine terpasang di motor2 yang sedang touring seperti ilustrasi gambar diatas.

Jengkel sudah pasti karena kita2 sama bayar pajak, hak kita sama kalau mau lebih cepat sampai lebih baik terbang saja.

Pasang sirine, lampu stobo atau rotator itu tidak boleh sembarang karena tidak semua kendaraan boleh pasang, saya setuju kalau para pengguna fitur langsung dilepas dan sita alatnya agar tidak terpasang lagi. Sesuai Undang-undang No. 22 Tahun 2009 pasal 59 ayat (5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

A. Lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk mobil Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;

B. Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk mobil tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, Palang Merah, dan jenazah.

C. Lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk mobil patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.

Saya ambil dari tmcpoldametro :

Terhadap pelanggar ketentuan tersebut dapat di kenakan ketentuan pidana sesuai dengan Pasal 287 Ayat (4) UU No. 22 Tahun 2009. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama bagi Kendaraan yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, Pasal 106 ayat (4) huruf f, atau Pasal 134 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Advertisements

23 KOMENTAR

  1. hahaha rata-rata club pulsar pada pake strobo semua om !! motor ditinggiin biar kaya Ducati Multistrada ngoahahaha kelakuan dijalan ga ada santun2 nya blassss .. naik motor selalu ditengah marka jalan gamau dikiri..

    Yang begituan norak kampugan sumpaaahh amit2 deh wkwkwkw lagian jg bosok tuh motor

  2. NORAK !!! rata-rata club pulsar kaya bocah baru punya motor kemarin sore ngoahahaha

    Emang NORAK mau diapain lagi !! Motor modif touring tinggi2 padahal motor buosokk tuh motor india,,

  3. Nak misale lampu tambahan piye hukume lek???.misal tambahi lampu led crree u3??.gk ngedip.wes d modip ben ra ngedip. (di nggo pas dalanan peteng/udan)

    Hukume piye lek???

    • 1. lapor polisi kalau sempet
      2.tegor kalau berani karena ujung2nya pasti akan adu argumen bahkan adu otot
      3.foto dan share beserta tulis aturan undang2 diatas, biar medsos yang menghakimi
      4.diem aja pasrah daripada digebuk pakai pentungan yang dia bawa

  4. ane pernah ketemu yg model gini nih di jalan, jalanan macet pake bunyiin sirine sama lampu strobo dinyalahin, pas liat di spion ternyata cc motor nya di bawah motor ane, ya maap.. kaga ada deh di kasih lewat sedikit.. sama2 sipil.. jalan jalan umum, gw bayar pajak..lo belum tentu taat pajak..!!

  5. Mungkin Kalian Yang Berfikiran jelek tentang club,comunity,independent motor. Belum pernah merasakan Apa itu Kebersamaan. Ngerasain Berkendara Bareng. Kalau Berkendara Sendiri Gak Usah Mikir Belekang.e Ada Siapa ada Apa tapi ketika Touring kalian tetep mikir kaya g2 mending Pulang aja lah. Belakang kita Saat Touring Adalah Saudara Kita. Jadi Yang Jadi Pemimpin Rombongan(RC) bertanggungjawab Atas Keslamatan Rombongan Tsb. Strobo/Sirine Berguna Buat Buka Jalan. Bukan Buat Pamer2an Biar Lagak Jadi Polisi. Mungkin Hanya itu pendapatku Karena Kemaren 17.04.2016 Aku Baru Merasakan Apa itu Touring Sesunggunhnya Bersama Teman2 JVC(JogjakartaVixionCommunity) Mungkin Perndapat Itu Banyak Tapi Tolong Tanggapi Dengan Positif jangan Asal Bully ikut2an yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here