artikel honda pertamax premium

Tahun ini sudah dipastikan akan ada dua jenis BBM baru yang akan dipasarkan oleh pihak pertamina. Tahun 2015 lalu pihak pertamina mengeluarkan BBM baru bernama Pertalite yang kualitas bahan bakarnya diatas premium namun dibawah pertamax, kini Pertamina menargetkan bulan april 2016 akan merilis produk baru bernama Dexlite yang merupakan Bahan bakar yang memiliki kandungan lebih baik dari solar yang saat ini dipasarkan oleh pertamina, selain itu juga akan ada Pertamax Turbo yang akan dirilis pertengahan tahun 2016.

Seperti halnya dengan Pertalite maka untuk Dexlite ini merupakan BBM non subsidi yang pastinya soal harga lebih mahal dari solar. Dexlite memiliki CN sebesar 51, sementara itu Solar memiliki kandungan CN sebesar 48 dan untuk Pertamina Dex memiliki CN sebesar 53. Kemudian, kandungan sulfur pada Dexlite juga berada diantara Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar/biosolar dan Pertamina dex.

Jika di solar/biosolar kandungan sulfurnya berada di 3.000-3.500, sementara dex berada di 300 ppm, dan dexlite 1000-1.200 ppm. Kemudian dari segi emisi, seharusnya sudah lebih baik ketimbang solar.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang oleh detikoto :

“Saya harapkan April sudah keluar,”

“Harganya sekitar Rp 7.000 per liter,” sebutnya.

Bambang menjelaskan, kehadiran dexlite tentunya untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan solar dengan kualitas lebih baik. Namun dengan harga yang juga terjangkau.

“Buat Fortuner itu kalau pakai solar itu ngeden lah. Apalagi solar itu campur fame. Kalau ini cetane number bisa 51, sulfur contains 1.000-1.200,” terang Bambang.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here