satria injeksi tanpa spakbor belakang

Banyak kita jumpai motor2 yang tidak memakai spakbor terutama spakbor belakang, nach mumpung masih dalam suasana razia simpatik yang diadakan oleh kepolisian hingga 21 maret 2016 mendatang maka tidak ada salahnya saya coba mengingatkan tentang modifikasi yang mudah ditilang oleh polisi.

Melepas spakbor pada motor apalagi spakbor belakang akan menambah kegantengan motor bahkan motor2 sekarang lebih mudah dilepas spakbor belakangnya misalnya satria injeksi, MX King, R15, CBR150R dll, semua motor yang saya sebutkan itu sangat mudah melepas spakbor tanpa harus mempreteli bodi2 motor sehingga para biker dengan mudah melepasnya.

LEPAS SPAKBOR MX KING (2)

Resiko yang dihadapi ketika melepas spakbor tentunya jika riding dalam kondisi hujan maka cipratan motor akan sampai punggung si biker bahkan mengotori pengguna jalan di belakangnnya. Yap, etika yang berbicara.

Kalau misalkan dilihat dari peraturan perundang-undangan bagaimana ?

Sudah pasti akan kena tilang jika melihat Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 1993 pasal 77 ayat 1 yang bunyinya :

”Sepakbor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 70 huruf f, diwajibkan untuk setiap kendaraan bermotor.”

Selain itu lebar spakbor juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 1993 pasal 77 ayat 2 yang bunyinya :

Spakbor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) harus memenuhi persyaratan:

a. Mampu mengurangi percikan air atau lumpur kebelakang kendaraan, atau badan kendaraan.

b. Memiliki lebar sekurang-kurangnya selebar telapak ban.

Seperti di dalam undang-undang Nomor 22 tahun 2009 pasal 285 ayat dua dikatakan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis seperti salah satunya spakbor, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat 3 juncto Pasal 48 ayat 2 dipidana kurungan paling lama dua bulan, atau denda paling banyak Rp 500.000. Bagaimana menurut kang bro ?

Advertisements

51 KOMENTAR

  1. Lagian kalau spakbor dilepas, keberadaan lampu sein yg ngegantung gitu aja kaya posisi standart bakal merusak tampilan imho, makanya ada beberapa yg copot spakbor, sekalian beli sein tempel toh ?

  2. klo knalpot ga standar gmna kang? ane pake knalpot punya satria soalnya, sama kalo gak punya sim? sama kah dendanya?

  3. Kadang heran motor di buat komuter tapi pakai acara harus model ala MotoGP ppfftt… sama geli nya juga lihat motor iklan berjalan tanpa bayaran malah dia nya yang rela beli.

  4. Aah Kalo alasanya kegunaan spakbor nyiprat ke belakang spt nya GA masuk akal.. Sering sya Berada di belakang motor 2 matic yg Masi komplit termasuk spakbor nyiprat juga sampai ke helm sya. Ada 2 Aja nih peraturan.

    • Lah ya itu lha wong yang pake aja bisa nyiprat apalagi yang gak pake. Makin gak karuan sampe susah liat depan *pengalaman.

    • Sebenere klo pake spakbor nyipratnya cmn kebelakang ini buat safety jg biar gak terlalu mepet jaraknya, tau ndiri klo ujan jlnan licin rawan kecelakaan, klo gak pake spakbor bener kata atas ane nyipratnya kemana-mana

  5. Yang penting mah saya pengen liat yg begini di tilang polisi ben kapok….tapi jarang sekali kejadiannya yg ada nyiprat…..

  6. kang ari, itu peraturan yang dikutip buat roda 2 atau roda 4? kalau emang buat roda 2 kok ninja250fi dengan spat board belakang kecil gitu bisa lolos uji di kemenperin? pulsar 200ns dan xabre juga, yg jelas motor2 itu dari pabriknya spat board tidak lebih lebar dari rodanya. mohon pencerahan

  7. Nahhh ituu gaa adaa spakbor. Yang saya tanyain kalo gaa adaa apa apa gimanaa cuman dia jalan pake helm. Di tilang berapa juta tuh wkwkwkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here