google 2

Ini merupakan pelajaran buat saya dulu ketika salah posting artikel yang ternyata sumbernya bukan dari web tersebut namun dari salah satu web yang sudah lama diposting. Akhirnya saya tanya ke teman bagaimana sich caranya kita mencari sumber gambar tersebut langsung dari sumbernya.

Ternyata gampang banget bro, lebih mudah dilakukan lewat pc alias komputer kalau lewat android sepertinya tidak bisa karena saya sudah mencobanya. Pada saat kita kepo sama suatu gambar yang kita temukan misalnya nemu di medsos seperti facebook lalu kita download gambar tersebut kita simpan di PC.

Langkah pertama kita download gambar yang akan kita carinya sumbernya.

img-20160220-wa0036

Kedua, masuk ke google kemudian klik ”gambar/picture” di sebelah kanan atas.

google

Kemudian, muncul seperti dibawah ini. Kemudian kita klik logo gambar kamera :

google 1

Lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini, kita klik ”Choose File” lalu kita disuruh memasukkan gambar/foto yang akan kita cari darimana sumber foto terebut.

google 3

Setelah kita masukkan foto maka secara otomatis google akan loading encari link2 atau web mana saja yang sudah memuat gambar terebut. Ingat…!!! URL atau hasil link pencarian yang paling bawah merupakan web yang lebih dulu menampilkan gambar tersebut, ingat ya… link yang paling bawah merupakan link yang terlebih dulu memuat gambar tersebut ( contohnya saya kasih tanda panah ), semakin keatas maka link terebut yang paling baru memuat gambar jadi yang paling bawah itu merupakan link sumber gambar tersebut.

Namun pencarian seperti ini ada kelemahannya yaitu hanya bisa mencari gambar yang dimuat oleh suatu website, web portal, situs jual beli dan lain2… tidak bisa mencari gambar yang sumbernya dari media sosial seperti facebook, twitter dll.

 

google 4

Gampangkan… jadi kita tahu asal gambar tersebut darimana dan tidak tersesat ke informasi yang menyesatkan.

Advertisements

41 KOMENTAR

  1. Juooss pencerahannya om..
    Ga kaya blogger tim swat nya ahm, nyomot gambar buat bikin artikel bc..
    #Colek si lebay and sekutu2 pasukannya..
    Salam damai..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here