RAZIA POLISI  KUNCI KONTAK LANGSUNG DIAMBIL PAKSA (2)

Sudah banyak kejadian dan mengeluhkan adanya razia yang dilakukan oleh polisi lebih banyak memakai trik ambil kunci kontak secara paksa pada saat memberhentikan motor yang akan diperiksa, tujuannya sich bagus agar biker tidak kabur tapi pastinya kita sebagai biker menjadi terganggu dengan kejadian seperti itu.

video via hp klik disini

Yap, apabila kita sudah berkendara dengan tertib surat2 komplit dan motor standar maka kita tidak akan was-was saat melewati razia, namun kalau tiba2 polisi langsung ambil kunci kontak secara paksa ? itulah yang kadang bikin gondok alias kesel, lawong secara baik2 saja bisa kok nggak usah main paksa gitu. Ya, itu buat sebagian biker yang memang merasa tidak perlu was2 karena surat2 komplit, lalu bagaimana dengan biker yang memang tidak lengkap surat2nya serta kelengkapan berkendaranya ? merasa bersalah sudah seharusnya ia, dan pastinya dalam hati aan ada tindakan ingin kabur dari razia ini…. itulah yang diwaspadai oleh polisi. Namun apakah tindakan itu legal ?.

RAZIA POLISI  KUNCI KONTAK LANGSUNG DIAMBIL PAKSA (1)

Sepanjang saya cari2 peraturan tentang ambil kunci kontak saat razia ternyata tidak ada, tidak ada pasal yang menyebutkan polisi boleh mengambil paksa kunci kontak sebelum pemeriksaan / saat proses pemberhentian kendaraan untuk dilakukan pengecekan. Lalu hukumnya gimana dong ? ada yang tahu ? atau memang ada peraturan tersendiri dari polisi saat melakukan pemeriksaan kendaraan ?. Monggo didiskusikan atau ada yang tahu jawabannya.

Advertisements

48 KOMENTAR

  1. ni namanya cari masalah harus di hajar tu yg maen cabut kunci
    jgn mntang2 berkuasa di jln..lo kyk gni eemang pantes POLISI DI SEBUT PENJAHAt JALANAN sama kyk JAMBRET suka ambil paksa

  2. Pasti ga ada klo berdasarkan UU mah, yg ada d UU peletakan plang ops nya, nah peletakan plang nya itu yg pasti salah klo berdasarkan UU

  3. Pernah adu mulut sama polisi, ya kali naik motor dicabut kontaknya kok tiba-tiba bilang “lampunya mati mas, anda saya tilang”. Aku minta tolong ke supirnya wakapolres buat ambilin STNK, kelar. Rp 0 buat bapak polisi republik indonesia tercinta

  4. menurut ane gak sopan banget.. tau sndiri pakpol klo ngmong kita d suruh sesopan sopanya tpi dengan mencabut kontak scara spontan itu dah sopan
    # tapi ahsudahlah

  5. pasti ga bisa protes juga, alasan dari mereka pasti ada aja mas, belum lagi energi yang terbuang mikirin “bawaan orok” mereka. Lebih baik yang sabar.. lumayan insyaAllah nambah pahala.

    *sebetulnya ga hanya cabut kunci, polisi yang sibuk dengan hapenya sendiri pada saat melakukan pemeriksaan itu juga perlu diperhatikan..

    attitude.

  6. sbnernya kl kabur dr razia kn simple tinggal catat plat nomer lalu ketika bayar pajak tinggal dkasih denda tambahan 500ribu-1juta biar jera. kok malah polisinya yg takut kabur pgendaranya

  7. Saya pernah diceritakan teman, bahwa teman saya punya oknum teman….
    Dan dia sudah biasa hadapi yang model begini…

    Jadi pas kunci diambil paksa, terus di suruh minggir/ke pos..
    Dia sudah siap kunci cadangan….
    😀

    Note:jangan ditiru / terinspirasi

  8. kenapa klo ketemu rombongan/klub (mobil/motor), moge, sesama aparat, jadi pengecut ya.

    Magelang saja, yang ada tempat penggemblengan polisi dan tentara saja banyak kok knalpot berisik, SIRBO, TOA, langgar lampu merah, anak2 kluyuran tanpa helm/lampu bahkan brodolan (utamanya sore-malam), klub parkir di trotoar tetap aja ada.

    Harusnya lebih tertib kan, percuma instansi dibanggakan namun efek tertib ke lingkungan tidak ada

  9. Nimbrung ni Om Arip…., Mnurut saya, sangat salah Pak Pol itu lakukan hal yang gak seharusnya mreka lakukan. Malah pngalaman saya pribadi, ktika saya mash mgendarai Sup## f##, kunci mtor saya sampe doll alias d cabut dalam kondisi konci “on”, sangat kesal, pengen marah, tp aku mah apa atuh… Yg bner ajj sama oknum polisi ini d sebut salah.

    Ya, tp yg saya herankan knapa semua anggota pengemis berseragam ( bari msksa tea) selalu mlakukan hal yg sama, cabut konci. Mungkin ini ajaran turun temurun yg harus d lestarikan, ya semacam adat istiadat supaya gak punah ciri khas ( keabsolutan, arogsnsi dan wibawa busuk) mreka.

    Itu saja,

  10. Masukkan media sosial saja, biar pejabatnya diganti kayak yg di Cirebon. Kalau sesama rider bersatu tak bisa dikalahkan penjahat jalanan berseragam.

  11. Ane dulu pernah digituin. Berhubung uda rada soak kuncinya, sampe rompal rumah kuncinya ketika dicabut paksa.
    Akhir kata Pak Pol yang nombok 200rb.

  12. 2x ketemu razia di Jogja…1 di dekat Monumen Jogja Kembali dan yang 1 di depan gedung LPP Jl. Solo…formasi razia tertib dan tidak perlu sampai cabut kunci seperti itu…mungkin bisa dijadikan contoh kalau Polisi mau razia

  13. beneran tuh sob,ane sama temen ane pernah. waktu itu ada razia di jalan pedesaan, ya banyak yang kena. yang angkut rumput, ibu2 jemput anak sekolah, dll lah
    kunci motor temen lgsung d cabut, karena ga lengkap suruh ke arah petugas yang deket mobil, eh ternyata temen ane bawa serep, ya lanjut jalan lagi. pak saipulisi nya pas sibuk meriksa kendaraan lain.

    ternyata di rumah mash ada 2 kunci serep lagi

  14. Klo belum tau Ini pasalnya kang, jadi ada landasan hukumnya ni :
    pasal 1 : petugas kepolisian selalu benar dalam menjalankan tugas2nya
    Pasal 2 : jika petugas melakukan kesalahan, maka semuanya dikembalikan ke pasal 1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here