artikel honda pertamax premium

Sudah resmi akhirnya pemerintah menurunkan harga premium dan solar terhitung mulai tanggal 5 januari 2016, silahkan para SPBU menghabiskon stok harga lama, biasanya kalau BBM turun pada menghabiskan stok dulu. Untuk harga premium turun 250 rupiah sedangkan solar turun 750 rupiah. 

Harga premium menjadi Rp 7.150 per liter sebelumnya harga premium Rp 7.400 per liter

Harga solar menjadi Rp 5.950 per liter sebelumnya harga solar Rp 6.700 per liter

Saya himpun dari kompas keterangan dari menteri ESDM Sudirman said :

  • Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, harga keekonomian premium saat ini sebenarnya ada di level Rp 6.950 per liter menyusul turunnya harga minyak dunia.
  • Namun, pemerintah kemudian menambah Rp 200 dari nilai keekonomian itu untuk dibebankan kepada rakyat. Tambahan biaya ini merupakan dana untuk program energi terbarukan yang sedang dikembangkan pemerintah.
  • Sementara itu, untuk solar, kata Sudirman, nilai keekonomian saat ini berskisar Rp 5.650 per liter. Namun, pemerintah menambah biaya Rp 300 untuk energi terbarukan sehingga harga solar menjadi Rp 5.950.

Yang jadi pertanyaan saya ? kok malah ada biaya pungutan ya… asal jangan ada korupsi saja.

Advertisements

14 KOMENTAR

  1. NEGERI ini aneh!
    buat program program pemerintah kan sudah ada APBN APBD yg di dapat dari pajak yg selangit.
    sekarang HAK rakyat masih di ambil juga.
    ane ora mudeng lha pokoe. Musingin!!

    • Hak rakyat yang mana ye?
      Itu BBM udah kagak disubsidi. Mikirnya pertamina sebagai perusahaan juga harus bisa dapet profit.

      Jadi rakyat jangan manja dah dikit2 minta diempanin kayak bocah aje. Hwehwehwe. Kagak heran BUMN rugi melulu kalo mental rakyatnya kayak gini.

      • Pernah tahu besaran harga keekonomian itu itung2annya gimsna? Harga minyak dunia 70, 50, 30 dolar nyaris gak ada bedanya. Padahal tahun ini harga rata2 minyak dunia 40an dolar, jauh di bawah harga saat pemerintah cabut subsidi BBM tahun lalu !! Udah rakyat diminta subsidi 200 perliter, masih pula dimahalin … buat nombokin pendapatan negara yg tidak sesuai target dan nutupin kerugian pertamina yg dikorup para bedebah !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here