pasang baut plat nomor ditilang

Berawal baca di funraceindonesia ternyata bersumber dari group scorpio. Lagi ramai di group scorpio adanya penilangan yang dilakukan oleh polisi hanya karena pasang baut monel di plat nomor,yap tampak memang baut tersebut warna biru nggak terlalu besar amat namun sempat menutupi angka ”6”, mungkin karena menutupi angka itu sehingga polisi menilangnya.

Lagi2 pasal modifikasi yang menjadi alasan kuat untuk menilang, untuk mengetahui lebih lanjut silahkan baca sedikit petikan dari artikel lama, sudah sejak tahun 2014 artikel ini saya luncurkan. Untuk baca lebih lengkap klik disini tentang penjabaran pasal modifikasi.

Pasal 1 angka 12 PP No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan (“PP No. 55/2012”), menjelaskan bahwa Modifikasi Kendaraan Bermotor adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor.

Setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi yang menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut akan dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU No. 22/2009”) junctoPasal 123 ayat (1) huruf bjuncto Pasal 131 huruf (e) PP No. 55/2012. Adapun penelitian tersebut meliputi aspek:

1.    rancangan teknis;

2.    susunan;

3.    ukuran;

4.    material;

5.    kaca, pintu, engsel, dan bumper;

6.    sistem lampu dan alat pemantul cahaya; dan

7.    tempat pemasangan tanda nomor Kendaraan Bermotor.

Nach untuk plat nomor ada diangka ”7” mungkin ini yang menjadi alasan kuat polisi berhak menilang kendaraan yang plat motornya ada sentuhan modifikasi.

Ada yang ikut rembug ? silahkan berkomentar.

pasang baut ditilang

Advertisements

44 KOMENTAR

  1. zaman sudah serba online & digital, mungkin akan lebih baik jika sim dibuat online datanya.

    masyarakat benci dengan polisi terutama samsat karena suka main tilang se enaknya sendiri ( semua benar menurut pak pol), kalau seperti di artikel ini harusnya sih DIINGATKATN dulu, itulah fungsi sim digital, berapa kali kena peringatan baru kemudian kena tilang :D, sebenarnya saya sebagai masayarakat ta’at dan salut dengan pak polisi yang baik, sayang ada oknum yang memperburuk image mereka sendiri.

  2. Gimana kalo kita pecinta otomotif buat petisi agar merevisi aturan yang bener” BLUNDER… Jujur aja,kesel gw denger nya apa” tilang…

  3. Kayanya sering banget dah baca korban tilang di cirebon dengan alesan yang aneh”. Kaya motor full fairing dual headlamp yang kena tilang gara” lampunya cuma nyala diposisi low beam (nyala satu lampu), dengan alesan ga nyalain lampu disiang hari. Ntar lagi kalo lewat cirebon motor mesti full standar & aktifin high beam terus.

    • di cirebon polsek susukan,,,nama kapolresnya siapa sih,, polisi polisinya alasannya gak jelas main tilang aja,,,,,Ujung ujungnya duit ,….
      ,ituh polisinya memang gitu ,,,lampu kota (BUkan lampu utama) warna agak orange kena damai 50 ribu

  4. tuhh kann
    udang2 tetang modifikasi akan jdi lahan alasan baru.
    dan meskipun kita tahu tentang pasal tsbut juga percuma. klo kita udah ketangkep nggak mungkin di lepas.
    polisi busuk. lihat yg mengkilap dikit di motor langsung tilang pokoknya klo nggak standart ting ting dri pabrik langsung tilang.
    hati hati yg punya pelk jari hari yg terlihat mengkilap meskipun tapak lebar
    polisi jancuk

  5. Lah, ente mau aja diminta uang damai mas bro.. Mending kena razia, tilang sekalian.. Kasih uang damai ke mereka ente ikut2an dosa, mending sidang sekalian biar jelas salahnya apa.. Ckckck..

    • enak banget sampean om ngomong gtu…?
      sampean bayangin pake kepala ..klo sampean orang jateng misal smarang..smpean mudik dri jkarta.. ketilang di cirebon gara2 hal spele… ane tau polisi cirebon buat plat non cirebon ato luar kota.. kalo di tilang surat2 lagsug di sikat.. sok tegass nyuruh korban buat sidang.. tggal skian bulan sekian..

      tapi sampean harus mikir pake kpala kalo sampean orang jateng masa harus ndrojok ke crebon buat sidang doang..?
      iya klo tggal sidangnya tggal pas masih libur smpean bisa skalian jlan2 ..klo tgal sidangnya pas dah masuk kerja.. dri jkarta ndrojok ke crebon buat sidang doang..mikiiiirrrrr…

    • Ya sudah, ambil dah tuh sim.. Mending bikin lagi sim daripada harus nyogok.. Polisi jadi begitu karena kesannya kita masyarakat awam lemah dan melakukan pembenaran atas praktik uang damai.. Sampean aja gak ada nyali silat lidah ama polisi, polisi selama kita nggak pake kata2 kasar atau kontak fisik nggak akan berani bawa kita ke kantor nya..

      Saya ambil dari pengalaman sendiri loh yah, saya waktu itu masih kuliah bolak balik depok bandung naik motor, padahal mamang saya polisi, si abah masih tentara, saya nggak ada niatan sama sekali minta bantuan mereka, ambil dah tuh sim, biar bikinnya mumet nggak apa2, daripada saya menyuburkan praktik beginian.. Pikir saya waktu itu..

  6. Pokoknya jangan macem2 deh.. ini Indonesia bung, seumpama kau beli bakso pake motor , terus tuh saos nya tumpah kena body motor, ade pokis ya tetep di tilang.. alasan modif warna pake merah sambel gak uji laik dulu.. nah lho.. mampus lah.

  7. suwun lek arip dah jalan2 ke blog mbah,
    mungkin benar apa analisa ala lek arip yg point 7 itu.
    mngkin jg oknum itu semacam memanfaatkan peluang kecil ya.
    padahal sebaiknya kan dihimbau, syukur2 disuruh lepasin monel karena itu mnggangu visibilitas terhadap plat nomer, tapi tanpa tilang ya..
    hehe

  8. plat nopol blakang saya juga makek baut kyk gtuan om, pas singgel riders sejauh 80km saya nemuin 5x razia, oprasi lilin katanya, motor saya gk dipermasalahin kok, padahal yg standart tinggal knalpot, body belakang, sama lampu depan doang

  9. Udah salah kok ngeyel.
    Modifikasi ga haram asal ga menyalahi ketentuan. Lha ini pake baut gede begitu sampe ngalangin nomor 6nya.

    Masang plat nomor langsung dibaut aje logikanya udah salah. Paling bener ya pake dudukan plat nomor. Hwehwehwe.

  10. Harusnya di kasih protokol jelas, kalo nilang salah tangkep, rakyat harus dapet kompensasi yg jelas, misalkan penurunan pangkat yg menilang plis ganti rugi minimal seharga 3x denda maxsimal pelangaran,

    Jadi polishit bisa hati hati dalam menerapkan pasal

  11. Kang ari numpang tanya sebaiknya setelah motor datang lalu Service pertama apakah harus di setel CO nya tidak kalau disetel baiknya ditambah berapa atau dikurangi berapa ya katanya kalau habis di setel co motor jadi tambah ngacir. Motor saya mio m3

  12. Lah… sing motor fairing yang biasa nya naruh no.plat di belakang / depan visor piye yo kalo lewat di situ, kalo di daerah ane masih no problem naruh no.plat di belakang / depan visor, tapi gak tau juga sih kalo kena oknum laler ijo pasti di permasalahkan.
    jadi ke inget dulu ada oknum laler ijo nilang pengendara motor cuma gara2 tutup pentil bukan standart nya hehehehehe…. ediann…. susah memang kalo ketemu laler ijo sedang kelaparan, ibarat kita mau makan ada laler yang mendekat sudah di suruh pergi eh… tetap saja terbang mendekat lagi kadang sampai bikin emosi ambil sapu lidi langsung prakk…. mati dah laler nya.

  13. Poin 7 buat Ninja tuh, suka pasang plat dibalik windshield, sama di bagian undertail.. Mana ada bonusnya cipratan lumpur kalo lagi hujan, gahol banget dah..

  14. Polkis yang rese itu y disitu
    Dari jalan widasari indramayu – simpang palimanan

    Bawa ninin lampu di kira mati 1 aja di tilang
    Pas suruh ke dealer malah ngancem
    Di ancem balik akhirnya di lepasin gtu aja

    D.A.M.N!
    S H.I.T! POLKIS
    Laler ijo jadi polisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here