kabut asap banjarmasin (1)

Dampak kabut asap memang mengerikan yo, kemarin ngobrol sama P.Harry selaku branch manager di Main dealer Yamaha banjarmasin atau Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Banjarmasin saya kaget begitu disodorin foto2 hasil jepretan beliau di daerah kalimantan dan sekitarnya. Kabut asap membuat siang hari berubah tanpa ada sinar matahari terlihat gelap seperti mendung.

Lihat gambar diatas itu pemandangan di siang hari loch… nggak heran jika masyarakat pada enggan keluar rumah akibat dari asap ini, dampak kabut asap karena masyarakat enggan keluar rumah dan transportasi lumpuh maka para pelaku bisnis yang sangat dirugikan. Salah satunya di sektor roda dua.

kabut asap banjarmasin (3)

”Untuk penjualan bulan november sudah mulai stabil, dibandingkan dua bulan lalu karena asap pekat di kalimantan semua orang tidak mau beraktivitas keluar rumah sehingga mempengaruhi penjualan motor. Dengan kondisi kabut asap, apapun kondisinya masyarakat pada malas keluar. Mau kita genjot diskon besar tidak berpengaruh karena asap yang jarak pandang yang pendek dan mengganggu kesehatan sehingga orang2 disini pada malas keluar”, ujar P.harry.

Di banjarmasin dampak kabut asap memang begitu hebat di sektor bisnis motor, sudah dikasih diskon besar tetap saja tidak bisa berjalan karena yaitu… orang2 pada malas keluar dari rumah karena takut kesehatan mereka terancam otomatis ekonomi jadi menurun. Transportasi lumpuh, bahkan pesawat sampai tutup akibat jarak pandang yang sangat berbahaya buat penerbangan. Tak heran jika distribusimotor yamaha dari pusat ke daerah dampak kabut asap sangat turun anjlok seperti di sumatera dan kalimantan di bulan oktober kemarin. Namun info yang saya dapatkan dari P.Harry bahwa untuk di bulan november ini distribusi sudah mulai normal sehingga angka penjualan juga sudah naik hingga.

P.harry melanjutkan bahwa di tahun sebelumnya ( 2014) dalam sebulan untuk wilayah main dealer banjarmasin mampu menjual motor hingga 12 ribuan dalam satu bulan namun untuk tahun ini hanya sekitar 8000-9000 unit saja setiap bulannya.

”Kabut asap ini sangat mengganggu, karena apapun tawaran yang ami berikan, konsumen malas keluar rumah. Pernah kita adakan promo khusus tapi nyatanya malah sepi. Paling parah efek kabut asap di palangkaraya hingga membahayakan kesehatan.”

”Namun sekarang sudah kembali normal setelah diguyur hujan, tapi ya masih susah untuk kembali seperti dulu lagi karena disini terpengaruh dengan layunya bisnis batubara”.

Jiaaan, bencana kabut asap tahun ini paling parah dari tahun2 sebelumnya. Yang bikin heran adalah kok bisa ya setiap tahun langganan kabut asap tapi bukannya semakin menurun malah semakin meningkat saja. Semoga tahun depan kalaupun terjadi kabut asap tidak separah tahun ini dech…

kabut asap banjarmasin (2)

1 KOMENTAR

  1. Saya orang Banjarmasin, sebenarnya itu foto kayaknya bukan di Banjarmasin karena kabut asapnya disini nggak separah di foto (kemungkinan itu di Palangkaraya), tapi kabutnya disini tetap ada terutama mulai tengah malam jam 00.00 sampai pagi jam 09.00 (terasa banget bau asapnya subuh2 gitu). Oh iya, sekarang sudah musim hujan (deras banget hujannya malah) jadi kabutnya sudah hilang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini