CARBON CLEANER (2)

Cerita pagi ini saya mencoba sharing pengalaman pribadi minum Yamalube carbon cleaner, saat ini kita masih banyak yang berfikiran bahwa carbon cleaner itu berbentuk spray yang disemprotkan langsung ke ruang bakar melalui intake atau lubang busi, tapi tahukah sampeyan kalau pembersih ruang bakar yang disemprotkan langsung memiliki efek fatal. Ketika cairan carbon cleaner ini kita semprotkan langsung maka kerak2 akan pada rontok, nach rontokan ini kalau kita lagi apes rontokan akan terjepit ke bibir klep dan kompresi bukannya nrmal malah jadi ngempos belum lagi rontokan kotoran juga menempel di ring piston serta dinding cylinder yang berakibat menggesek di celah antara ring piston dan cylinder akhirnya malah bikin baret.

Awal dulu saya dengar adanya carbon cleaner juga agak heran, kok carbon cleaner dituangkan ke tangki nich. Setelah melihat cara kerjanya ternyata malah lebih aman jika dibandingkan model spray. Monggo langsung diseruduk…

CARBON C

Zat kimia yang berada di carbon cleaner bercampur dengan bahan bakar ditangki, setelah bahan bakar yang sudah bercampur dengan bahan bakar ini disemprotkan ke ruang bakar maka kotoran atau kerak2 yang menempel di ruang bakar akan diangkat sehingga kondisi di dalam ruang bakar akan kembali bersih dan kompresi akan normal kembali.

CARBON 1

Nach… penasaran sama kinerja aslinya seperti saat kita riding, pulang kerja dari kantor saya kantongin satu botol yamalube carbon cleaner yang sebelumnya saya beli cuma 27ribu saja di dealer resmi yamaha. cabut dari bintaro jam 3 sore, kebetulan tangki sudah hampir kosong nich lawong F-Trip sudah nongol dari kantor, hehehehe… mampir dech ke pom bensin di pesanggrahan jaksel.

Oiya sudah tahu fungsi F-Trip ? F-Trip ini fitur yang ada di motor R15, New Vixion Advance oiya… katanya NMAX juga ya… F-Trip itu sebagai pengingat kita saat riding bahwa volume bensin di tangki sudah mulai tiris, F-Trip akan muncul angka yang semakin bertambah seperti odometer yang berfungsi untuk mengetahui seberapa jauh sich kita bisa jalan ketika F-Trip ini muncul, saya pernah pakai hingga 25km jadi ketika F-Trip muncul kita jalan sampai25km masih aman karena bensin masih tersisa motor nggak bakalan mogok. Saya baca2 di grup R15 malah ada yang mencoba hingga 40km dan kata teman pengguna NMAX malah sudah coba sampai 50km, weleh… jadi tahu kalau touring nanti tidak was2 dan bisa mengira2 dimana kita akan mengisi bensin. F-Trip akan hilang dengan sendirinya ketika kita sudah mengisi bensin.

F-TRIP

Sampai pom bensin buka tutup tangki kemudian ambil botol carbon cleaner lalu dituangkan dech… isi cuma 4 liter pertamax saja karena 1 botol Yamalube carbon cleaner maksimal dipakai 3,5-5 liter bensin saja.

CARBON CLEANER (1)

Sudah selesai diisi, langsung dech riding ke jonggol yang menempuh jarak sekitar 60km dari bintaro. Jalan sampai pinang ranti atau dealer Mabua Harley motor ada yang aneh nich… akslerasi motor semakin lama kok semakin bertambah seperti power motor ikutan naik juga, setiap pindah gigi terasa banget loncatan akslerasi yang berbeda sebelum pemakaian Yamalube carbon cleaner ini. Akslerasi motor R15 benar2 sungguh beda bro… terasa banget perbedaan kenaikan akslerasinya, kok bisa ya… padahal carbon cleaner ini bukan penambah oktan. Nach sudah saya jelaskan diatas bahwa Yamalube carbon cleaner ini mengurangi kerak2 yang ada di ruang bakar sehingga kompresi motor kembali normal seperti terasa baru lagi, yup karena kompresi motor kembali normal maka akslerasi motor menjadi lebih bertenaga.

Sampai di rumah pun akslerasi motor tetap stabil, layak dicoba buat di Mio karbu nich…

Untuk cara tuang Yamalube carbon cleaner bisa klik artikel lama dibawah ini :

Begini Cara Tuang Carbon Cleaner Yang Benar…! Pembasmi Kerak di Ruang Bakar

carbon cleaner

Advertisements

39 KOMENTAR

  1. R15 nya sudah total berapa km di odometer?
    Biasanya di isi bbm apa tuh?

    Biasanya ane isi carbon cleaner di abs.revo setiap 4000km…namun dengan bbm premium.

    Btw kang Ari uda pernah tes belum, kan kalo masi pake premium di mangkok karbu suka kotor coklat kemerahan tuh. Kalau abjs pake carbon cleaner ini jadi bersih tidak? Ane males buka2 karbu, soalnya harus buka body..tahu sendiri body motor ahm kualitasnya seperti apa..

    • masih 2.000, pakai pertamax terus dari awal.
      untuk di motor karbu sudah, hasilnya sama, tapi tidak bisa bersihkan mangkok karbu tetapi kerak intake manifold ikut rontok. untuk kotoran karbu memang tidak bisa karena hanya mengangkat kerak2 di ruang bakar

  2. Baru seminggu ane pake carbon cleaner, beli harga 30rb pakai di kilometer 6k. Biasa pakai pertamax dan premium, hasilnya lumayan akselarasi nya berasa perubahannya. Dengar2 cuma yamaha yg ngeluarin carbon cleaner buat injeksi, klo merek sebelah katanya injeksi rusak ganti baru.

  3. dah lama pengen cb ini..cm msh ragu ampe skrg aplg mtor cm matic..
    terus bro, kotoran yg dibersihkan keluar melalui apa? asap atau gmana ya?
    apa gak ngaruh itu ke oli dll?

  4. Udh biasa pake carbon cleaner ini, buat CBR dan Suzuki Let’s, ngebersihin mesin? Iya banget brur. Getaran makin halus? Iya pasti secara ruang bakar dan intake jd bersih, pasti mesin makin halus.

    Akselerasi nampol? Ngga!! Yang benar adalah karena ruang bakar dibersihin, pengaruh nya akan “mengembalikan” performance motor —–> akselerasi.

    Sejak pertama kali YIMM ngeluarin carbon cleaner, ane udh pake. Sampe skrng. Bukan karena bikin akselerasi makin nampol, tapi krn bs menghemat biaya ngebersihin injektor di bengkel resmi. Motor 40rb km, kalo servis di BERES cuma ganti kanvas atau urusan CVT. Urusan injektor,TB, ruang bakar udh di handle Carbon Cleaner.

  5. Kl motor dipake jarak deket terus, jalan 10mnt istirahat 2 jam sehari dua kali sisanya motor diparkir, minum ginian ngaruh sama tengki bbmnya (bikin keropos-red) gak kang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here