yamaha safety riding (5)

Pelajar naik motor ? ini yang harus dibina dan didik karena mereka yang baru mempunyai SIM emosinya masih labil ketika dijalan raya untuk itu konsistensi Yamaha menggalakkan safety riding turut membangun generasi muda Indonesia. Sejalan dengan hal itu, diadakan safety riding untuk pelajar bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat dan Badan Narkotika Nasional (BNN).
Sudah tidak heran lagi kalau tingginya angka kecelakaan yang sebagian besar dialami kalangan pelajar akibat pelanggaran lalu lintas di jalan raya, yang menurut catatan terakhir Polantas Polda Metro Jaya di tahun 2014 sebanyak 5.966 kejadian, juga menjadi dasar diadakannya kegiatan safety riding ini.

yamaha safety riding (4)

Program kali ini dinamakan Yamaha Safety Riding Academy yang mulai dilakukan di bulan November 2015 untuk pelajar dan guru SMK & SMU di Bandung. Sebanyak 6 SMK dan SMU dimana satu sekolah diwakili 5 orang siswa dan 2 orang guru, ikut dalam program ini pada 3 – 4 November 2015 bertempat di Lapangan Polda Jawa Barat.

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) :

”Program Yamaha Safety Riding Academy ini merupakan bentuk kepedulian Yamaha dan Kepolisian terhadap generasi muda penerus bangsa. Dengan aktivitas ini turut membangun budaya safety penggunaan motor serta mengurangi jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang kerap dilakukan kaum muda. Di Bandung ini perdana digelar Yamaha Safety Riding Academy ini, diajarkan Basic Riding Class untuk pelajar yang akan mereka teruskan untuk diajarkan ke rekan-rekannya di sekolah. Tahap-tahap dalam program ini pun bisa mereka ikuti,”.

Ungkap Mohamamd Tora, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jawa Barat :

”Program Yamaha ini sangat baik karena selama ini teman-teman di bidang otomotif bergerak sendiri. Di Polres sebenarnya sudah dilakukan, misalnya sejak usia dini (paud) dikenalkan tentang rambu-rambu lalu lintas, lalu ada polisi cilik, Patroli Keamanan Sekolah, Police Goes to School. Mereka diberikan edukasi dengan praktek, cara berkendara yang baik. Dan untuk program Yamaha kali ini kami merespons positif dan pesertanya sangat antusias. Kami harapkan program ini terus berlanjut bersama Yamaha,” .

Para pelajar ini selama dua hari diajarkan teori dan praktek safety riding oleh instruktur dari Divisi Yamaha Riding Academy (YRA) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan dari komunitas Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

  • Teori diantaranya mencakup ;
  • safety riding
  • berlalulintas dari usia dini sampai masyarakat umum
  • perilaku berkendara di jalan raya
  • menekan jumlah kecelakaan di jalan raya
  • sosialisasi bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang

Setelah itu peserta akan diuji dalam evaluasi pengetahuan safety riding dan diberikan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti Yamaha Safety Riding Academy. Prakteknya mencakup :

  • bridge balance
  • bumpy course
  • slippy course
  • speed breaker
  • chidori balance
  • slalom

yamaha safety riding (3)

”Kami sangat senang dengan adanya aktivitas ini karena mengenalkan dan mengedukasi pelajar termasuk guru mengenai safety riding. Dengan tingginya angka kecelakaan yang sebagian besar menimpa pelajar, ini merupakan bagian dari cara untuk menghindari hal itu. Dengan akan berlanjutnya program ini, jelas sangat positif dan bermanfaat besar untuk kami,” papar Adi Gunawan, Guru SMK 6 Bandung yang berpartisipasi dalam aktivitas ini.

Yamaha Safety Riding Academy ini selanjutnya akan menjadi aktivitas reguler yang memiliki jenjang program mulai dari Basic Riding Class – Riders Class – Bikers Class.

Riding Class

Dalam Basic Riding Class diajarkan pengenalan basic berkendara lalu lintas dengan pembina instruktur dari Yamaha dibantu pihak Korlantas. Basic inilah yang diajarkan seperti untuk pelajar yang bertempat di Polda Jawa Barat.

Riders Class

Setelah 6 bulan pembelajaran lalu naik tingkat ke Riders Class yang diberikan pengetahuan safety riding untuk pelajar yang lebih dalam perihal tata cara berkendara dengan baik dan benar.

Bikers Class

Berikutnya bisa sampai level Bikers Class setelah 6 bulan pembelajaran di Riders Class. Defensive riding dan program driving schooling dari Kepolisian diajarkan di Bikers Class. Lalu jika ada pelajar yang berminat dan memiliki keinginan untuk terjun ke dunia race maka akan disalurkan ke racer class.

yamaha safety riding (1) yamaha safety riding (2)

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini