surat terbuka FIM

Baru beberapa jam yang lalu keluar surat terbuka dari presiden FIM meluncur dan langsung disautin banyak media bukan hanya media tanah air bahkan media luar negeri sudah banyak yang bahas. Berikut isinya :

”Peristiwa baru-baru timbul sehubungan dengan persaingan untuk gelar juara dunia FIM MotoGP 2015, yang memiliki efek merusak pada kompetisi kami dan meracuni suasana di sekitar olahraga. Kami bergerak menjauh dari membentuk tradisi akan kebanggaan dan sportivitas yang merupakan bagian dari warisan balap motor.

Setiap orang memiliki hak untuk mengekspresikan ide-ide sendiri. Tapi, kata-kata dan tindakan selalu memiliki konsekuensi. Setiap individu harus bertanggung jawab untuk konsekuensi mereka.

Para pebalap, pertama-tama, harus menyadari hal ini. Masing-masing dari mereka memiliki ribuan penggemar yang mengikuti mereka di trek dan mendengarkan apa yang mereka katakan di luar trek. Untuk itu, kami melihat kepada mereka, tidak hanya di Kejuaraan ini tetapi dalam semua disiplin, untuk menjadikan sebagai contoh terbaik dari bagaimana seharusnya olahraga ini dicita-citakan.

Tanggung jawab ini juga dimiliki oleh orang-orang yang membentuk rombongan mereka, dimulai dengan tim dan sponsor mereka. Apapun kebenaran dan kesalahan dari hal-hal, jika beberapa dari orang-orang yang tidak penting menimbulkan polemik tentang kejadian atau keputusan dengan cara yang salah arah, mereka melakukan tindakan besar yang merugikan olahraga, sehingga merugikan seluruh masyarakat dan semua hal baik yang ditawarkan untuk semua orang.

Para pebalap, tim, pabrikan dan sponsor tidak hanya harus menghormati aturan tetapi mereka harus menerima keputusan dari ofisial, apa pun itu. Jika tidak, mereka berkontribusi terhadap anarki dan merusak perkembangan masa depan olahraga kami.

Atas nama FIM dan semua orang yang melakukan yang terbaik untuk membawa kesimpulan baik dari kejuaraan ini, saya mengungkapkan harapan bahwa pada seri berikutnya dan terakhir di Valencia para pebalap akan berjuang di trek dan dengan cara yang sepenuhnya menghormati semangat fair play.”

SURAT TERBUKA FIM MOTO GP

Advertisements

12 KOMENTAR

  1. “Saya mengungkapkan harapan bahwa pada seri berikutnya dan terakhir di Valencia para pebalap akan berjuang di trek dan dengan cara yang sepenuhnya menghormati semangat fair play”

    Bacot! Suruh ngomong itu ke marquez. Sengaja memperlambat pace buat ganggu rossi. Semoga aja itu anak mati divalencia. Hwehwehwe.

  2. Kalau balapan hanya 1 kali saja di Sepang itu, saya sebagai penggemar MM pun saya akan menyalahkan MM karena telah “menggangu” Rossi sehingga menyebabkan Rossi lepas kontrol, tapi apa yang dilakukan MM di Sepang kemarin merupakan sebuah reaksi dari aksi-aksi Rossi di balapan sebelumnya ataupun keputusan RD di balapan-balapan sebelumnya.

  3. Secara keseluruhan penekanan dari FIM adalah setiap aksi selalu ada reaksi. Semua (khususnya pembalap) harus disiplin dalam segala hal baik balap yang diketahui secara langsung maupun diluar balap yng nantinya mengakibatkan gesekan ketika balap. Jadi, harus berhati hati dalam sikap dan tingkah laku.

  4. Intinya setiap kita ikut permainan harus tahu peraturan & sangsinya…! Jangan hanya mengandalkan nama besarnya & fans yang banyak, klo di Indonesia mungkin masih bisa.

  5. Presiden FIM cuma ngebacot doang. Pd intinya dia jg tutup mata terhadap skenario konspirasi. Dia cuna ngebacot bahwa harapannya pd race terakhir semua pihak bersikap sportif & fair play. Ingat itu cuma HARAPAN. Harapan bs jd kenyataan bs TDK jd kenyataan. Kalo dia mengingnkan fair play mk hukuman Rossi hrs dibatalkan & kasus Sepang dibekukan utk dijadikan pembelajaran yg pd akhirnya akan menjadikan munculnya suatu aturan baru yg tdk memungkinkan skenario konspirasi hidup dlm arena MotoGP. musim2 mendatang. Jd buat Rossi ; Mainkan skenariomu bro. Dorna sdh kasih ijin. Konspirasi dilawan dgn konspirasi. Itu barulah FAIR PLAY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here