ttx115i_3

Etika berkendara kenyataannya masih sangat kurang yang terjadi di jalanan indonesia, para pengguna jalan masih banyak yang mengabaikan akan pentingnya etika berkendara. Sekedar membunyikan klakson saat diperlukan merupakan salah satu etika berkendara asal jangan klakson sebagai alat marah2 di jalan. Sekedar menyalakan lampu sein saja masih angot-angotan padahal sinyal lampu sein itu merupakan alat penyelemat nyawa kita dari terjadinya kecelakaan.

Bagaimana mau berkendara dengan aman kalau hal sepele saja tidak mau dilakukan, cuma sekedar menyalakan lampu sein atau jika kondisi sinyal lampu sein di motor kita sedang rusak, kita bisa menggantikannya dengan cara menunjuk dengan tangan kiri ke arah kita mau belok. Ingat…! menyalakan lampu sein itu ada hukumnya loch… yaitu UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 112.

Ayat 1

Pengemudi kendaraan yang akan berbelok atau berbalik arah, wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, di samping, dan di belakang kendaraan serta memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan.

Ayat 2

Pengemudi kendaraan yang akan berpindah lajur atau bergerak ke samping, wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, di samping, dan di belakang kendaraan serta memberikan isyarat.

Ayat 3

pada persimpangan jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL), pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

Mau tetap ngeyel tidak mau menyalakan lampu sein ? kalau sampeyan lagi kena apes maka akan dijerat Pasal 294 dan 295 dengan ancaman hukuman kurungan satu bulan atau 250ribu rupiah.

19 KOMENTAR

  1. klo yg dapat dendanya orang yg di rugikan sih gkppa. misalnya rider di belakangnya.
    ,LHA INI yg mkan uangnya ya APARATNYA…

  2. sen nyala terus motornya lurus terus..yang salah siapa ? produsen motor dong..bikin sen tapi gak ada suaranya.
    siapa lagi yang salah ? jokowow..gak sanggup bikin peraturan lampu sen wajib bunyi seperti sen mobil..tik tak..tik tak..

  3. kadang ane juga heran kenapa ya koq orang2 sekarang kebanyakan kalo mau belok, menepi, mau pindah jalur gak ngasih lampu sein wong malah kadang juga gak nengok spion sama sekali gendeng gak tuh padahal ngasih lampu sein cuma modal jari jempol saja, kalo pengendaranya perempuan sih sudah gak kaget ada saja yang terlihat konyol lah sekarang banyak juga orang laki – laki yang BoTol sudah lampu rem putih, sein juga putih eh…. lampu depan nya yang di ganti super kuning beh…. kadang ngasih lampu sein sih iya tapi secara mendadak pas mau belok seharusnya kan jauh sebelum mau belok hadew….

  4. Yg paling ga bisa di lupain kelakuan betina tolol, ngasih lampu sein langsung belok.
    Padahal dibelakang ada motor sy dg jarak ga lebih dr 2 meter, mana sempat ngerem.
    Jadi s kecil berusia 2 thn separo mukanya terkikis aspal.

  5. Motor yang gak nyalain lampu sen waktu belok, nyusul, pindah jalur, puter balik mungkin si ridernya gak punya jempol tangan kirinya (kecuali saklar lampu sen nya rusak)..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini