Recall (1)

”Recall” kita sering mendengar kata ini di luar negeri, kenapa sebab ? pemerintah atau lembaga misalnya di amerika, eropa atau australia sangat peduli dengan keselamatan para konsumennya dari produk2 yang dipakai. Mereka sangat peduli bahkan setiap produk yang dipasarkan selalu melalui tahap pemeriksaan terlebih dahulu agar aman sampai tangan konsumen, bukan hanya pemerintah atau lembaga saja namun para pabrikan secara terbuka selalu mengumumkan jika ada masalah di produknya dan perlu dilakukan penarikan produk dari pasaran dan pengumuman recall ada di web resmi pihak pabrikan. Lihat screenshot dibawah ini dari website Yamaha dan Honda amerika terdapat link khusus ”Recall” sehingga konsumen dengan mudah mengetahui berbagai produk yang bermasalah.

honda recall yamaha recall

Di luar negeri para konsumen sudah paham akan pengertian dari Recall sebuah product, para konsumen sudah sadar bahwa tindakan recall itu bukan sebuah kejelekan justru menjadi salah satu promosi produk mereka karena recall menjadi tanggung jawab dari pihak produsen. Lalu bagaimana dengan di indonesia ?.

Saya ambil contoh beberapa waktu yang lalu honda recall banyak produk big bikenya karena ada masalah kelistrikan yang bisa mengakibatkan kebakaran di motor, di jepang ditarik sekitar 30ribuan unit dan di amerika hingga 45ribuan unit direcall.

Ini salah satu link beritanya di otomotifnet.

http://motor.otomotifnet.com/read/2015/06/29/359303/24/8/Honda-Recall-29.232-Unit-Dari-37-Model-Motor-di-Jepang

Bukan hanya Honda, Yamaha juga pernah recall YZF-R1 karena masalah soket lampu depan, soket lampu mudah meleleh, sekitar 19ribuan unit ditarik.

Berikut linknya saya ambil dari otomotifnet.

http://motor.otomotifnet.com/read/2014/02/25/347621/28/8/Ribuan-Yamaha-YZF-R1-dan-Super-Tenere-Ditarik-Karena-Masalah-Lampu

Seperti yang kita tahu kalau honda dan yamaha menjual produk tersebut di indonesia tapi apakah mereka melakukan recall terbuka di indonesia ? TIDAK bahkan dibilang motor yang masuk ke indonesia aman, ajaib kan… produk dari luar negeri saja tidak ada recall terbuka di indonesia bagaimana produk local mau direcall secara terbuka ?. Kenapa pihak produsen sampai saat ini belum mau secara terbuka memberikan informasi recall secara gamblang malah terkesan menutup-nutupi agar tidak ketahuan oleh konsumen bahkan oleh kompetitor…

Para produsen seperti masih takut akan kampanye recall terbuka di tanah air karena konsumen indonesia belum bisa memahami sepenuhnya bahwa recall itu justru tindakan perlindungan ke konsumen namun malah recall bisa menjadi salah satu bahan bullyan atau malah dibuat black campaign untuk saling menjatuhkan. Seharusnya pihak pabrikan dan konsumen di indonesia bisa lebih terbuka dan saling memahami bahwa recall itu bukan barang tabu yang harus dihindari dan dijauhi justru sangat menguntungkan buat pabrikan karena menjadi salah satu alat promosi dan buat konsumen menjadi lebih aman karena pihak pabrikan mau bertanggung jawab.

Lalu bagaimana pendapat sampeyan apakah pabrikan di indonesai harus recall secara terbuka ? kira2 apa efek yang akan terjadi jika pabrikan berani merecall secara terbuka ?.

Silahkan nimbrung komentar dibawah yo… semoga ada perhatian dari pihak pabrikan.

Monggo isi tiga votingnya juga ya…

Advertisements

44 KOMENTAR

    • Makanya Suka Ketawa Liat Komen2 di Iwb + Tmc.. BC Ga Jelas Masing2 Merk.. Malah Jadi Keliatan Jelas BEGO Nya Yg Komen Seperti Itu.. Wkwkwkw.. Otak Dangkal..

  1. di luar, klo ketauan kecelakaan atau sesuatu akibat kesalahan dr produsen, bisa kena tuntut produsennya.
    beda dgn dsini, selain penegakan hukum nya lemah. klo ada konsumen nuntut pabrikan yg ada klo ga damai di konsumen, damai d polisi.
    ya gitu deh cmiiw

  2. Honda pernah recall gitu? Tmcblog ngga mau nulis ya? Padahal dari data yg mas ari tulis,sepertinya h*nda lebih banyak recallnya.

    • Yerus kalo pernah recall knpa?? Bagus kan kendaraannya d perhatiin sama pabrikan, daripada lo cuman d suruh beli doank n d suruh nherawat2 sndiri klo ada masalah….

  3. Pasti jawabannya ah jangan pake yg itu deh, itu barang nya sering kna recall, barang nya mudah rusak bla bla bla , mau nya yg sempurna wkwkwkwk

  4. Kalo diindo, ga ada namanya recall secara terbuka. Paling cuma pas dateng service baru diganti parts yang bermasalah. Kaya kasus V150 kemaren yang ada update tambahan parts. Hwehwehwe.

  5. masalahnya, tingkat kecelakaan karna ksalahan pngendara sangat tinggi.. jadi susah dideteksi, karna produknya yg cacat atau pngendaranya yg bego..

  6. Kemarin2 vario150 ane juga kena recall wiring harness,cuma Ahm bilangnya update..dikasih undangan suruh ke ahass & dapat voucher aka uang tutup mulut 80rb..hahaha tetep aja ane kekeuh klo namanya recall meski itu motor yg ane beli

  7. Kalo motor <250cc di Indonesia ilang semua n mereka cuma jualan 251cc keatas baru bakal ada recall terbuka… yg penting barang laris mau rusak ya yg pake yang nanggung…

  8. Di indo masih awam kang apalagi yang tidak mengerti prosedur recall dan dari pihak produsen jg sepertinya masih malu-malu utk bilang recall IMHO*

  9. Mas ari maaf oot.. Bgini mas saya punya keluhan motor saya r15 .. Kbetulan kmarin2 mengalami pecah ban belakang… Setelah ban di ganti.. Timbul masalah.. Motor terasa goyang saat kecepatan di bawah 40 kph.. Bahkan saat mesin mati dan motor di dorong pun terasa goyang gak stabil

  10. yang OON memang Usernya si Kebanyakan Kang. hahaha… User di sini rata” mau menangnya sendiri krn merasa dirinya konsumen dan konsumen itu Raja. jadi Pabrikan disini yg memang harus pintar” ngakali. kadang di kasih bahasa halus update terbaru juga g trima. diksh bahasa recall lsg teriak” yo antep Bos. kalo saya yg punya pabrikan di sini sih mendingan ya silent yg penting beres. sambil edukasi lah ke masyarakat pentingnya recall.(krn ya balik lagi.kadang masyarakat itu dongok mentingin gengsi gua ud beli mahal” padahal kadang ya kredit kok cacat wah payah lu pabrikan nipu gue belum lagi dipanas panasi FANS BOY yang Dungu (yang g Merasa Dungu jgn Offens Saya ya) Congor Asal Mengap, padahal disatu sisi yg dieman pabrikan itu lo yo nyawae e konsumen e sendiri). hahahaha… tapi ya skali lagi saya mohon maaf. kalau bener ya tq kalau salah mohon diluruskan.

  11. Recall sangat penting entah itu secara terbuka atau tertutup karena itu tanda bahwa mereka sangat bertanggung jawab atas adanya kesalahan dari sebagian produk mereka dan menurut q kata2 recall di dunia otomotif bukanlah aib atau kualitas yang jelek melainkan pertanggung jawaban atas kesalahan mereka yang dikarenakan human error / kesalahan teknis toh lagian pasti gak semua produk mereka kena recall.
    lucu nya kalo terdengar kata2 recall di Indonesia terutama bagi sales / FB di buat bahan BC se akan2 kualitasnya jelek hehehehehehe…. iya maklum sales ngejar target, FB menghibur diri sendiri.

  12. Justru bagus ketika produsen bertanggung jawab dg apa yg mereka jual,peerhatian untuk konsumen demin kepuasan pelanggan .tidak hanya mementingkan penjualan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here