iklan iwb

KONSEPTOR RX KING (1)

Ceritanya hari ini lagi bersih2 di rumah, bolos kerja nich. Saat beres2in buku2 secara tidak sengaja saya menemukan buku lama dari yamaha yang saya dapatkan ketika saat yamaha ultah k2-30, yup… dalam buku ini diceritakan sejarah berdirinya yamaha serta motor2 yamaha indonesia selama 30 tahun sebelumnya ( dari tahun tahun 2004 ), Yamaha lahir di indonesia pada 6 Juli 1974. Dari isi buku itu ada satu yang menjadi perhatian saya yaitu tiga konseptor Yamaha RX King, motor 2T yang paling melegenda di indonesia.

Berikut isi dari buku 30 tahun yamaha tentang tiga konseptor yamaha RX King :

KONSEPTOR RX KING (3)

LEGENDA MOTOR INDONESIA

“Lebih dari dua puluh lima tahun yang lalu, tim peneliti pasar berkeliling di jawa, Sumatera dan beberapa bagian daerah lain Indonesia. Mereka mengedarkan desain motor dari Jepang yang akan segera hadir di Indonesia. banyak para pengendara motor yang berkomentar bahwa mereka ingin motor yang gagah. Hasil riset ini disampaikan pada konseptor waktu itu Nobuo Aoshima, Chikao Kimata, Motoaki Hyodo. Dengan sedikit perubahan desain pada bagian depan sehingga mengesankan hewan yang mengejar mangsanya, banyak partisipan riset yang berseru, “ini baru gagah!”

“Riset pasar juga menunjukkan bahwa banyak konsumen yang mengeluhkan performa motor 2-TAK boros bahan bakar, rendahnya kekuatan pada kecepatan rendah, dan terlalu banyak mengeluarkan asap. Lalu diluncurkanlah RX-King pada tahun 1983. “Gagah”… itulah kesan pertama memandang RX-King. Bagian yang mempertegas kesan ini tampak terutama dari grafis pada tangki. RX-King adalah motor 2-TAK yang mengkombinasikan efisiensi bahan bakar hingga 15% berkat Yamaha Energy Induction System (YEIS), dan tenaga besar hingga 5.000 rpm dengan Yamaha Computerized Lubrication System.”

“Kehadiran RX-King dengan desain dan kemampuannya bagaikan hujan di musim kemarau. Hingga saat ini RX-King menjadi legenda yang menempati hati penggemar motor Indonesia.”

yup, ditangan dingin tiga orang konseptor ini terciptalah motor 2T yang melegenda hingga sekarang dan saat ini motor yang dibilang motor jambret masih diburu. Motor ini lahir tahun 1983 ( saya belum lahir ) sebagai penyempurnaan dari Yamaha RX K dengan menambahkan YEIS, oiya… RX King generasi pertama inilah yang paling diburu Blok Cylindernya yang memliki kode part Y1 dan Y2 yang konon cylinder paling bandel karena masih produksi jepang punya setelah itu memakai kode Y1-74 dan seterusnya itu sudah produksi Yamaha indonesia hingga tahun 2007 menjadi seri terakhir dari RX King yang sudah lolos EURO 2 dan pada akhirnya bulan februari 2009 motor ini resmi dihentikan produksinya.

Segini dulu secuil sejarah dari RX King, lanjut dibahas secara panjang lebar. Mau beres2 dulu nich…

Mana nich motor jambretmu….

KONSEPTOR RX KING (4) KONSEPTOR RX KING (2)

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. dulu ramai tentang RX King vs Ninja 150, dulu banyak yang bilang kalo jambakan RX King lebih mengerikan dari pada Ninja 150 tapi… apa daya karena design Ninja lebih modern di zamannya RX King jadi tinggal nama, dulu kalo RX King sama Ninja 150 ketemu di jalan pasti langsung kebut2an mereka dan memang bener jambakan setan Ninja 150 gak bisa ngejar jambakan iblis RX King.

    kalo bebek 2 tak dulu yang paling terkenal adalah Yamaha F1ZR, pada waktu zamannya banyak orang yang ingin punya motor tsb, sampai2 ane dulu selalu memburu brosur yang ada gambar motor tsb dan ane tempelin semua di dinding tempat tidur “tapi sayang gak kesampaian punya motor tsb” dan F1ZR ini mempunyai rival, rivalnya adalah Suzuki Satria 120 R.

    • wkwkwk

      bener banget om

      king wlopun 135cc tapi akselerasi nya gila banget

      cuma fansboy ninja r aja yg masih ngayal ngalahin king

      😀

      F1ZR juga enak banget handingnya, stabil kecepatan tinggi + gampang ditekuk nurut gitu

      ahh memorable bgt dah pke 2 motor masterpiece 2tak yamaha itu

      • Kenapa ya king lebih merakyat & ngetop dari rxz ??
        pdhl kita tau dari segi spek, tenaga dan tongkrongan jelas lebih mantap rxz drpd king, apalagi buat anak muda. tapi malah rxz yg duluan distop sdngkn king panjang umur ampe 2009.
        apa dulu rxz peminatnya sedikit??

  2. bangkitin lg donk RX king.nya, dengan model mirip yamaha star bold, tp pakek mesin Yamaha R25 di boredown jd 200cc. wah pasti laris tuh hehe

  3. ahhhhh

    jadi kangen RX-KING bokap tahun 86 4speed yg udah dijual

    -__-

    tarikannya itu ngena banget

    kelas 4 sd belajar motor pke king

    😀

  4. Gak kebayang gimana dulu berisik dan banyak asap saat berhenti di lampu merah ibukota hehehe, sekarang kalau denger suara rx king dari belakang, mending minggir kasih jalan…

  5. ane masih miara 2 unit gan.. king ’85 sama 2004.harga second king disini naudzubillah… ane beli yg 2004 seharga 23jeti kondisi like new…
    komunitas juga membludak..
    ane gabung di KDRT. king drag tacing team..

  6. Blok Jepang Y1-Y4 mas. Blok Indonesia YP1-YP2. Boringan Y1-Y4 lbh tebel dr pada YP1-YP2.

    Setau ane produksi Spare part asli Jepang buat King msh ada smpe Sblm krismon. Ane ada King tahun 96 dirumah. Itu piringan cakram masih asli bawaan, kualitasnya jauh bgt sama produk bawaan skrng. Pompa oli samping jg walau tahunan gak dipake, ttp msh fungsi dgn bagus.

    Long live the King!!!

    • Iyo lur, bener bgt…kode blok buatan jepang Y1-Y2 dan yg buatan lokal YP1-YP2. Soalnya dulu punya 2, tahun 1995 dan 2003…
      Sayang skrng yg tahun 1995 udah dijual karena handlingnya sudah gak enak gara2 pipa teleskopiknya dah gak centre krn kecelakaan. Padahal yg itu kualitasnya lebih oke, bobotnya lebih berat krn rangkanya lebih padat dan mesinnya lebih halus ketimbang yg thn 2003. Kalo digeber jg suaranya lebih khas, bisa “njegug”…nguweg…nguweg…nguweg…
      Hehehe, jd kangen tuh motor…memorable

  7. ga kesampaian beli king dan fizr, jadi bisanya beli vega r.. saking sukanya ke yamaha tp ga bisa beli motor cuma naik angkot dari tahun 2002-2006 cuma bisa ngumpulin brosur gambar2 motor2 yamaha.. hehe..

    • Itu yg panas ngedrop mesinnya king atau spesial atau l2super?
      Aku masih mliara king 2005 keseringan main rpm atas terus dari Prupuk sampe kebumen 3 jam nonstop josss joss ajah tenaganya….mesin standart koil yz125 olsam motul 510 …bbm pertamax 92 kenalpot standart
      Jalan malam …

      • spesial dan king juga sama mas bro.karena saya di perkebunan di pedesaan yang karena banyak kena lumpur sehingga sirip sirip kurang maksimal menyerap panas sehingga mesin lebih cepat panas dan tenaga ngedrop. hehe jangan harap ada pertamak plus di perdesaan.

  8. dulu waktu kuliah sering mondar-mandir ke lampung. tahun 2005 pake motor adik, rx-king 2004. daerah kalianda ketemu rx-king yg logo energy inductionnya masih logo timbul, yg pake bapak2. tancap gas lah, secara motor lebih muda. ealah sampe 130 kpj gak kesalip tuh rx-king, pentokin trus akhirnya kesalip di 150 kpj. edan banget tuh motor

  9. kalo yamaha tag linenya “Semakin Didepan”
    Tapi kalo Rx King tag linenya “Terlanjur Didepan” wkwkwkwk
    sekarang motor jambret harganya mahal bener.

  10. Masalah nostalgia…ane dulu pernah punya Yamaha RD350 twin emang mantap deh 2 tak-nya Yamaha, boros tapi sebanding dengan keborosannya…bukan jambakan iblis lagi namanya!…..dijual buat kuliah 🙁

  11. bisa jadi dan mungkin krn harga juga ya bro. sbenarnya desain model rxz uda menjamur di luar sana (desainnya mirip kayak rz series).

  12. ycls bukannya rx king tahun 1995 keatas ya om ari… dibawah itu belum pake….
    ane dulu punya rx king cobra tahun 1995.
    pernah kebut kebutan ma nsr150, memecah kemacetan enak banget, tapi ketemua jalan lurus nsr hilang… king mentok 120kpj (boncengan).

    • tambahan sedikit.
      desainnya ga murni dari yamaha,
      ane jujur lho… desainnya jiplak cb1000 lupa tahunnya…
      pengen punya lagi, tapi sepertinya udah ga cocok dgn jalanan yg terlalu padat.

      dulu pake king jarak 100km bisa 2 jam, kalo sekarang pake R25 jarak segitu bisa 3 jam dan lebih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here