iklan iwb

vario ringsek

Terjadi di jalan Purbo Winoto, Kecamatan Pengasih tepatnya barat Kantor Kecamatan Pengasih, Jumat (18/09/2015) petang. Sebuah motor vario yang masih baru ting-ting tertabrak truk, kondisi biker luka parah bahkan sampai patah kaki.

Kecelakaan berawal ketika motor vario ini berusaha menyalip motor2 didepannya dengan mengambil lajur sebelah kanan berlawanan arah, tak diduga di depan sebuah truk yang sedang melaju dan tabrakan tak bisa terhindarkan vario menabrak bagian depan truk dan kondisi motor langsung ringsek tak berbentuk.

“Saya kan jalan dari arah barat, pas habis belok kanan dari perempatan. Tiba-tiba di depan saya ada sepeda motor jalannya sudah dari arah kanan. Saya tidak lihat dia nyalakan lampu sen. Itu sepedanya sudah jalan di tengah di jalur saya,” ucap Agus warga Supir truk, saat ditemui di lokasi, oleh sorotkulonprogo.com

Sementara itu, Kanit Satlantas Polres Kulon progo, Bripka Diaz Samsul Anwar menerangkan, kecelakaan terjadi saat sepeda motor menyalip beberapa sepeda motor di depannya sehingga berada di jalur kanan. Dari arah berlawanan muncul truk kemudian tabrakan tak dapat terhindarkan.

Hati2 ketika mau menyalip kendaraan apalagi sampai mengambil jalan jalur kanan atau berlawanan arah, pastikan tidak ada kendaraan di sebelah kanan atau pastikan jarak aman untuk menyalip. Jangan suka menyalip di tikungan karena blind spot sangat besar disitu, kita tidak bisa tahu kondisi jalanan dari arah lawan.

Keep safety riding.

Advertisements

18 KOMENTAR

  1. Harusnya bisa lebih sabar…nahan beberapa detik…paling lama satu menit itu kondisi mungkin sudah aman…daripada maksa ga sampe satu menit motor dan nyawa melayang….
    Ingat omongannya Pak Bambang…
    “KECELAKAAN BAGIAN DARI SUMBER KEMISKINAN”
    Yen tak pikir pikir bener juga…biaya rumah sakit plus ganti unit…yg seharusnya tidak terjadi klo lebih perhitungan di jalan…

  2. sasis vario sbenernya produk gagal karna susah buat belok maupun selap selip tapi produksi tetap jalan karna laku cukup lumayan banyak dan juga team R&D ga mau susah payah meriset ulang desain produk yg stabil.

    • belum lagi remnya yg ngeloyor aja dan aneh banget rem depan vario itu malah punya tendesi bikin motor dongak ndak nunduk kayak wajarnya motor shock teleskopik..makanya saya tu anti produk honda..ga save, handling ga oke dan kalo udah rusak luar biasa mahal..kemaren abis ngolterkan vario istri yg tiba2 kehabisan oli padahal rutin diganti dan yg aneh cairan radiator malah utuh ndak berkurang sama sekali harusnya kalo radiator bekerja optimal yg habis adalah cairan radiator dulu tapi ini..ah sudahlah maklum mertua hobinya milih honda..

  3. wew.. ini artikel septi reding, knapa jadi bahan BC?

    kcelakaan macam ini sering terjadi di pegunungan, nyalip tapi depannya tikungan (blind spot), disruduk truk deh..

    dulu pernah liat ada biker ngebut gaspol di wonosari, semua blindspot dilibas 😀 kelewat berani, mungkin udah tiap hari PP lewat situ, intuisinya kuat.. wkwkwwkwk

  4. Perlu perhatian khusus dunia pendidikan formal utk mengajari menjadi pengguna jalan yg bermartabat.

    Pengendara bermotor brp pun rodanya mmg ada yg mengesampingkan hak2 org lain, saring serobot jalur org seenaknya, siapa yg ga emosi? Akhirnya berkelahi, atau balas saling serobot gaya koboi jd kecelakaan.

    Pejalan kaki, sami mawon! Cara nyebrang yg benar aja ga bisa.

    Ini sering kejadian bayangkan sedang macet (hanya lajur tempat asal dia mau nyebrang yg macet); dia muncul dari sela antara mobil satu dgn lainnya,,tp cuma nengok ke kiri memastikan tdk ada kendaraan dari lawan arahnya.

    Apa yg terjadi, dia malah ditabrak motor dari arah kanan (lajur yg sedang macet). Harusnya dia pastikan dulu dari kiri dan kanan aman.

    Ga tua ga muda, ga laki ga perempuan. Ini kan artinya dia ga tau cara nyebrang. Siapa yg salah?

    Mnrt gw sih pemerintah wajib memberikan pendidikan lalu lintas pd kurikulum formal. Knp? Krn hampir semua org tua muda setiap hari memalui jalan raya. Brp angka kematian pertahun di jalan raya? Silakan cek sendiri.

    Terima kasih utk AHM dan mungkin jg ada pabrikan lain yg rutin memberikan pelatihan safety riding kpd konsumennya.

    Sekian dan mohon maaf atas kesalahan ucapan saya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here