vespa modif ditilang

Modifikasi memang tidak ada batasnya sesuai selera kita namun perlu diingat modifikasi juga harus melihat segi etika, safety serta aturan yang ada seperti peraturan perlengkapan berkendara tidak melanggar pasal 285 ayat 1 uu lalu lintas, jika menyalahi aturan ya siap2 saja ditilang sama polisi.

Kita sering melihat modifikasi ekstrim yang dilakukan oleh owner vespa, bukan bermaksud mengecilkan atau menyudutkan namun jika melihat dari sudut layak atau tidaknya modifikasi seperti itu pasti banyak yang bilang tidak layak jalan karena jauh dari kata safety bahkan bisa membahayakan pengguna jalan lainnya, bisa dilihat dari gambar diatas modifikasi motor tanpa lampu sinyal2 bahkan lampu utama tidak ada, tanpa spion dll, bukan membela polisi tapi memang sudah menyalahi aturan kok…

Apapun, bagaimanapun itu bentuk modifikasi yang penting jangan menyalahi aturan yang ada dan yang nomor satu itu adalah safety buat diri sendiri dan orang lain. Pendapat sampeyan gimana ?

44 KOMENTAR

    • saya malah pernah hampir nabrak tu vespa kolong (istilah didaerahku) modif mereka ya kayak di gambar itu, kecepatan sya 100km/jam-an mereka ndak ada lampu kondisiku ya udah capek krna naik motor dari sby-kerumah makan waktu 3 jam an jadi ketika udah deket banget reflek saja saya nyalain pass beam n liat tu anak2 brengsek dan reflek menghindar untung ga sampe jatuh..asuu koq!!

  1. Motor bosok yaaa wajar to kalo kena tilang, ini negara hukum mas broo,.. Yaa kalo sadar udah tau salah yaa jangan mewek kalo kena tilang,

  2. Wajar kang ari lena tilang, Coba kalo pake lamborgini bodong apa pake harley davidson meskipun bodong apa kagak pake spion, kenalpot kagak standart, polusi suara dll pasti kagak ketilang..

    masalahnya hukum di mari cuma bisa kebawah, ke atas ? jangan tanya mas.

    Memang masih banyak sih oknum aparatur penegak hukum yng kaya asu

  3. Almarhum Gus Dur pernah berkata

    “Hanya ada tiga polisi jujur di indonesia. Ketiganya adalah patung polisi, polisi tidur dan Hoegeng Iman Santoso” <= Ane kutip dari Instagram @infia_fact

  4. Vespa modif gembel, benar benar gembel. ngelihatnya saja risih. Memang ownernya gak macem2, tapi itu motor wujudnya macem2. tanpa peralatan baku, jadi jelas melanggar. kalau dipakai karnaval mungkin sah sah saja. tapi untuk jalan di jalan kota ya kelihatan bikin kumuh dan mungkin org lain terganggu juga.

  5. Vespa modif gembel, benar benar gembel. ngelihatnya saja risih. Memang ownernya gak macem2, tapi itu motor wujudnya macem2. tanpa peralatan baku, jadi jelas melanggar. kalau dipakai karnaval mungkin sah sah saja. tapi untuk jalan di jalan kota ya kelihatan bikin kumuh dan mungkin org lain terganggu juga. ;;;;;;

  6. Vespa modif gembel, benar benar gembel. ngelihatnya saja risih.– Memang ownernya –gak macem2, tapi –itu motor wujudnya macem2. tanpa peralatan baku, jadi jelas melanggar. kalau dipakai karnaval mungkin sah sah saja. tapi untuk jalan di jalan kota ya kelihatan bikin kumuh dan mungkin org lain terganggu juga. ;;;;;;

  7. Kalo mereka tidak terima di tilang polisi,buat aja jalan sendiri. Pertanyaan: “Apa sisi positif yg bisa di teladani dari komunitas ini”

  8. iya saya dulu pernah hampir numbur vespa model gini di jalan lintas, mana lagi jalan kenceng di jalur kanan, eh ternyata ada vespa lagi mau puter arah ga ada lampu sign, ga ada lampu rem. untung aja masi sempet ngerem, kalo nggak itu numbur dah
    modif itu sewajarya aja lah, jangan malah ngebuang fitur yang penting kaya gitu

  9. Hahaha.. Gue aja yg tinggal di Sragen n kmana2 naek motor Standar ting-ting aja brusaha cari jalan laen kalo liat ada polisi didepan, supaya ga ktemu atau papasan.. Soalnya polisi Sragen tuh trkenal liar n suka cari2 ksalahan (terutama plat selain AD).. Lha ini (vespa) malah lewat jalur kota, yg notabene kawasan oprasional polisi waktu oprasi tilang, ya jelas2 keciduk lah..hahaha..

  10. klo elo yg modar sendiri sih gak pa” modif kek gitu.lah ini ada pengendara lain kek ibu”,bapak”dll yg gunain jalan yg sama.

  11. Heran sama pola pikir anak2 vespa model gini, udah jelas2 motor mereka itu outlaw dan membahayakan semua pengguna jalan dan diri mereka sendiri, sekarang ditilang polisi malah mewek di socmed.

    Saya sih sangat mendukung tindakan polisi yang menilang motor2 seperti ini, kalau bisa itu motor gembel jangan boleh diambil dari kantor polisi sebelum dikembalikan ke bentuk semula, sebodo amat caranya gimana sih, kalau gak bisa dibalikkin standar ya sudah dimusnahkan saja.

    Sekarang pikir, kalau misal itu biker vespa gembel kegilas mobil di tengah jalan, yg disalahkan siapa? Pasti yg pake mobil kan? Pikir coba, itu yg punya mobil ujung2nya dipenjara atau diperas sama oknum polisi supaya meringankan tuntutan hukumnya, kepikir ga itu gimana nasib keluarga si pemilik mobil kalau sampai dia dipenjara gara2 kelakuan biker vespa yg tidak beradab seperti ini? Mereka ga pernah mikir sampe sana!

    Wassalam

  12. Setuju, segala macam pelanggar peraturan lalu lintas mesti ditilang/dihukum, tanpa pandang bulu. Mo vespa gembel (maaf), sampai moge/mobil mewah bodong.

  13. lho bukannya kalo modif extrem wajib lapor ya ke kantor samsat untuk cek fisik dan kelayakan jalan?
    kan ganti warna motor aja harus lapor?

    berarti rider vespa ga lapor nih…

  14. modifnya ektstrim, ya wajar ditilang. wong motor yg ganti knalpot aja pada diciduk apalagi ini. pernah punya pengalaman hampir nubruk vespa macam ini dari belakang gara2 ga ada lampunya plus super ceper

  15. Motor kyk gini emang udah harus ditilang kalau perlu dimusnashin…berisik,ugal2an,sama bikin macet…modifikasi boleh tp liat dampaknya terlebih dahulu

  16. Seni itu gak ada batasnya mas. Buat rider vespa, motor mereka adalah karya seni. Apapun modifikasinya, mau custom sport, retro, atau bentuk toilet sekalipun, kalo udh melanggar hukum ya harus ditindak. Itu kalo bicara hukum, tapi kalo bicara seni? Orang biasa mungkin anggep musim trash/death metal itu aneh, tapi buat penggemarnya itulah karya seni. Jadi bikin garis tegas mau bahas seninya atau mau bahas aturan hukumnya?

  17. Gak usah di tilang, ambil saja motornya, dikumpulkan terus dibakar saja! Pengendaranya bawa ke RSJ saja untuk diperiksa otaknya…!

  18. kalo yg dilanggar mengenai kelengkapan sepeda motor memang benar krn gambar diatas adalah vespa modifan yg tidak standar… tapi soal kelakuan beda lagi… pengendara vespa cenderung jarang banget ugal2an… solidaritasnya juga kuat… tp menyoal gambar diatas yg modifannya termasuk extreme ditakutkan oleh pihak kepolisian apabila terjadi (amit2) kecelakaan yg terlibat motor tersebut pasti opini publik bakal macem2 dan akhirnya vespa juga yg kena dan jadi momok tersendiri yg juga bisa mencoreng pengendara vespa itu sendiri… selama ini yg saya lihat vespa yg ori ga macem2 anteng2 aja thu ga disetop sm pak pol…yg disetop rata2 yg vespa modifan aliran “rat bike”….

  19. motor antik, pengendaranya jg antik! dah kere, gayanya kaya gembel atau memang gembel! seni? dilihat dr mana? sok2 an nya aja kaya naek harley! arrogannya sama tuch biar gaya gembel jg!

  20. “Apa sisi positif yg bisa di teladani dari komunitas ini” mau tau sisi positif komunitas ini ? Silakan masuk dalam dunia komunitas ini maka anda akan mendapatkan jawabanya

  21. Klo namanya menyalahi aturan dalam hal ini undang-undang, mau gimanapun dalil penyangkalannya ya tetep salah lahhh…
    Nggak cuma vespa yg dimodif , motor lain yg dimodif tapi nggak sesuai aturan/undang-undang ya salah
    Klo alasan mau modif ikut kontes, berarti jangan jalan di jalan, naikin mobil pick up buat bawa ke tempat kontesnya.

    Itu pendapat saya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini