kejurnas ip 150 (1)

Kejurnas balap 2015 ini memang masih meninggalkan kontroversi, dari segi regulasi yang sering berubah sampai ada pemboikotan dari tim lain, masalah penyelenggara juga masih kacau. Bagaimana tidak lawong IMI justru menjadi pihak penyelenggara alias merangkap promotor dan akhirnya mendapatkan banyak kritikan. Namun dari semua segala permasalahan kita tetap harus mengapresiasi para tim2 yang sudah berjuang meriset motor dan para pebalap tetap semangat mengikuti race.

Seperti di kelas IP 150 ini, tahun lalu suzuki mendominasi dengan satria fu bahkan bisa dibilang kejurnas IP 150 tahun 2014 seperti OMR Satria fu namun tahun ini hanya ada rafid topan yang turun. Terlihat dramatis kelas IP 150 ini, dan sekarang justru Honda yang di seri pertama di sentul besar menurunkan banyak timnya bahkan bisa mendominasi balapan kini diseri kedua tidak menampakkan batang hidungnya.

”Saya kemarin sudah ketemu mereka (honda) di acara GIIAS, saya tanya besok ikut ya ? ( balapan ) jawabnya iya, tapi mana ternyata hari ini tidak ada, saya juga belum tahu alasannya kenapa” ujar Nanan sukarna sebagai ketua IMI saat saya temui di sentul hari ini.

Untuk seri kedua ini justru paling banyak ada yamaha MX King, tercatat ada tiga motor MX King, satu Honda CB150R, Satria fu dan Jupiter MX 135 bore up. Motor yamaha MX King sendiri dipakai oleh Rusman fadhil dari Traxxion Suspensi Enad Vesran, Hendriansyah dari tim Yamaha Nissin BRT HRP KYT FDR Racing Team dan Tammy Pratama Yamaha Yamalube KYT FDR SND Racing Team.

Di race kejurnas Balap seri ketiga yang berlangsung hari ini Rusman fadhil dengan MX King berhasil menguasai dua race yang ada. Di race pertama Rusman fadhil tidak bisa dibendung oleh pebalap lain, sejakstart hingga finish berhasil mendominasi sayang MX King milik hendriansyah motornya ngadat tidak mau hidup ketika sesi warm up sehingga gagal race dan kondisi ini juga dialami motor vixion milik hendra rusbule sehingga dari 7 starter hanya 5 starter yang terjun di race pertama. Pada saat race pertama berlangsung Rusman fadhil posisi pertama kedua ada rafid topan dan ketiga ada tammy pratama namun sayang di lap2 terakhir tammy pratama terjatuh dan posisinya digantikan oleh owie nurhuda yang ngegas dengan CB150R.

Di race kedua, giliran owie nurhuda yang mengalami masalah, dia hanya memutari satu lap saja selebihnya motor CB150R nya terpaksa dibawa keluar dari race sehingga race kedua ini hanya ada MX King, satria fu dan jupiter mx 135 bore up. Dari 25 laps yang ada rusman fadhil langsung tancap gas seperti halnya di race pertama tadisehingga dua race yang ada rusman fadhil balapan touring sendirian di depan, di belakang ada hendriansyah dan rafid topan yang kedua pebalap ini saling overtake dan membuat jalannya balapan tidak garing. Bahkan di 8 lap tersisa… kedua pebalap saling jual beli overtake dan akhirnya di lima lap terakhir hendriansyah berhasil mengambil alih posisi kedua namun sayang di 3 lap terakhir hendriansyah mengalami crash sehingga rafid topan dengan mudah merebut posisi kedua dan posisi ketiga hendra resbule yang di lap2 terakhir meski bertarung dengan febrianus balang yang memakai Jupiter MX 135 bore up.

MA king milik rusman fadhil mendominasi dua race yang ada, motor ini memakai ECU dari Api Tech, suspensi dari Traxxion menjaga kestabilan motor. Mengandalkan Throtle Body dari UMA Racing yang berdiameter 32mm motor inisempat menyentuh best lipe hingga 56.643 detik di srikuit sentul kecil.

Hasil race 2 Kejurnas Balap 2015 IP 150 :

  1. Rusman fadhil
  2. Rafid topan
  3. Hendra rusbule

KEJURNAS BALAP IP 150 (1)

KEJURNAS BALAP IP 150 (2) KEJURNAS BALAP IP 150 (3)

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. lbh miris lg pabrikan sebelah, bukannya ikut kejurnas disentul, tp malah main sendiri di lapangan di kalimantan, cm bermodal ban mobil bekas utk pembatas sirkuitnya

  2. itu sipit mxking masih 5 sipit, klw rgulasi imi sih kyaknya gak boleh nambah gear percepatan (jd 6 percepatan) trus rasio dibikin close ratio jga gak boleh, lumayanlah utk motor msih sohc

  3. yamaha cocok bwt muter2 di komplek perumahan krn ga prlu power besar cuma butuh sasis yg enak meliuk2.tp utk sirkuit besar dan perjalan jarak jauh masih di bawah honda.

    • balapan tuh nggak cuma ngandelin power aja cung.. liat aja ducati di moto gp.. power gede belum tentu menang.. antara power sama sasis harus seimbang..

      • masak sirkuit bebek dibandingin sirkuit moto gp, kalo di sentul karting, yamaha m1 aja bisa kalah sama jupiter z1 racing..

        terus kalo mau penjenjangan buat motogp kok balapnya di sirkuit bebep itu apa ga merusak pembalap?

        • Sujatmiko :anda salah …bukan ngebandingin …tp inti dr itu adalah balapan bkn cm faktor kecepatan saja yg menentukan pembalap itu bisa menang smua punya andil …kencang tp. Gak bisa belok trus ndlosor …mana bisa finish …?jwb ….

        • Arief sujatmiko : indonesia beda dg eropa spt spnyol dan italia …standar balap mereka adalah sport spt wss,wsbk,karena disana tdk ada bebek ,di sini klo ikt spt mrk siapa yg mampu beli sekelas R6 ,cbr600 RR dan zx6RR dll adapun saya yakin starter nya pasti sdkit selain part kompetisi nya jg mahal jd smua di indonesia hrs bertahap …ngerti gak ?

  4. aduh, yg kemaren katanya juara dan mendominasi malah kabur pas mxking ikut balap…,
    kalo yamaha mulai serius pada kabur deh itu dohc abal2…
    payah nih ahm…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here