SPEED LIMIT

Pemerintah sudah ketok palu tentang speed limit yang berlaku di jalan raya untuk semua jenis kendaraan bermotor, melalui kementrian perhubungan pemerintah sudah sah-kan ”Peraturan Menteri Nomor 111 Tahun 2015”, mulai bulan agustus 2015 baru tahap sosialisasi hingga 6 bulan mendatang dan setelah itu jika melanggar maka akan dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda Rp 500.000,00 (lima ratus ribu) Rupiah.

Pembatasan maksimal kecepatan dibagi dalam tiga kategori yaitu :

Kecepatan Maksimal Jalan Antar Kota:

  • Mobil 80 km/jam
  • Motor 60 km/jam

Kecepatan Maksimal Jalan Perkotaan:

  • Mobil 50 km/jam
  • Motor 40 km/jam

Kecepatan Maksimal Jalan Pemukiman:

  • Mobil 40 km/jam
  • Motor 30 km/jam

Kecepatan Maksimal Jalan Tol

  • 100 km/jam

Untuk lebih jelas monggo baca sendiri di laman ”Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ”(klik disini).

Bacanya sambil siapin kopi sama pecel lele ya…

Pemerintah menetapkan peraturan bukan tanpa sebab pastinya untuk mengurangi angka kecekaan yang sering terjadi apalagi sering kita temui kebut2an yang berakhir tewasnya pengendara. Speed limit bukan hal baru karena di luar negeri sudah banyak diterapkan bukan hanya speed limit tapi bahkan power mesin juga dibatasi jadi kalau maksimal power hanya boleh 33hp saja, mau motornya Ninja H2 sampai RC213V-S tetap saja powernya hanya boleh 33hp saja, mau motornya moge 1.000 cc bahkan sampai 5.000cc tetap saja powernya hanya mentok 33hp. Negara yang sudah menerapkan speed limit (bisa di klik disini).

Boleh saja pemerintah menetapkan peraturan ini tapi apakah akan jalan ? tergantung dilapangan bro… lihat seperti kasus yang sedang marak saat ini, yup moge dikawal patwal, nanti ada kawalan yang melebihi batas kecepatan bagaimana ?.

 

Advertisements

74 KOMENTAR

  1. Percuma dibatasain berapapun klu praktek bikin sim baru bisa lulus klu kasih uang pelicin… mau kecepatan 5kpj tetap aja kecelakaan

  2. wah bagus tuh…ane mo pasang mesin potong rumput di sepeda ontel ane…kalau dah ga kuat gowes nyalain dah mesinnya….paling banter 20km/jam speednya..cucok!

  3. wkwkwk jd kerjaan yg tukang bikin peraturan gini ya? bikin aturan2 ga puguh yg gaada kajian, pertimbangan dan implementasinya sama sekali 😀 mantau speed maksimal di kota aja ane 101% sangsi apalagi mau mantau speed di komplek pemukiman. Ane ngebayanginnya tu pulisi bakal nongkrong di alp*mart sambil megangin speed sensor 😀

    btw acuan negara yg memberlakukannya kok US semua ya? it listnya negara bagian. lgpula limit mereka itu satuannya Mph. 60Mph = 96Kph jauuh bgt sm 60Kph.

  4. disinyalir pembuat peraturan lg kelimpungan mau di review / performance review tapi gaada prestasi kerja samasekali. jadilah bikin aturan yg ngarang2 model ginian 😀

  5. Yang bener aja, banyak istirahat nya ntr tuh, kelamaan di jalan pegel duduk lama di kendaraan, dri pada ngurus kecepatan mending urus jalan jalan yang berlobang !!!

  6. Aturan yg bikin Polisi bikin alasan untuk tilang orang, bisa aja jalan pelan2 dibilang kebut, wekakakaka,,!,,, ruwet nih.., biang korupsi baru. Hallo…!

    yo wis,, naik ontel wae..!

  7. kalau di komplek/pemukiman harusnya mobil lebih pelan dari motor soalnya ukuran jalannya lebih kecil dari jalan raya dan mobil badannya gede

  8. Bahan baru buat nilang tapi alhasil cm jd peraturan tertulis tidak terealisasi karena kalo motor ada 100 orang diatas 40km masa semuanya ditilang?lah trus yang punya moge apa gak mateng bijinya?hahha

  9. coba deh suru “moge harley” jalan 30 – 40 km di perkotaan…
    bisa mampus tu biker nahan panas motor…
    ato akan ada aturan “diskresi” lagi wkwkwkwk

    “inilah Indonesia….
    Developed by Stupid People”

  10. Biar kata polisi pake speed gun, motor mah tinggal kabur aje… bodo amat.. mang tu polis niat bener nguber2… kalo di luar susah karena data plat no kendaraan online semua… gampang tracking nya

  11. Giliran masyarakat udah mulai melek uu no 22 tahun 2009, udah berani protes berdasarkan uu, maka dibuatlah peraturan ini.
    Ladang pemerasan besar-besaran ntar pastinya, tinggal mainin speed sensor, sehari lumayan penghasilan tambahan polisi.
    Semoga polri diposisikan dibawah depdagri. Supaya lebih melayani masyarakat, bukan pemeras masyarakat.

  12. Sorry kalo salah, yg max 33hp itu kalo saya ga salah di UK itu utk motor learner. Jd suzuki di sana jual paket gsxr600 dengan settingan hanya 33hp dengan alasan saat nanti si empunya sudah upgrade SIM yg boleh bawa “motor beneran” maka settingan akan dikembalikan selayaknya gsxr600.

  13. Gak yakin bakalan ditaati. Polkis di tempat ane mah pada males, razia aja jarang banget, hahaha. Padahal kota (cukup) besar loh, razia setahun paling beberapa kali, apalagi mau memberlakukan ginian, ngimpi..

  14. masalahnya emang polantas atau dinas perhubungan punya alat pengukur kecepatan??

    petugas di lapangan aja nilang orang ngebut aja pake ilmu kira2, bikin undang2 knalpot bising jg pake satuan dB, tapi alat pengukurnya gak punya, nah yg petugas di lapangan hantam rata aja semua knalpot tidak original bisa ditilang.

    DENGAN GAMPANG BUAT UNDANG UNDANG NAMUN PELAKSANAANNYA TIDAK BERJALAN DENGAN SEBAGAIMANA MESTINYA

    • Haha itu betulllll….
      Udah jelas-jelas disebutkan dalam uu no 22 tahun 2009, mesti pake alat ukur untuk level kebisingan.
      Kalo denger suara moge, mereka budeg. Kalo denger knalpot blar-blar langsung kuping mereka kebuka, duit menn…. duittt…..
      Pake headlamp putih ditilang, padahal jelas disebutkan, lampu utama berwarna kuning muda atau putih. Alesannya silau, tp gak bisa nunjukin alat semacam flux meter atau yg lain.
      Ngelesnya, pasti bilang melawan petugas???
      Petugas kacrut, petugas korup.

      Semua mengandalkan ilmu kira-kira karena mereka sangat pintar. Maksudnya pintar berhitung, kapan harus balik modal sekolah polisi hahaha….

      Bobroknya negeri ini, begal berseragam digaji negara. Kroco sampai jendral sama aja.
      Sampai-sampai polisi yang baik itu hampir tidak ada.

  15. lebih penasaran bagaimana penerapannya. misal nih ya, ane ngebut 80kph (walau mustahil) di sudirman saat peak hour. dan misal polkis make speed gun buat nindak ane, apa bisa polkis nangkep ane? ada yg ngerti?

  16. Kurang aturan kecepatan minimal!
    Di luar negeri, kalau terlalu pelan, bikin macet, juga ditilang.
    Kalau maximal 50 km/h, minimal 40 km/h. Dibawah itu membuat macet. Berani ga dijalanin?

  17. sebelum aturan yang gak enting itu di terapkan lebih baik jalan yang berlubang ditampal dengan bener dulu.. karna itu leboh berbahaya ketiban motor di pacu dengan 80 km/j..

  18. percuma membanggakan 6 speed DOHC kalo speed limit cuma 40kmh, tapi bagus loh, 40kmh di Gear 6 jalan rpm brapa? alamat irit banget dah

  19. Aturannya udah ada kan? Okelah
    Sensornya udah ada gak? Terus klo ada yg ngebut di atas 40km gmna? Mau ngejar? Polisinya melanggar dong klo ngejar diatas 40km/?
    Kok goblok ya? Aneh

  20. Enaknya nih motor matic dibikin 3 mode ecunya.
    Mode 1 max 30kpj utk pemukiman.
    Mode 2 max 40kpj utk perkotaan.
    Mode 3 max 60kpj utk akap.
    *Enaknya tinggal di desa ga pake speed limit.

  21. dikasih 60km/jam marah2….
    jalan jam 7 pagi,dari depok ke tanjung barat
    kalo bisa nyampe 60km/jam
    gue joged india sambil ngasih elo istri baru..
    ngoahahahaha

  22. nahh nanti tinggal pemerintah nge-push industri otomotif untuk setiap motor baru dikasih limiter sesuai dengan peraturan ini. haha.

    ngakak ane bacanya gan. nnt rame2 kita boikot dengan cara ngebut2an bareng2..

  23. Peraturan yg bakalan disambut gembira para polantas. Tinggal nongkrong di pinggir jalan bawa speed gun. 😀

    Kalau mobil pejabat dan para menteri juga patuh sama peraturan batas kecepatan ini baru gw setuju. Kayaknya bakalan ada petisi online lagi nih.

  24. Gak ada kerjaan banget sih ngurusin masalah speed limit ni pemerintah, mending kerja nyata yang jelas, perbaiki semua struktur dan segala pedukungnya, bagusin kualitas jalan contohnya..

  25. Lha terus nek aku ngebut ngantek 60 kpj atau lebih, kowe arep nindak piye carane? Opo nduwe speed gun? Nek ora oleh banter2 mbok kuwi gawenen poldur sing akeh setiap jarak 2 meter…..

    #jakarta udah sesak dan macet pake ngomongin speed limit segala….yg bikin peraturan tiap dijalan ngorok sih…

  26. SELAMAT KEPADA ANDA PAK MENTERI…!!!
    ANDA TELAH MEMBUAT PERATURAN YANG MEMBUAT SENANG KAUM POLISI UNTUK SEMAKIN MENINDAS RAKYAT KECIL YANG UMUMNYA KEMAMPUAN EKONOMI RAKYAT YANG MAYORITAS MASIH NYICIL BELINYA, PAK MENTERI LUAR BIASA SEKALI DENGAN KESUSAHAN RAKYAT SEKARANG BISA MEMBUKA PELUANG BARU UNTUK MENINDAS RAKYAT CILIK

    SELAMAT PAK SEMOGA SUKSES DUNIA AKHIRAT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here