rilis sonic 150r dan cb150r (1)

Buoooosen sama berita Honda, saya tambahin lagi dech. Yup kali ini ada statement dari AHM tentang BBM yang ditenggak oleh motor barunya, via kompas otomotif saya disitu tertera jelas bahwa Sonic 150R yang mempunyai kompresi 11,3:1 aman minum premium, kompresi ini juga sama yang dimiliki oleh CB150R.

Kalau melihat dari kompresi yang ada sebenarnya kompresi 11,3:1 harus minum pertamax plus, lalu bagaimana kalau minum premium ?

Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman usai peluncuran berusaha meyakinkan bahwa semua sepeda motor yang diproduksi AHM sudah lulus pengetesan menggunakan semua bahan bakar apa pun yang dijual di Indonesia.

  • ”Semua sepeda motor sudah dites dan cocok menggunakan semua bahan bakar yang dipasarkan di Indonesa. Pengetesan menggunakan Premium, yang artinya otomatis sepeda motor bisa menggunakan bahan bakar apa saja,”
  • ”Sifatnya hanya berpengaruh pada performa. Semakin baik kualitas bahan bakar, performa tentu akan semakin baik, begitu juga dengan fuel consumption,”ujar Loman.

Menilik kebiasaan konsumen indonesia memang semua pabrikan harus mengetes semua produknya dengan semua bahan bakar yang dijual di indonesia apalagi di pedalaman yang hanya ada premium. Kompresi tinggi mau minum premium ? jelas power menurun dan saluran bahan bakar serta ruang bakar cepat timbul kerak.

rilis sonic 150r dan cb150r (3)

Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah ?

Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking) . Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk-tusuk dengan paku, kira-kira begitu. Perlahan namun pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.

image007nk6

Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi). Jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.

Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi ?

Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih bertenaga. Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.

Kesimpulan:

  • Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
  • Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
  • Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
  • Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Ada yang mau nambahin ?

165 KOMENTAR

    • NAHH pass ente bro,,kasian efbaha kambing congek jd klinci percobaan 😀 motor di eropa aja yg pada minum bbm oktan tinggi sesuai kompresi nya, la ini malah pembodohan,MOTOGP aj pake bbm oktan tinggi, masa motor komprsi besar dikasih bbm oktan tinggi mlh berbahaya dan beda di sifat pembersih wakakkakakka, sipp mesin2 protol ready go!!

      • mesin kompresi tinggi memang sebaiknya memakai bensin beroktan tinggi, tapi vario techno kakakku yang kompresi 11:1 tiap hari diisi premium sampe sekarang bandel ga pernah trobel cuma servis rutin tiap bulan..

          • lah buat apa dibongkar mesinnya lha wong ga ada masalah, top speed bagus, bensin keiritan normal, dan suara mesin halus banget jadi nunggu 60.000 km untuk servis bersihin kerak..

            sebenarnya sudah saya beritahu agar make pertamax biar mesin lebih bersih dan performa lebih bagus tapi katanya mahal ya udah tiap hari make premium, soalnya di tempatku kebumen dan bantul yang ngisi bensin hampir di premium semua slot pertamax sepi nyaris ga ada yang beli..

    • Kalo bener ada, maka ini part yg bisa jadi alat marketing. Tapi kok bosnya sendiri ga berani nyebut adanya part ini. Kenapa hayo …

      • betul, kalau gw jadi bossnya sih bakal bilang gitu hehehe…

        ay dpt info dari temen yg gawe di salah satu pabrikan, waktu ngobrol soal keinginan salah satu motor ay mau minta disetting ke pertamax plus aja karena isinya selalu itu. Maksudnya biar performa optimal, karena takutnya settingan awal utk premium..

        tapi sama temen dijwab kek gitu, ga usah katanya, ECUnya udah ‘pintar’..

    • masak sihh!!! 😀 motogp aj cm ad tombol untuk ganti setingan map dgn cara manual pencet tombol dan bukan otomatis sesuai kondisi trek,suhu,udara,temperatur mesin, kl pasang knoking sensor psti ne mtr dijual bs 50jt an lbh wekekkekeke..mtr cc besar 2 slinder saja tdk ad sensor gnian jd ga ush ngibul dan ngasih fitur ada2 aka hayalan

  1. ==================
    Itu namanya pembodohan berjamaah.
    Seluruh ahli otomotif dunia pasti tahu
    kalo kompresi 11.3 : 1 wajib bbm oktan 95.
    Hanya AHM aj yg bilang boleh mimik premium.
    Haahhhhh…. Kaya komoresi 9:1 aj.
    Hmmm…. AHM… AHM…
    Kebangetan loe.. !!!!
    Tp FBH kok mau & mudah dibohongi ya.??
    ==============

    • Itulah hebatnya hipnotis AHM. Konsumennya nrimo aja walau apapun yg terjadi. Contohnya mah gak usah jauh2, ada noh temen yg mati2an tetep beli motor Honda, pdhl udah dikecewain saat BeAT karbu yg dipake 2 thn lbh udah penyakitan, pdhl rutin service, bbm-nya aja Shell mulu dan gaya ridingnya jg moderat, motor kaga pernah kerja berat. Bbrp AHASS disamperin tp kaga bisa nyembuhin motornya, pdhl udah ikutin saran montirnya ganti ini-itu. Dia buru2 jual BeAT karbunya dan beli lg Vario Techno 125 ama BeAT FI, wkwkwkwkkkkkkk….. Udah One Heart mah susah deh…..

      • kadang kita dapet rejeki yg ngak baek,

        dapet barang yg jelek,

        yach namanya buatan manusia, pasti ada yg reject,

        manusia yg buatan tuhan aja ngak semua sempurna khan om?

    • itulah sasaran meraka ya cm khusus efbeha kambing congek yg fantik tolol makan taik!!! dan ini jurus ngibul/pembodohan ahamprett jurus ngeles,,entah dpt drmna teori tololnya??!! 😀 kl kompresi 8:1,9:1 kl bbm pk oktan rendah baru benar dan pas wong mtr vxion/R15 pk premium mesin ngelitik,kurang tenaga,berat,mesin cpt panas, giliran pk pertamax mesin lbh enteng,tdk ngelitik,powernya halus bertenaga,lbh irit dr premium, dan vxion kompresi 10:1 sekian gmn yg 11:3:1 wakakakkaaa..# ketawa aj ahhh lmyan smbil mantau berita mesin protol klotok2

  2. ==================
    Itu namanya pembodohan berjamaah.
    Seluruh ahli otomotif dunia pasti tahu
    kalo kompresi 11.3 : 1 wajib bbm oktan 95.
    Hanya AHM aj yg bilang boleh mimik premium.
    Haahhhhh…. Kaya komoresi 9:1 aj.
    Hmmm…. AHM… AHM…
    Kebangetan loe.. !!!!
    Tp FBH kok mau & mudah dibohongi ya.??
    ==============

    • btl sekali,soalnya kl komprsi di rendahkan power dehoace odong2 ini bakal ga da tenaga di rpm bawah, plgi menengah atas jd datar ditambah bobot yg berat dr bodi,ban dan velg dll tmbah lelet,slogan dehoce yg skrg aj di caci maki krn ngejar tirsi bawah spya se irit vxion emng bisa??? tu vxion aj pke pertamax br lbh enak larinya dr pk premium & tdk ngelitik, # nah ini pk pembodohan berjamaah entah dpt drmn teori gemblungnya ahamprett mklum supaya laku walopun dlm hati malu 😀

  3. kalau pabrikan berani klaim aman ya jangan khawatir, kalau jebol ya tinggal klaim.
    kalau nggak aman di klaim aman ya sama saja bunuh diri.

    • biasanya jawabnya gini bro :

      konsumen : pak motor saya jebol mi
      beres : biasa pake BBM apa pak?
      K : premium pak
      B : wah ini seharusnya pake sekelas pertamax pak, powernya gede dan untuk performa sebaiknya pake pertamax
      K : tapi kan katanya bisa pake premium waktu launching??!!
      B : bisa pak, tapi ya gini hasilnya. sebaiknya setelah ini bapak pake pertamax seterusnya. sekarang silahkan ke kasir untuk biaya2 pak

  4. ingin menambahkan,
    kompresi 11.3 : 1 pnya cb dan sonic, itu adalah kompresi statisnya.. tapi belum tentu kompresi dinamisnya segitu jg..
    kenapa honda berani bilang premium ready?, krna bisa jadi kompresi dinamisnya rendah, klep in lambat menutup, overlap gede jdi premium pun ngk masalh buat mesin ini.

    • Ini baru mencerahkan.
      tidak seperti komen2 fb yg tidak tahu apa itu kompresi statis dan kompresi dinamis. Tapi kenapa jg ahm bikin kompresi statis tinggi tapi klep in lambat nutup?

      • Karena ada kemungkinan desain mesin yang sama di jual di luar negeri yang sudah tidak ada premium. Lebih gampang mengubah setelan klep dan pengapian daripada cetakan piston / silinder head.

  5. Pakai pertamax biasa aja. Pake premium dijamin ngelitik. Asli, pernah ngrasain sendiri motor kompresi sgitu. Mesin jadi cepat panas.

  6. Hanya korban pembodohan otomotif yang bilang kompresi statis sebagai satu2nya penentu kebutuhan oktan.

    “ketika bensin terbakar lebih awal SEBELUM busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/KNOCKING)”

    Mas, sebelum BC, coba pelajari dulu apa bedanya detonasi dan pre ignition. Setelah itu, pelajari lagi apa saja faktor penyebab detonasi dan cara mengatasinya. Biar BCnya semakin meyakinkan.

      • Sebelum ketawa, lebih baik coba riset soal pre ignition dan detonasi. Yang nulis artikel belum paham bedanya, tapi sudah bilang mesin ini harus minum pertamax plus. Bayangkan, coba mesinnya saja belum tapi sudah berani menyimpulkan? Ahli mesin saja kalah, bisa menyimpulkan dari kira2. (sarcasm)

        • Masbro, kalem dong… baca dulu dgn benar kata2 dari petinggi ahm tuh… ada kata2 berpengaruh ke performa dwn fuel consumption, artinya apa? Dgn pemakaian oktan yg tidak sesuai akan terjadi malfungsi dari mesin itu yg artinya lg mesin bekerja tidak maksimal dan sempurna… makanya admin menjelaskan kronologinya… klo sampeyan emang pinter tidak seharusnya malah menyerang balik admin tp menjelaskan hal2 apa saja yg bisa terjadi klo ttp dipaksa pemakaian dgn oktan rendah trsebut… klo memang efeknya masih bisa ditolerir its ok… lha klo nggak?

        • Hahaha yang punya artikel mekanik mas makanya dia tw bukan bc.

          Katanya fbh tajir2 masa motor katanya serba canggih nanya premium.
          Ngiahahahaha

          • Tidak semua mekanik paham cara kerja mesin. Lagian ini bukan soal mampu beli pertamax atau tidak. Tapi soal oktan yang dibutuhkan mesin.

    • Liputan6.com, Jakarta – Seluruh lini model yang diproduksi oleh Mazda telah didukung teknologi mesin SKYACTIV termasuk new Mazda CX-5 dan new Mazda6 yang baru saja dirlilis oleh PT Mazda Motor Indonesia. Mesin ini memiliki kompresi yang sangat tinggi namun sanggup diisi BBM dengan RON seperti mobil umumnya.

      Dijelaskan Astrid Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT MMI, teknologi SKYACTIV ini adalah cara yang dilakukan oleh Mazda untuk menyempurnakan mesin konvensional. Para insinyur di Mazda melakukan riset untuk menghilangkan gejala ngelitik yang kerap dijumpai mobil-mobil berkompresi tinggi saat diisi BBM beroktan rendah.

      “Kalau untuk pasar Eropa menggunakan kompresi 14:1, mintanya BBM dengan minimal RON 91. Sedangkan untuk Indonesia, kompresi SKYACTIV telah diturunkan menjadi 13:1,” beber Astrid seusai peluncuran di Ritz Carlton SCBD.

      Oleh karena itu, meskipun memiliki kompresi 13:1, mobil yang dipasarkan oleh PT MMI sanggup bekerja dengan BBM beroktan 90 seperti Pertalite yang akan diluncurkan beberapa waktu ke depan. Meskipun sanggup bekerja dengan RON 90, Astrid menekankan kepada konsumen Mazda untuk mengisi BBM dengan angka RON diatasnya.

      “Di Mazda, kita membuat piston dengan lekukan yang membuat pembakaran lebih sempurna. Lekukan tersebut tidak ada pada mobil-mobil selain Mazda,” jelas Astrid.

      Tak hanya itu, Astrid menjelaskan jika di Mazda menggunakan exhaust yang lebih panjang. Alhasil tidak ada sisa gas buang yang masuk lagi ke dalam ruang bakar dan menimbulkan gejala ngelitik.

      “Mazda berhasil memanfaatkan secara maksimal terhadap mesin konvensional melalui SKYACTIV yang menghasilkan kompresi tinggi untuk mobil produksi massal,” tandasnya.

  7. Kaga ada gunanya berdebat soal ginian, krn toh kita kaga bisa buktiin apa2. Itu kan klaim pabrikan, sah2 aja kok, tinggal kitanya aja gimana bersikap. Berani ambil resiko ya silahkan boyong pulang tuh motor dan ksh minum premium. Kan resiko ditanggung masing2. Isunya bkn cuman mslh oktan sebenernya, tp mslh kualitas premium itu sendiri. Pertamina boleh aja klaim bahwa premium di Indonesia itu bebas timbal, tp kenyataannya kenapa busi jadi dekil??? Kenapa mobil saya yg berdasarkan spek kompresinya cocok diisi premium namun ngelitik/knocking dan setelah ditune-up/cleaning jadi hilang ngilitiknya? Itu karena endapan timbal (selain isu kadar oktan yg simpang siur). Setelah beralih ke Shell mobil saya baik2 aja, kaga ngelitik tuh.

      • Gausah ngomong teori bos. Situ orang pertamina? Bisa kasih jaminan premium diindo tanpa timbal? Hwehwehwe.
        Pertamax aje kadang kualitasnya ga stabil.

        • Teori? Residu putih jaman premium masih ada timbal dibilang teori? Ini anak umur berapa ya? Pasti baru bisa naik motor setelah 2006.

          • Jawab dulu pertanyaan ane. Situ orang pertamina? Bisa kasih jaminan premium diindo tanpa timbal? Kalo situ bisa jamin, besok2 ane isi premium neh. Tapi kalo trouble ato kenapa2 ane tuntut ke ente.

            Premium itu tetep ada timbal tapi kadarnya minim. Cuma 0,013 gr/l tapi tetep aje pemakaian jangka panjang pasti ga bagus buat mesin. Hwehwehwe.

            • Minim segitu sudah dianggap tidak ada. Lu pikir pertamax juga nol persen? Lihat komentar subaru tuh. Dia fby yang lebih pintar drpd kamu.

              • Ya lu aja deh gw kasih minum baygon tiap hari 0,013gr/l. Mau? Biar kadarnya dikit kalo dipake terus menerus ya KO juga.

                Mengenai pertamax, kandungan kadarnya aje kadang suka ga stabil bisa naek turun, apalgi premium. Hwehwehwe.

          • premium ga ada tapi RONnya rendah cuman 88. dari kenalan ane beberapa pengguna mazda generasi skyactiv ga ada yang mau nekad make premium (pertalite baru terbatas jawa) biarpun kompresi sudah diturunkan kek di artikel ente.

  8. motor honda terkenal buat motor sgala kalangan..

    dan semua orang di indonesia juga profesor yamaha..honda..kawasaki..suzuki..dll..
    itu lebih pintar dan lbih cerdas di banding sampean yg ada di komentar ini..

    jadi sebelum kekonyolan komen kalian di baca para ahli mesin mnding tahan dulu jagan komen..

    tentu sang pencipta tuh motor sudah di perhitungkan bnar² matang dan teliti.. kita cek ajja bbrapa bulan apakah bnar dgan pmakaian premiiun bikin jebol..?

    toh gak mugkin tuh motor di cekoki pertamax + truss..
    yg di kampung daerah gunung dan plosok deket laut misal..? boro² pertamax plus pom bensin ajja gak ada.. ada juga eceran ya premium juga dgan harga oyesss..

    trus apa di aggep orag sana gak sggup beli mtor..?
    ninjaa dan moge² stara 250cc pun banyaak..
    tpi apa yaqin isi bensin harus ke kota dulu..?
    buat cari pertmax+..
    gmanaaa mnurut sampean..?
    msih ragu dgan kecerdasan para profesor..?

    • Kebanyakan orang naek motor kelas 250cc keatas kalopun terpaksa minum premium, pasti ditambah octane booster.

      Kalo naek motor 250 maunya minum premium, tandanya itu orang kere tapi pengen gengsi. Hwehwehwe.

      • Bukan gengsi karena emng mreka punya duitt .. Namun gak trfikirkan perlu bahan bakar yg kwalitas wahid..
        Contoh.. Daerah pegunungan.. Bnyak motor² 250cc ke atas..
        Beli karena sggup jgan di remehkan di gunung banyak pengusaha pertanian..persayuran..perkebunan..peternakan..dll.. Jgankan sekelas 250cc H2 ajja klo di daerah udah pada tau bisa kebeli kang..jgan mremehkan orang pegunungan soal materi karyawan swasta maupun PNS lewaat cma gk smua sihh..

        Trys orag pesisir.. Jgan aggap orang pesisir gengsi maupun kere.. Mereka punya uang bergaya pun tak masalah yg masalah itu dah gak punya malah gaya itu baruu…

        Daerah pesisir bnyak punya tambak ikan bandeng udang maupun pengusaha kapal..
        Dan rata² orag pesisir punya yg namanya tambak..
        Krena pghasilan utama ikan..
        Tau brapa untung bersih peternk ikan bandeng untuk empang ½ hectar atau lebih.. Di kali stahun misal 2x ..
        Skelas ninja mah remeehh..

        • Bukannya ngeremehin. Kalo pengusaha ane sih yakin pasti mampu2 aja. Kan banyak noh orang yang pas2an tapi pengen gengsi akhirnya dibela2in cicil motor sampe taonan. Hwehwehwe.

          • Nahh klo ituu lainnn…

            Justru org² yg gengsi² gtu lbih bnyak di kota besar.. Liat tetangga motor gagah ikut²an nekat kredit..3 bulan di cabut..wkwkwkwk

            Klo orag desa/daerah lbih mentingin bisnis dan investasi apa lagi pra pengusaha mskipun statusnya ndesso

    • Loh, mesin cebong generasi pertama kurang konyol gimana?
      Konsumen jadi korban mesin rompal. Jangan selalu beranggapan mesin buatan insinyur itu pasti 100% sempurna.

      • Lagi pula kan.. Insyur kan cuma mikir ngitung mendesign dll..

        Bukan bikin spart part..
        Msalah kualitas spartpart mah trgantung pihak maspro..
        Mau di bikin kualitas wahid ato keren tapi murah dgan sgala pertimbangan dan resiko..

      • Lagi pula kan.. Insyur kan cuma mikir ngitung mendesign dll..

        Bukan bikin spart part..
        Msalah kualitas spartpart mah trgantung pihak maspro..
        Mau di bikin kualitas wahid ato keren tapi murah dgan sgala pertimbangan dan resiko….

    • Yg bilang insinyur sempurna siapaa kang..?

      Ane kan bilang..

      Liat duluuu..amatii..baru komennn..jgan asal nebak..?

      Emg sbelum cebong lahir ada yg tau atau mnebak klo bkalan rompal maupun klotok²..?

      Stelah kjadian baru bisa di ugkapkann..
      Bgtu kira²…

        • Biaariinnn ajjaa terserah pabrikan.. Kita selaku konsumen brhubung dah tau stigma kompresi cukup ingatkan sodara atau kluarga..

          Masa klaim pabrikan mau ngmong wajib pertamax plus.. Ntar gak laku dong..

          Lagi pula saya rsa baik vixi cb satria mx king motor kluaran 2010keatas rata² pada tau kok..
          Lbih milih pertamax..
          D banding premium..
          Cz dah pada tau juga perbedaannya..
          Sampean udah tau y buat refrensi ajja..

          • Yaelah bos, coba aje belah mesin yg pake premium sama yang pake pertamax. Liat mana yang lebih sehat. Hwehwehwe. Sederhana tanpa perlu teori panjang lebar.

  9. good info.. jadi ngerti soal premium dan pengaruh nya ke kinerja mesin. Seperti yg di sebutkan di artikel, kalau mesin dengan CR gede dikash premium jadi nya kurang bertenaga alias ngempos ya ..
    alamat new CB150R di asepin lagi sama NVL nih

  10. emang ngelitik kok bro, cb150 lama (kompresi 11) ane aja pke premium sdikit kasar mesinny, ane kompensasi pke busi iridium sma ground strap koil yh sesuaikan kantong, cari pertalite susah, gk smua spbu lh klw kompresi 11,3 kyk yg baru ini y mngkin lbih kasar jdiny mesinny

    • Kalau ngelitik, naikin rpm / turunkan gigi. CS1 (10,4:1) tidak pernah ngelitik pakai premium, karena cenderung rpm tinggi. Tapi Supra (9,3:1) lebih sering ngelitik karena cenderung rpm rendah. Jadi faktor pemakaian juga berpengaruh.

      • WAKAKKAAK sijokosontoloyo ini tim kupret swat ahamprett keknya asli nehh,,kliatan belang kurapnya, ente ini pas msk kategori tim swat tolol!! piaran ahamprett yg basicnya efbeha kambing congek pekok, ehh TOLOL MAKAN TAIK!! kl nglitik naikin rpm?? wakakkkkaka 😀 Dikira ngllitik dlm posisi kendaraan lg stanby ya,ga dijalankan ??? 😀 WAKAKKAKAKA jidat nenek loh itu dinaikkan!!!

        • Kualitasnya setara komentarnya. Ini motor manual, naikin rpm tinggal turunin gigi atau main setengah kopling. Tapi kayaknya percuma juga diterangkan, daya pikirnya baru sampai seperti di komentarnya.

          • ITULAH kualitas sm dgn komentar tololmu!!! belajar lagi tong jgn malu2in 😀 br kali ini dgr mesin ngelitik triknya stengah kopling wakakakkakka…tau tdk beda 1/2 kopling krn tdk sinkron putaran mesin dgn pemakaian gigi??!!! dgn mesin knocking??!!! ini sijokosontolyo anggota tim swat yg didik dr RSJ 😀 # Emang btl tim swat belagak klihatan pinter tp yg klihatan malah DONGOKnya 😀

  11. Kang ari ane mau tanya, ada temen pake ninja r malah diisi pertamax plus, menurut ane sih itu salah secara kompresi rendah..

    Menurut kang ari gimana?
    Motor nya standar

    • bisa tapi power pasti beda ketika pakai premium karena pengapian jadi lebih cepat terbakar justru kerak semakin keras meski tidak tebal

    • Kompesi dua tak beda dengan empat tak. Udara yang masuk ke ruang pembakaran ditekan dari crankcase, dan masih ada sisa gas pembakaran sewaktu langkah kompresi. Memang untuk dua tak, kompresi harus lebih rendah daripada empat tak.

  12. Memang aman kok minum premium. Amannya cuma sementara. Nanti setelah pemakaian beberapa bulan mulai muncul keluhan loss kompresi lah, nyendet2 lah, mesin kasar lah. Hwehwehwe. Kalo udah dapet keluhan begitu, bos AHM tinggal ngomong bawa aja ke beres. Kan jaringan beresnya honda luas tersebar dimana2. Hwehwehwe.

    Mulut marketing emang manis. Maka itu jadi konsumen harus pinter. Sebelom beli barang dipikir dulu pake otak kira2 statement pabrikan logis ato engga. Hwehwehwe.

  13. Inilah gunanya ecu ga kaya karbu
    Timing bisa dimainkan cbr yg kelas premium juga pasti banyak yg nenggak premium entah karna adanya itu ato mls keluar uang lebih tpi ampe sekarang aman2 saza
    Tpi ane saranin mending bli yg sohc saza gigi lima buat muter komplek cukup premium aman bgt coz g pernah di geber tinggi juga coz klo ktinggian tar ngebul pencemaran lingkungan, ninja ngebul j di stop mosok yg 4 tak pngen ngebul juga

    • Hwehwehwe. Setidaknya bisa jalan & masih fungsional. Daripada motor yang didiemin aje mesinnya bisa rompal sendiri. Ga cuma itu, rangkanya bisa copot brooh. Hwehwehwe.

    • 😀 wahh jenius bgt “Inilah gunanya ecu ga kaya karbu
      Timing bisa dimainkan” tetek emakloh br bs dimainkan!!! vxion kompresi 10:1 kl pk premium mesin nglitik/kasar/cpt panas, pk premium joss mantabb tdk nglitik,power rata bertenaga dan lbh irit,tp hebatnya vxion tdk perotol baik mesin dan rangka,kl ne cebong bntr lg akan rame mesin jebol,protol klotok2,blm lg sasis putus krn bobot kebeberatan kasisn efbeha kambing congek 😀

    • Fby koplak padahal punya juga kagak
      Lgan klo mesin jebol gara2 premium tinggal klam garansi gitu ja repot, udah makan rumput sana dari pda g da kerjaan ngohahaha
      Lgan ay dah nyaranin bli yg sohc saza lebih aman minum premium, cuma buat keliling koplek g prlu pke dohc gigi 6
      Buat balap irs dah terbukti vixi banyak pesertanya “nunggu parkiran” ngohahaha

      • klaim garansi kata lo ?

        oh jd kuatnya cuma sampe gransi doang ya ?

        stelah lewat lgsg ambrol

        apa bedanya ahm sama hp cina klo gitu ?

        muahahahaha

  14. ini pembodohan ahamprett kl komprsi tinggi ya mmng layak dan pas minum bbm oktan tinggi ini gmn sih pejelasannya,?? 😀 pertanyaan yg menjebak tp menohok!!!!,,dgn jurus ngeles ngibulnya, yakinlah ga lama bakal kasus mesin rompal/klotok2 bakal rame,kasian efebha kambing congek jd kelinci percobaan krn sdh terlanjur bebal cm mau nyembah oonda ahamprettt

    • sori ikut nimbrung soalnya ente pembodohan..

      di tempatku ada vario techno tahun 2010 dengan kompresi tinggi 11:1 dan tiap hari diberi premium sampe sekarang bandel ga bermasalah cuma tiap bulan servis.

      tapi memang untuk motor cbr150r cbu thailand yang didesain minimal pertamax kalau minum premium ngelitik.

      • Alasannya sederhana, mesin matik rata2 disetel tinggi rpmnya. Pada rpm yang lebih tinggi, ada lebih banyak putaran mesin untuk menanggung beban yang sama, jadi lebih ringan. Vario juga pakai radiator, suhu mesin terjaga, kemungkinan ngelitik berkurang. Makanya kompresi mesin non radiator cenderung lebih rendah.

        Sedangkan CBR CBU, dibuat untuk Thailand, yang memang bahan bakarnya lebih baik. Selain itu, karena gigi manual, ada saatnya rpm terlalu rendah / gigi terlalu tinggi, itulah sebabnya terjadi detonasi. Boleh dicoba di mesin bertransmisi manual. Di tanjakan, giginya ketinggian. Tapi jangan terlalu lama, cukup untuk memahami cara kerja mesin saja.

        • kalau cbr150r saya memang lebih suka make pertamax untuk ngejar performa daripada dikebiri untuk settingan premium ready dan memang benar-benar ga bisa minum bensin dengan oktan dibawah 92 bahkan kalau pertamax kurang bagus kerasa saat digas ngorok sapa seperti waktu minum premium tapi kalo diisi pertamax halus mesinnya…

          • Lah maz vario tetangga ku ngeden di kasih premium terus. Intinya kalau mtor ga sesuai dengan kompresi maka impact buruk ke motor.

            Yang jelas CB bukan motor rakyat karena minum nya harus pertamax terus

            • yakin ngeden karena dikasih minum premium terus, bisa jadi karena sering telat ganti oli atau cvt perawatan kurang..

              kalau untuk yang cbr built up dari thailand memang harus pertamax soalnya menyesuaikan dengan bensin di thailand sana..

              kalau ngelitik kerasa sih sebetulnya, mesin jadi cepet panas dan getaran mesin lebih terasa tapi kalo di vario techno make premium mesin tetep halus ga ada gejala mesin geter seperti di cbr150r cbu..

  15. Terserah yg beli motor wae, mau minum premium atau pertamax. Pokoknya udh disediain motor, bagus. Mau diisi premium silakan, pertamax silakan.

  16. kalo kompresi tinggi bisa pakai premium, moge-moge kompresi tinggi kenapa gak ngisi premium? apa karena kalah canggih sama produk AHM

    orang DUNGU sih gampang di bohongi

    • ya malulah isi premium apa d kata org yg ngantri cba
      Moge isi premium
      Lagian yg bermoge beli premium capek banget itu bersihkan keraknya apalagi yg diatas 2 cyl

    • bearti Moge kelas wahid berkompresi tinggi masih kalah canggih dengan tekhnologi cb150r ma sonic 150R ini ya…

      bahkan CBR 250 mpe 1000 cc aja kalah canggih cukk sangar tenan…
      kenapa moge” berkompresi tinggi tidak diaplikasikan tekhnolohi canggih kaya gini ya?

      mantep benerrrr dahh..kompresi tinggi sangup minum premium joosss

      tekhnologi moge ratusan juta ga ada apa”nya ma tekhnologi motor 150cc made in ahm..

      joooooooooooooooossssssssssss gandoooooossss

      Kompresi tinggi minum premium?

      emang motor tantang nyalimu bener dah ini

      • Wow hebat bener. Info dari mana bos?
        Mengingat bensin yang setara premium udah punah dibelahan dunia lain. Cuma ada diindonesia. Hwehwehwe.

        Yang bener bukan dirancang minum premium, tapi bisa kompromi minum premium. Tetep aje pada akhirnya pabrikan bakal nyaranin minimal minum pertamax. Hwehwehwe.

        • Terus terang aku bingung dengan cara berpikir anda. Betul premium cuma ada di Indonesia, dan moge tidak dibuat untuk Indonesia. Bukannya kamu harus menyimpulkan moge tidak dirancang minum premium?

          Terus, karena premium yang tersedia paling luas di Indonesia, wajar saja, semua pabrikan yang membuat kendaraan untuk Indonesia juga sudah menyesuaikan setingan mesinnya untuk premium.

          Bahkan jaman dulu, mesin dirancang untuk minum bensin bertimbal, dan akan cepat rusak kalau bensinnya tanpa timbal.

          Satu2nya kesimpulanku, anda tertawa karena tidak paham.

  17. yach kalu sekali-kali , ndak masalah,

    selama ngak berlebihan, ngak akan masalah

    kalu lagi di pedesaaan , ngak ada pertamak, trus mau dorong aja?

    khan ngak, minuma aja yg ada,

    sekali-sekali ngak bukan artinya tdk bisa,

    • om ini masalahnya cuma 150cc

      tau mindset orang indonesia kan ?

      yg pake mercy n bmw aja masih banyak yg tiap hari dicekokin premium

      tiap hari loh

      • tiap hari maksunya mobil yg beda khan?

        ngak mungkinlah setiap hari minum premium tuh mobil mewah,

        itu cuma kerjaan oknum supir aja,

        dikasih duit buat beli pertamak plus,

        dibeliin premium waktu ngak bareng boss ,

        pake bon kosong, basi itu,

        si supir plg mikir, kalu rusak juga boss mobilnya banyak,

        ngak satu, kalu rusak beli lagi,

        gitu om

        kecuali itu mobil sewaan, yg nyewa masa bodoh,

        rusak tinggal bilang ke penyewa

      • ntah lah

        yg jelas stiap isi bensin ay pasti ngeliat mobil2 kyak gitu di cekokin premium

        grandis ay aja ngeri isi premium (klo kepaksa ya ngisi)

    • buka mata bro, motor-motor honda kompresi 11:1 yang tiap hari sama konsumen diisi premium banyak dan sampe bertahun-tahun ga pernah bermasalah, sebut saja vario techno 110, vario wtf 125, cb150r…

      • maaf saya cuma pake HSX 125 karbu

        sisa nya saya cuma tau kompresi tinggi di mobil knocking pke premium

        di grandis saya pun anti pke premium

      • #Arif kamu sok pinter dengan menggiring opini kompresi 11:1 aman pake premium
        ada benarnya kompresi tinggi bisa hidup dengan minum premium Ron 88
        tapi klo mau lihat tabel kompresi mesin itu kompresi yg menyentuh angka 11 koma sekian …Harusnya memang minum BBM yg Ron nya 92 ke 95an….
        #Boleh premium tp klo keadaan darurat….
        Ngisin ngisini wong kebumen….

        • Arif lihat fakta, bukan tabel yang tidak jelas dibuat oleh siapa. Lagian aku belum lihat tabel yang memperhitungkan jenis mesin, semua dianggap sama. Coba perhatikan, semua mesin yang pakai radiator kompresinya cenderung lebih tinggi, Coba cari kenapa. Tabel seperti itu sama sekali tidak berguna.

          Jujur saja, malah kamu yang bikin malu. Lebih percaya tabel yang tidak jelas daripada pengalaman nyata.

          • Mau berbicara fakta ya belah aje mesinnya. Bandingin sama yang pake pertamax liat mana yang lebih sehat. Gitu aja kok repot. Hwehwehwe.

        • kowe ki kepriwe?? wong kene podo penggiringan opini kompresi 11:1 kudu pertamax plus seumur hidup

          makane aku cuma meluruskan kalau desain mesin dari produsen itu masih aman make premium kalau terpaksa dan kalau make pertamax lebih bagus

          mana ada orang bikin kelas mainstream di indonesia bensin wajib pertamax plus itu dihati sales kompetitornya saja..

  18. pengetesan itu khan waktunya tdk lama,

    beda ama pemakaian sehari-hari,

    makanya dikataken aman pake premium,

    karena dalem kondisi test, kondisi yg tdk konstant,

    artinya cuma sekali-kali doang, td k kontinue

    bedaken bahasanaya, ngak salah juga

  19. duh, om joko diserang FBy,

    padahal katanya FBy itu martabatnya tinggi,

    pinter dan nga ksumpah serapah

    ngak tau sapa mas joko yach?

      • jokosontoloyo ini tim swat saraf!! 😀 di ambil dan di didik di Rsj Grogol, ahamprett nih gmn ya?? petinggi koplaknya aj ngoceh linglung dgn jurus ngibul, rekrut tim swat idiotnya mentah2 dr rsj jd bikin tim swat linglung dongok 😀 Serba tdk nyambung,gmn mau laku jualnnya kl sgni aja sdh tak berkutik,bs tambah tak laku,mesin klotok2 protol,rangka pager kandang ayam putus

      • ane tau sijoko ini, sales oonda yg sdh lama mau ditendang dr dealer oonda mbitnya krn sdh lama tdk mencapai target penjualan,mau diberhentikan smpe mohon2 tdk dipecat krn kreditan mbitnya ms lama,nunggak lg, siang hari dilamer bagi2 brosur smbil make akik bututnya di semua jari berharap ad yg nawar krn buat tambahan bayar kredit mtr, yg dijauhi sesama sales ahampret krn sllu minta2 rokok batangan setiap hari 😀 muka tembok

    • bearti ni tekhnologi made in ahm jos banget y…

      moge” made in honda jepang aja kalah ma ahm..
      moge” pd ga brani minum premium pdhal kompresinya tinggi juga…

      tp knp moge” kompresi tinggi tidak dianjurkan minum premium om berbanding terbalik dgn motor cb150r n sonic r yg berkompresi tinggi juga..?

  20. gk apa apa…
    kalo petinggi ahm bilang kayak gtu berarti emamg aman …
    sok ah yg suka sama kedua motor ini silahkan borong..
    ane tunggu kabarnya setelah 1 thn…
    pada jebol kayak nya, apalagi yg suka pake touring…
    11,3:1 ya pertamax plus lah…
    gk usah neko neko…

    • Dulu pakai CS1 ’08 kompresi 10,7:1 pakai premium biasa saja tuh. Pas dijual tahun 2012 nggak ada masalah apapun di mesin. Top speed 128kpj on speedo, biasa jalan > 100km tanpa istirahat, normal2 saja. Ingat, dijual karena bosen ya, bukan karena ada masalah.

        • 10:7 itu mesin karburator dan sohc. Mesin injeksi punya pembakaran yang lebih baik, mesin dohc punya ruang bakar yang lebih ideal. Aku nggak akan kaget kalau 11,3:1 dikatakan bisa minum premium.

    • Jadi sederhananya bahwa kompresi yg tertulis di spek itu adalah kompresi kalo pakai bbm oktan tertinggi, saat diganti pakai oktan yg lebih rendah, maka mesin2 honda akan secara otomatis menurunkan kompresinya spy tdk nglitik. Betul2 canggih, ini yg tdk dimiliki kompetitornya… Kalo gitu harganya termasuk murah..

      • Situ mimpi? Setting injeksi aje masih pake obeng mau bisa otomatis ngatur kompresi. Hwehwehwe.
        Pabrikan tetangga maenannya udah upgrade software, upgrade modul. Lha honda ape? Upgrade obeng? Hwehwehwe.

      • 😀 mesin oonda kampret akan otomatis menurunkan kompresi???? hebatt bgt 😀 motor MOTOGP aj trcanggih dr segala motor tdk bs merubah kompresi scra otomatis,cebong yg ini bisa wakakakkakka hebat sihh hebat ngeles dan ngibulnya cocok jd pelawak

      • Tidak ada yang ngomong kalau motor honda ada knock sensor. Setahuku juga belum. Tapi kalau dari pabrik disetel minum premium, semua kendaraan lokal memang gitu, termasuk yamaha.

  21. apa karena mengejar euro 3 , mesti kompresi dinaekkan??,

    yg otomatis kualitas minumannya juga harusle bih bergizi?

    sehingga kentutnya juga ngak bau??

  22. TVS Tormax 150
    11,3 : 1

    Kawasaki Ninja 250 R
    11,3 : 1

    Kawasaki Ninja 250 SE
    11,3 : 1
    ===========

    ketiga motor di atas sama dgn sonic 150,

    mereka juga pernah minum premiun?

    ada berita ambrol ngak??????

    • yg ngerti kebutuhan mtr psti tau ap yg terbaik sesuai dgn spek mtr, spya dpt durabilitas,endurance dr mesin tsb, dan gw pribadi blm pernh liat ninja 250cc khususnya mesin 2 slinder yg ngisi premium, ne cebong yg lama saja protol klotok2 plgi yg ini wakakakakaka # tim swat mana nih kok ada bego2 😀 Dongok2 lagi

  23. jujur , setelah liat CB diOtomotifnet.com niat minangnya hilang !!
    harganya mahal ey , las-lasannya juga kurang rapi trus masak mau minum pertamax+ tiap hari ??
    saya bukan orang kaya , kalo orang kaya mah gak mau naik 150cc minimal 250cc !! jadi harga dan keiritan serta tampang sangat sensitif maklum saja .

    dngan tenaga yang beda tipis dan torsi kalah telak dari NVA yang notabenya minum premium , gmana kalo NVA juga minum Pertamax+ sama kek CB ?
    trus mosok , minum pertamax+ cuma 38km/l
    vixion aja naik santai minum premium bisa 50++km/l

    asli mengecewakan ,
    untuk apa full led ?
    kalo harganya mahal , kalo rusak kaca doang musti ganti 1set ?
    mending bohlam , rusak ganti modif LED
    bisa naik kelas (atau tetap bohlam harga murah meriah) !!
    mending , Pass beam dan engine cut lebih berguna .

    Kalo bigini , bukannya vixion killer namannya !!

  24. TVS Tormax 150
    11,3 : 1

    Kawasaki Ninja 250 R
    11,3 : 1

    Kawasaki Ninja 250 SE
    11,3 : 1
    ===========

    ketiga motor di atas sama dgn sonic 150,

    mereka juga pernah minum premiun?

    ada berita ambrol ngak??????
    ===============================
    Ambrol langsung tidak, tapi tenaga loyo, kerak dimana2, ngegelitik dan masalah lainnya.

    Apakah kendaraan anda pengen seperti itu??

  25. kalau yang ngomomg insinyur mesinya yang buat atau rancang mesin saya percaya
    tp klo yg ngomong director atau pemasaran yah pasti beda lah

    yg pasti mesin cepet panas sama nglitik utg masih ada radiator
    tenaga kurang tar diasepin sm saingan
    kalau untuk jangka pendek ya ga papa
    takutnya kejadianya setelah warranty abis

  26. hebat ya material downgrade kompresi 11, bisa minum premium :v

    kalah dong mercy, bmw n moge honda jepang sekalipun yg pake material yahut :v

    lewat masa garansi siap2 numpuk tuh lumpur (sukur2 ada cacingnya) :v

    yg rugi ? yg beli second

  27. kalo aripitstop yg fby artikelnya pasti kayak gini, coba baca yg fbh macam motogokil pasti lain lagi. hehehe #salamsatudunia #berbedaiturahmat

  28. Liat komentar pada berantem jadi pengen jelasin rasio kompresi statis dan dinamis, tapi takut diserang oleh para sales/fans buta merk, hehe…

  29. Mau diisi premium?? Bisa kok..
    Pakai paking head silinder dua lapis biar kompresinya turun,, tiap 1 thn sekali dijatah skir klep buat buang kerak yg nempel..Dah beres,,
    itu opsi buat para fbh yg pengen tampil keren dgn motor baru tp ngak mau keluar duit lebih buat bbm,,
    Jgn nanya performa krn pasti kalah sama Matic atau bebek yg harganya belasan juta..hueheheheehee,,

  30. nah mumpung rame nih warung masalah bbm…
    saya ada sdikit pengalaman nih…saudara sy pengguna vario wtf iss slalu pake premium…
    stelah setahun dia coba iseng2 bongkar mesin, sebenarnya tdk ada keluhan tapi cuman penasaran aja sama efek premium di motornya.
    abis bongkar buset dah itu lumpur tebel bangett padahal motor baru stahun, bayangin aja motor bertahun tahun sperti apa tuh mesin kalo dibongkar.

    Masih berani pakai premium di CR tinggi ?

    • Coba setelah setahun pakai pertamax juga dibongkar…
      BTW, lumpur apa hubungannya dengan oktan ya? Setahuku hubungan oktan dengan detonasi. Kalau sludge itu hubungannya dengan kandungan detergent. Dan itu berlaku di kendaraan apapun tidak soal rasio kompresinya.

      • emang ga ada

        tapi simple contoh nya gini

        lo milih mana

        minum air mineral yg udah steril apa minum susu tp udah kecampur kotoran ?

  31. ga sedikit kok yg pake CBSF pake bbm pertamax.. cuma konsumen dungu yg menjudge produk lain tanpa mengalami langsung proses pemakaian.. cm katanya katanya katanya..
    hebaat lah.. kata nya itu juga..

  32. huahahaha. Disini ada kerumunan fby bau. Honda dibece terus. Tapi kenyataannya yamaho jelas2 real 5D mesin ngobozz velg geol pelg ambyar dipuja. Yang goblogggg sapa. Dungu

  33. gampang mo nyehatin mesin banyak kerak. wong ada obat karbon cleaner. Gitu aja repot. Murah meriah lagi. Yang penting mesin handal tidak haus oli

    • Terus kenapa moge ga bisa?
      Jangan bilang karena moge ga dirancang untuk minum premium. Karena secara logika, dengan harga moge pastinya material mesin, durability & komponen yang dipake udah lebih berkualitas dibanding motor kelas entry level.

      Pabrikan ngetes motor pake premium bukan berarti itu motor aman dikasih premium tong. Hwehwehwe.

      • Maaf, logika anda tidak sampai. Moge tidak dirancang minum premium karena memang tidak dibuat untuk Indonesia. Lagian standar tenaga moge itu sangat kritis, karena itu nilai jualnya. Detonasi itu bukan soal kualitas material, tapi rancangan mesin dan perilaku penggunanya. Hanya hal sederhana seperti itu saja anda gagal paham.

        Fakta, R25 versi Indonesia tenaganya diturunkan. Coba tebak apa penyebabnya. Sekali lagi, itu kalau logikamu nyampai. Jangan lupa, siapkan obat sakit kepala dan turun panas buat jaga2. Mungkin memikirkan hal seperti ini akan bikin anda overload.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini