Selama ini yang kita ketahui tentang cylinder diasil adalah kalau cylinder sudah baret maka harus ganti baru karena tidak bisa dibubut karena hasilnya akan kasar dan membuat piston justru jadi cepat aus, lalu bagaimana jika hanya punya biaya minim alias mepet alias kantong cekak ? solusi ini hanya untuk sementara ya, yup saya ingatkan lagi hanya untuk kondisi kepepet atau memang sengaja mau bore up.

Yup, kalau cylinder bahan biasa jika sudah pernah di korter hingga ukuran maksimal dari piston standar yang biasanya sampai ukuran 100 maka harus ganti cylinder baru, Biasanya dari pabrikan menyediakan ukuran piston sari STD, 25, 50, 75 dan 100. Jika dwit mepet pasti hanya akan ganti boring saja alias ganti liner yang baru. Boring biasanya memakai bahan yang bukan dari pabrikan karena memang pihak pabrikan tidak menyediakan boringan, lalu bagaimana kualitas boringan ? tergantung bahan dan hasil bubutan serta pemasangan, makanya saya disini cuma menyerankan untuk yang mau menghemat biaya saja atau kantong kempes.

Jika umumnya boring dilakukan di cylinder biasa bagaimana dengan cylinder berbahan diasil seperti vixion, jupiter mx, ninja dll ? bisa kok, seperti info dari bro Dodi W ini, cylinder vixion bisa ganti boring dan untuk piston sesuai selera masing2, mau masih ukuran standar atau mau sekalian bore up juga bisa, nach kalau bore up biasanya memang sengaja untuk ganti boring. Tapi sekali lagi saya ingatkan ini untuk kondisi kantong kempes ya… kalau hasil yang bagus pastinya ganti cylinder yang baru yang harganya bisa 300ribu lebih kalau ganti boring kisaran 100-200ribuan saja.

Nich contoh hasil boringan,

BORING CYLINDER VIXION (3)

Setelah dipasang piston,

BORING CYLINDER VIXION (1)

Sebelumnya proses pembubutan dan pemasangan liner /boring, cylinder dibubut kemudian liner baru dimasukkan ke cylinder dengan cara dipres, kemudian liner baru dikorter sesuai ukuran piston.

BORING CYLINDER VIXION (2)

Berikut perbedaan antara cylinder asli dan hasil boringan,

Cylinder asli ( sebelah kiri ) bibir cylinder tampak polos.

Cylinder boringan ( sebelah kanan ) di bibir cylinder ada liner baru.

blok-mx-4

Lalu apa efek boringan ?

  • Pastikan minimal daging liner yang menempel di cylinder memiliki ketebalan 5mm agar mesin tidak cepat panas. Kalau tipis, berakibat panas dan suhu mesin cepat naiknya. Akibatnya oli mesin jadi gampang menguap. Lebih repot lagi, boring yang tipis mudah memuai dan juga gampang bikin macet mesin.
  • Jika hasil boringan miring maka piston cepat aus dan akan timbul bunyi bahkan dalam kondisi lama stang piston akan ikut bergeser yang akibatnya bearing stang piston akan oblak dan timbul bunyi berisik.
  • Jika hasil bubutan kasar maka piston dan ring piston akan cepat aus dan ngebul.
  • Jika hasil korteran terlalu mepet/rapet bisa mengakibatkan piston ngejem atau macet.
  • ada yang mau nambahin ?

Jadi ini solusi ketika kantong cekak saja ya… kalau untuk bore up ya… memang mesti tanggung segala resiko.

Advertisements

38 KOMENTAR

  1. Vixion kan sudah biasa kalo mau boreup sampai 200cc harus dilapisi boring atau liner dulu

    tapi untuk silinder tipe Diasil / Alusil kalo baretnya tipis aja sepertinya masih bisa diperhalus kok, cuma biasanya orang kalo mau bongkar mesin lebih baik boreup sekalian

  2. dear kang ari mohon infonya NMAX setelah pemakaian beberapa bulan oleh kang ari, apa plus minusnya, saya rencana mau ambil NMAX tapi masih pikir2 antara ambil Nmax ato vixion,

  3. jujur , setelah liat CB diOtomotifnet.com niat minangnya hilang !!
    harganya mahal ey , las-lasannya juga kurang rapi trus masak mau minum pertamax+ tiap hari ??
    saya bukan orang kaya , kalo orang kaya mah gak mau naik 150cc minimal 250cc !! jadi harga dan keiritan serta tampang sangat sensitif maklum saja .

    dngan tenaga yang beda tipis dan torsi kalah telak dari NVA yang notabenya minum premium , gmana kalo NVA juga minum Pertamax+ sama kek CB ?
    trus mosok , minum pertamax+ cuma 38km/l
    vixion aja naik santai minum premium bisa 50++km/l

    asli mengecewakan ,
    untuk apa full led ?
    kalo harganya mahal , kalo rusak kaca doang musti ganti 1set ?
    mending bohlam , rusak ganti modif LED
    bisa naik kelas (atau tetap bohlam harga murah meriah) !!
    mending , Pass beam dan engine cut lebih berguna .

    Kalo bigini , bukannya vixion killer namannya !!

  4. Lololo katanya almunium.. ko malah Kropos Bolong tayengen.. Pembohongan publik dari yaMaho kayaknya udah biasa di lakukan ya.. kasihan FBYaMaho nya di kibulin trus..

  5. Itu DeltaBox apa Delta Seng ya.. ko keropos kayak pagar seng Bantar Gebang gk karuan gt…?? parah banget kwalitasnya yaMaho……

    • rangka deltabox yamaha itu sambungan alumunium dan besi…lihat tuh bagian depan(komstir) sampai pada las-lasan yang ada tulisan deltabox itu bahannya ALUMUNIUM sedangkan bagian bawah yang keropos sampai bagian belakang adalah BESI..jadi wajar aja karena yang keropos adalah bagian BESInya apalagi kalo motornya sering kena air hujan atau malah air laut yang mengandung garam dan yang punya motor gak langsung nyuci motornya, maka BESI akan berkarat dan keropos

      jadi orang gak usah terlalu fanatik merk sehingga kelihatan oon

  6. mending nmax ajadari pada motor batangan, apalagi yg punya anak istri sama sering belanja, repot bawa motor sport, beli sate di bungkus aja repot itu, kresek di gantung di stang kiri..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here