iklan iwb

motor terbakar

Kejadian di surabaya ini bro, motor tiba2 terbakar di tengah perjalanan dan pemilik motor tidak sempat menyelematkan motornya karena api terlanjur membesar dan menghanguskan motornya. Kejadian ini menjadi perhatian buat kita terutama para pemudik yang menaiki motor pastikan kondisi motor kita aman.

Mudik menggunakan motor lebih baik motor dalam kondisi standar asli panrikan jangan sampai ada modifikasi ekstrim apalagi di bagian kelistrikan, sering saya lihat motor2 yang dipakai buat mudik pasti ada lampu  tambahan terutama lampu kolong agar motornya terlihat keren saat riding malam, motor sich jadi keren tapi resiko yang ditanggung juga tidak akalh keren, bisa2 perjalanan mudik menjadi petaka ketika motor kita terbakar karena sesuatu hal yang sepele.

Buat para pemudik cek sekali lagi motornya jangan sampai di kampung malah pakai motor yang terbakar, atau malah nggak jadi pulang kampung.

Apa penyebab motor terbakar ?

1. Lebih banyak terjadi karena faktor konsleting listrik.

Faktor kelistrikan paling banyak penyebab motor bisa terbakar, yang paling fatal adalah adanya tambahan accesories kelistrikan tambahan seperti lampu box, lampu hazard, lampu led, klakson keong dll, kenapa tambahan accesories bisa mengakibatkan kebakaran ? faktor utama karena kualitas kabel, pasti kabel accesories kecil2 dan tidak kuat menahan beban kelistrikan di motor, kabel tersebut tahanannya kecil sehingga mengakibatkan timbul panas dan kabel terbakar berakibat konsleting dan membakar keseluruh kabel kodi akhirnya motor terbakar.

Hati2 saat memasang accesories kelistrikan, pastikan yang terpasang di motor benar2 aman, jangan tergoda rayuan penjual, semua penjual pasti bilang yang di jual bagus.

Beberapa penyebab kebakaran di motor :

2. Ada kebocoran bahan bakar.

Cek selalu kondisi motor sebelum riding, cek kondisi tangki yang sudah bocor yang biasanya karena karatan, apalagi tangki yang sudah ditambal pakai lem tetap rawan kebocoran, bensin mrembes lama kelamaan netes ke mesin yang kondisi panas dan bisa menimbulkan api. Cek kondisi selang saluran bensin ke karburator apakah bocor atau tidak, jika di sekitar motor timbul bau menyengat segeralah motor di cek bila perlu segera di bawa ke bengkel. Apalagi untuk motor injeksi jika ada kebocoran di selang bensin segera ganti karena bensin di semprotkan dengan tekanan tinggi oleh fuel pump dari tangki menuju selang sehingga selang dalam kondisi ada tekanan jika selang bocor dipastikan akan ada semprotan bensin yang mengucur keluar.

3. Faktor Human Eror.

Human eror disini bisa terjadi karena kesalahan user atau faktor kecerobohan orang lain, misalkan karena saat tutup tangki terbuka sampeyan sambil merokok dan ada uap bensin menyambar api rokok dan terjadi kebakaran dll. Keasalahan mekanik karena service motor sambil merokok…( sudah kejadian dan kondisi mekanik luka bakar tingkat 2 dan motor ikut terbakar habis bahkan nyamber ke motor lain).

Advertisements

7 KOMENTAR

  1. Dari pengalaman, kebanyakan dari konsleting.
    Lebih baik gunakan fuse standar, kadang bikers kurang paham mengganti fuse putus dg fuse ampere lebih besar malah 2-3x ampere standar. Kan itu bahadur, terjadi arus pendek bukannya putus itu fuse, malah iso dadi gambar di atas.

  2. Kejadian kebakaran motor saat riding kejadiannya cenderung pada motor sport / batangan. Tangki bocor, sedangkan posisi koil tepat di bawah tangki. Dusss…. Syerreeem….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here