rossi vs marquez

Rossi menapak karirnya sebagai juara dunia di Moto GP sejak era masih 2 tak tahun 2000 silam saat masih 500cc. Tujuh kali gelar dengan menjajal beberapa kelas 990cc, 800cc dan sekarang ini 1.000cc di tim Honda, Yamaha, Ducati lalu kembali lagi ke Yamaha, Sedangkan rossi juga pernah menjuarai di kelas 125cc dan 250cc jadi sudah 9 gelar juara dunia dia raih.

marquez vs rossi

Marquez pertama kali terjun di kelas 125cc tahun 2008 bersama tim Repsol KTM 125cc, márquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Mengawali debut di balap profesional hingga akhirnya dia bisa juara di kelas 125cc ini bersama tim Red Bull Ajo Motorsport tahun 2010 silam setelah 3 tahun terjun di kelas capung. 2011 awal marquez naik ke Moto2 dan langsung menggebrak dengan meraih posisi kedua di klasemen akhir hingga akhirnya tahun 2012 berhasil menjadi juara dunia kelas Moto2 bersama Team CatalunyaCaixa Repsol. Tahun 2013 menjadi tahunnya baby alien… menjadi rookie dan pebalap termuda yang berhasil meraih juara dunia kelas wahid mengalahkan rossi dkk, bahkan tahun 2014 kembali juara dunia diraihnya namun untuk tahun 2015 ini dia harus bersaing ketat dengan rossi dan lorenzo.

Marquez menganggap rossi sebagai idola sekaligus guru buat dirinya sedangkan rossi justru masih belajar juga dari marquez untuk bisa mengimbangi balapan di era modern namun tentunya dengan beda gaya, style rossi beda dengan marquez tapi gaya riding marquez hampir mirip dengan gaya rossi hanya saja tingkat emosional dan suka sruntulan itu beda gaya dengan rossi, tentunya faktor pengalaman juga sangat berpengaruh. Seperti ketika balapan di assen kemarin bisa dilihat dari gambar dibawah ini, bisa dilihat posisi marquez saat overtake rossi dan bandingkan ketika rossi overtake marquez. Yup…tapi ini hanyalah satu kejadian yang tentunya tidak bisa mentukan sifat gaya riding sepenuhnya namun bisa menjadi gambaran antara pebalap sudah kenyang dengan pengalaman.
Marquez masih harus banyak belajar lagi dari rossi.

marquez vs rossi 1

Advertisements

14 KOMENTAR

  1. melihat marq saat ini, seperti melihat masa muda rossi yang juga sering mendapat komentar miring dengan gaya late overtake yang ngepres dengan lawan, kritikan itu tidak merubah gayanya tapi memperbaikinya hingga bisa seperti saat ini. marq sudah berada dijalur yang benar jika ingin menimba ilmu sebelum rossi pensiun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here