lampu smoke

Rasa ikut penasaran ketika melihat status yang ada di grup info cegatan jogja ”salam aspal gronjal”, yup… ada yang bertanya ”ada yang sudah pernah ketilang karena lampu smoke ?” nach karena salah satu pertanyaan diatas saya coba cari2 informasi tentang masalah ini. Setelah saya cari2 informasi ada dua dasar hukum yang bisa membuat motor ketilang karena modifikasi lampu menjadi smoke.

Dasar Hukum:

1.    Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (klik disini ).

2.    Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. (klik disini ).

Pada UU nomor 22 tahun 2009 pasal 48 ayat 2 huruf A disitu disebutkan lampu utama baik lampu dekat atau jauh wajib warna putih atau kuning muda. Nach dari situ bisa disimpulkan kalau lampu smoke asal masih warna putih dan kuning masih aman asal jangan smoke warna hitam yang kebanyakan terpasang, tapi…setelah baca PP NO 55 tahun 2012 pasal 24.

Pasal 24 (1)

Lampu utama dekat dan lampu utama jauh sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 selain Sepeda Motor harus memenuhi persyaratan:

  • a. berjumlah 2 (dua) buah atau kelipatannya;
  • b. dipasang pada bagian depan Kendaraan Bermotor;
  • c. dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) milimeter dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400 (empat ratus) milimeter dari sisi bagian terluar Kendaraan;
  • d. dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 (empat puluh) meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 (seratus) meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.

Nach setelah membaca pasal 24 huruf D disitu jarak pancaran lampu minimal 40 meter, kalau jarak pandang setelah pasang smoke bisa lebih dari 40 meter berarti masih sesuai standar tapi kalau dipasang smoke terlalu gelap dipastikan dech sampaian bakal kena tilang. Tapi sampeyan sudah tahu seperti kasusnya ambang batas suara knalpot motor ? polisi nggak mau tahu pokoknya pakai knalpot bukan aslinya langsung ditilang.

Memang sich seharusnya polisi lalu lintas saat menilang harus sesuai dasar hukum juga sesuai ketentuan yang ada namun karena dasar peralatan yang minim pula maka asal tidak sesuai peraturan langsung ditilang.

Pendapat sampeyan bagaimana tentang lampu smoke ini ? monggo diskusikan…

39 KOMENTAR

  1. Maaf saja, tingkah2 ala alay ginian memang wajib ditindak tegas koq. Tujuannya motor dikasih lampu kan supaya motornya kelihatan dan lampunya bisa menyoroti lingkungan (khususnya depan) dengan baik.

    Lah ini lampu yang sudah bagus malah ditutupi dan diredam cahayanya dengan kaca smoke atau stiker. Piye cuk?

  2. Menurut saya sih pantes ditilang….kalau memang mau pake smoke beli motor yg dari sononya emang udah lampunya smoke karena udah lulus uji industri bukan pake sticker2an….tapi biar adil mestinya mobil pengguna kaca gelap banget juga di tilang sih 😀

    • mobil gak bakal ditilang..malah dikasih fasilitas paling nyaman.
      bebas masuk jalan tol, bebas di jalur cepat maupun lambat, bebas parkir di pinggir jalan, bebas lewat thamrin, bebas kaca gelap, bebas gak menyalakan lampu di siang hari, bebas razia..dan banyak lagi kebebasan lainnya.
      makanya jangan motoran..mobilan aja..ngoahahah….

  3. standaran ajah lebih elegan hahaw, kembali lagi ke selera masing2, pengen aman y setandar pabrikan,

    sedikit curhat aja nih gan, kadang kala ada yg nge semoke lampu reting naah itu yg bikin nyebeliiiin 100% , jd kalo keadaaan terang disiang hari rada g kliatan, jd kasian sama pengendara motor diblakangnya

  4. polisi kita inginnya di anggp profesional mngbdi utk msyrkt… knytaany kinerjanya bro… msih jauh dari kata profesionl n mengbdi utk masyrakat kalngn atas tok

  5. Kalo di Bandung juga udah pasti kena tilang tu mas. Tapi kalo oprasi simpatik cuma dikasi peringatan + suruh klentek di tempat. Pernah juga liat ada yang dimarahin abis”an sama polantas gara” lampu depan di kasi stiker smoke tapi warna merah.

  6. Ane jg kebetulan pemakai smoke pada lampu blakang untuk menutupi mika yg pecah..ane akuin memang akan berkurang pencahayaannya akan tetapi yg saya sayangkan banyak yg memakai skotlet di dobel tidak tahu apa tujuan dr hal tersebut.akan tetapi memakai lampu skotlet untuk lampu depan sangat fatal karena mengurangi kemanan bagi sendiri dan orang lain yg matanya sudah rabun…trimakasih

  7. Tapi kalo lampunya bikin sakit mata orang ( HID/LED), terus di pakein skotlite malah enak diliatnya,, intensitas cahaya yg di biaskan sama kayak gk pake skotlite, orang yg liat dari arah yg berlawananpun sama kayak lampu standar liatnya, jadi sama-sama enak dari si pemakai ama orang lain yg berkendara,, itu sih cuman ngebuktiin,, ( ane netral aja gk nyalahin kedua pihak) .

  8. Punya ku tadi aku skotlet kuning kan aslinya led,,,, aku skotled kuning kan biar kalo hujan gak mantul,,,,, tapi kok tetep kena razia,,,,,

  9. Klo poenya ku mobil jadul ” maestro ” dh bocor, warna bulak, velg pada cuil”, mo pake lampu smoke…cb bayangkan…..bisa di ketawain keong om….xixixi.

    Lampu nyala ajah dh bersyukur……klo ada yg lg khilaf atau baik hati boleh dech kasih onderdil yg bs di pasang di maestro ku…hhhh.

    Thx sob atas inpoh nyah yah.
    Da wkt main ke blog ku yg masih konyol….

    Bye

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini