iklan iwb

Jika kang bro rutin melakukan service gratis sesuai waktu yang ditentukan pada panduan dan buku service gratis,maka pada kilometer 10.000 atau maksimal 10 bulan dari tanggal pembelian sudah waktunya service gratis yang terakhir yaitu ke empat.Lalu apa saja yang mesti kang bro lakukan ?

Jika motor xeon rc kang bro untuk service gartisnya dilakukan setiap bulan berarti hanya dalam waktu 4 bulan saja kartu service gratis sudah habis,tapi jika kang bro melaksanakan service gratisnya sesuai yang tertera di buku maka pada saat service gratis ke 4 selain service gratis kang bro akan mendapatkan air radiator gratis.Coba kang bro baca buku pedoman pemilik/buku service,pada kilometer 10ribu dianjurkan untuk ganti :

1.Oli mesin, sudah wajib hukumnya untuk oli mesin, Harga oli power matic 36ribu.

2.Oli gear, untuk oli gear maksimal penggantiannya setiap 10ribu kilometer tapi alangkah baiknya kang ari anjurkan setiap 5ribu kilometer harganya cuma 12ribu.

3.Air radiator, dianjurkan ganti setiap 10ribu kilometer juga, pada saat service gratis ke4 dapat gratis dan jika pada saat kang bro melakukan service gratis ke 4 tapi kilometernya belum sampai 10ribu maka air radiator dibawa pulang saja penggantiannya nanti saat sudah 10ribu kilometer, lumyan ngirit 32ribu.

4.Busi, untuk busi pihak pabrikan menganjurkan penggatian setiap 5ribu km, harganya 12.500.

Pada saat service dipastikan juga agar mekanik mengecek kondisi kerengggangan klepnya, untuk kerenggangan klep belum tentu distel karena sekarang sudah memakai roller rocker arm yang membuat kerenggangan klep tidak mudah renggang. Juga kondisi filter udara karena untuk filter udara xeon rc tipe basah dan dianjurkan ganti tiap i6ribu km tapi karena kondisi jakarta /kota2 besar polusi udaranya sudah parah biasanya filter udara lebih cepat kotor dibandingkan kondisi lingkungan pedesaan/pegunungan.

Cek kondisi kampas rem depan juga kampas rem belakang, kondisi kampas rem depan lebih cepat aus dibandingkan kampas rem belakang.

Diluar service gratis yang hanya mengeluarkan uang untuk pembelian oli mesin 36ribu dan busi 12.500, kang ari anjurkan untuk mengecek kondisi roller dan penggantian greas cvt (gemuk khusus cvt) agar kondisi komponen cvt tidak cepat aus karena greas sudah berkurang, biaya service cvt rata2 dipatok jasa 35ribu dan harga greasnya 15ribu.

Dan yang terakhir untuk xeon rc yang minum premium dianjurkan untuk service injeksi,jika pakai pertamax/plus untuk service injeksi bisa lakukan pada kilometer 15-20ribuan saja. Karena jika pakai pertamax biasanya kondisi throtle bodi dan injektornya cukup bersih tergantung kondisi filter udaranya. Jasa service injeksi rata2 dipatok 40ribu.

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Lha.. XGT Ane dah servis ke 4 ko ga dapet yah? Malah ane beli sendiri 2 botol gear oil’y? Yamacoolant ane jg beli sendiri coz sempet sambungan radiator’y dari sono’y kurang rapet 1 jd ngerembes, tp udh fix skrng mah.

  2. Mas ari, ane pnya old vixion Km udah menunjuk 50ribuan. Mesin msh ok, apakah harus servis besar mas ari ? Perkiraan biaya brp mas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here