image

Hari Pertama Touring Yamaha Tour de Soul berangkat dari DDS jakarta jam 9 pagi, ketika prepare untuk start, saya tengok kondisi volume bensin ternyata full sampai bibir tutup tangki artinya volume BBM yang diisi Pertamax ron 92 ini adalah 4,2 liter sesuai spesifikasi yang tertera di website yamaha.

image

Jepret odometer sudah jalan 42,8 km, gaaaspol… mampir dulu ke monas lanjut masjid istiqlal dan mulai perjalanan menyusuri sepanjang jalan pantura. Yup, yang namanya touring dikawal oleh patwal pastinya kita mengikuti irama kecepatan mobil patwal, jika kondisi jalanan sepi motor bisa digeber sampai 100 kpj meski jarang banget bisa sampai kecepatan 100 kpj karena kondisi jalan pantura bergelombang dan banyak lubang, rata2 kecepatan sekitar 60-80 kpj saja.

image

Perjalanan sampai subang sudah jam 2 siang bro ternyata mampir di restoran Mak Pinah, ketika di warung Makan mak Pinah kondisi volume bensin sudah tiris di garis merah, motor yang saya pakai saya request untuk diisi 2 liter Pertamax ron 92 saja agar mudah dalam perhitungan konsumsi BBM All New Soul GT ini.
Sampai di tegal sudah jam 9 malam dan saya cek angka odometer di angka 380,3km, perjalanan dari jakarta jam 9 pagi sesampainya di tegal jam 9 malam perjalanan sekitar 12 jam dengan kondisi mampir2 di banyak tempat wisata yang kita lewati.
Mari kita hitung perjalanan dari jakarta sampai tegal menempuh jarak 380,3km-42,8km hasilnya dalam etape pertama ini rombongan Tour de Soul menempuh jarak 337,5 km. 337,5 km dibagi Konsumsi BBM 4,2 liter ditambah 2 liter menjadi 6,2 liter. Jadi menempuh jarak 337,5 km motor All New Soul GT minum sebanyak 6,2 liter jika dikalkulasi maka konsumsi BBM All New Soul GT untuk touring kali ini bisa tembus 54,4 km/liter. Piye bro? Motor matic 125 cc perjalanan touring bisa tembus 54,4 km /liter nya.

Advertisements

29 KOMENTAR

  1. Termasuk boros utk motor injeksi dg teknologi bluecore… Kalah irit dg matic suzuki (skywave/skydrive) yg masih karburator dan lebih berat dibanding motor ini…

  2. Posisi bbm di tangki apa sudah habis ketika sampai?
    kalau belum ya masih belum valid datanya. Karena ada kemungkinan masih bisa berjalan lebih jauh lagi. Kecuali motornya sampe mogok ya itu baru valid.

  3. Punya ane soul gt 125 itu boros bgt bro, gatau apanya yang salah.. Tp kalo dibanding mio j ane tu jauh bgt, dan kadang indikator bbmnya gak akurat, di posisi empty kadang isi fulltank pertamax 25rb kadang 20rb,, ane pp 40 km harus isi 25rb

    • Sama..saya baru beli sekitar 3 mingguan, tp rasanya kok boros banget, klo d hitung baru dapet +- 100 kilo meter jarum sudah di garis merah, padahal sebelumny full tank pertamax,pas make mio j teen kakak dl gak seboros ini, emang beda cc tp kan ini sdh bluecore..harusny bedalah,klo tau boros begini dl gak beli, tp sudah terlanjur y sudahlah.syukuri aja..

    • Iya sama nih punya ane juga boros, padahal masih baru, nenggak selalu pertamax, PP 10km kecepatan max 60 aja udah turun 1 bar setengah. apa karena blm servis pertama ya. dibanding vegazr ane masih lebih irit.

      • Sy baru dua minggu sdh minta d servis,karena penasaran kok boros barangkali bs d setting lg injeksinya, ternyata smpe bengkel yamaha cuman d ganti oli doank..sy tany mekanikny injeksiny bs d setting gak kok boros banget 1 liter pertamax kok cuman 30 kiloan meter, jawabany malah ,ya emang seliter dapet segitu mas, pikir sy klo seliter cuman dapet segitu lama kelamaan, nie matic gak ada yg mo beli..hadeuh..

  4. Soul gt 125 koyok anjing. Irit teko omongan cangkeme deler kan ngunu supoyo laris
    Ontong dak tuku aq.
    Seng duwe deler soul gt 125 uwonge koyok cangkeme anjing..

    • mmm semua kembali pada slera masing masing

      Menurut saya iritan pake speda.. Bisa nabung
      Lumayan kan?
      Dr pada buat beli bensin 10 rb / liter x berapa kali isi udah berapa tuh?

      Kalau jauh pakai aja angkutan

      Itung2 tertib hehe

      Menurut saya semua motor boros
      Kecuali gak di pake

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here