Banyak biker mengabaikan hal sepele yang satu ini, filter udara dilepas atau dibolongin dengan tujuan pasokan udara yang masuk ke karburator atau throtle body jadi ngeplong dan akslerasi motor jadi tambah ngacir.

Memang setelah lepas filter udara atau melubangi filter udara akslerasi motor bisa lebih ngacir tapi tahukah sampeyan akibat yang ditimbulkan ? pasti nggak bakalan mikir sampai situkan… yang namanya filter udara fungsinya buat menyaring kotoran agar udara yang masuk ke ruang bakar bersih.

KARBU KOTOR (1)

Jika di karburator/throttle body tidak ada filter udaranya atau filter udaranya dilubangi maka udara dengan bebas akan masuk ke lubang venturi karburator / TB dan langsung ngacir ke ruang bakar melalui intake manifol dan klep intake. Jika udara di sekitar kita bersih tidak masalah, kalau udara di sekitar kita kotor seperti jalanan macet di jakarta yang penuh dengan polusi maka udara kotor melenggang bebas masuk ke ruang bakar. Lalu apa efeknya jika kita melepas filter udara atau merobek/melubangi filter udara ?

  1. Kondisi karburator/TB akan cepat kotor. Jika udara kotor setiap hari masuk maka kotoran akan menumpuk di ruang venturi karburator dan berakibat motor bisa mbrebet karena lubang2 dikarburator bisa mampet bahkan pilot jet dan main jet bisa mampet.

  2. Kondisi manifol pasti akan ikut kotor juga karena tumpukan kotoran yang tidak disaring oleh filter udara, jika manifol kotor maka semprotan bahan bakar dari injektor atau kabutan bahan bakar dari spuyer karburator akan terhambat oleh kotoran yang menempel di manifol alhasil performa motor berkurang.

KARBU KOTOR (5)

  1. Dari manifol udara menuju ke klep sebelum masuk ruang bakar, nach… disinilah letak efek paling bahaya karena jika tumpukan kotoran di karburator dan manifol sudah tebal dan udara yang masuk kotor atau bahkan kerikil( batu kecil) bisa masuk karena tidak ada filter udara, jika batu kerikil tadi masuk ke klep pasti klep akan bengkok dan motor akan mogok karena ngempos hilang kompresi.

Masih di seputar klep, karena tumpukan kotoran di klep semakin tebal maka semakin lama tumpukan kotoran semakin tebal dan mengeras saat ada kotoran yang terlepas maka kotoran ini bisa menempel/terjepit di bibir klep alhasil kompresi jadi hilang dan motor mogok.

  1. Dari klep lanjut udara di salurkan ke ruang bakar, karena udara kotor dicampurkan dengan bahan bakar maka hasil pembakaran di ruang bakar akan menghasilkan endapan atau karbon yang menempel didinding ruang bakar dan kondisi ini akan mengakibatkan kompresi jadi tinggi, motor cepat panas dan piston cepat aus.

byson (7)

  1. Satu lagi efek dari udara kotor masuk ke ruang bakar, piston bisa baret karena adanya kotoran yang masuk keruang bakar. Kotoran ini akan menggesek piston yang bergerak naik turun semakin lama piston jadi baret alhasil motor jadi berisik dan kompresi berkurang motor bisa mogok juga.

Jangan lupa ganti filter udara tipe kering maksimal setiap 10ribu km dan untuk tipe basah maksimal setiap 15ribu km, Sekian semoga penjelasan diatas bisa menambah pengetahuan kita semua, kalau ada yang kurang silahkan saling share…

KARBU KOTOR (2) KARBU KOTOR (3)

Advertisements

32 KOMENTAR

    • Sgt setuja…itu mungkin motor/mobil dah gak kepake.kali dipotoin…sebab blm pernah nemu ampe kayak gitu…kexuali dah puluhan taun gak pernah sercice kali

  1. Wah kesindir nih gue..Mx 07 udah 3 th filter udara kertasnya gue lepas tinggal kawatnya doang aksel n topspeed nambah suaranya juga jadi lebih halus. Alhamdulilah sampe skrng masih enak aja padahal jarang servis karbu apalagi mesin, mungkin udara di daerahku termasuk bersih n yg penting rutin ganti oli + sekali2 kasih carbon cleaner…

  2. Artikel mendidik…jjoosshh…? , moto GP aja pake filter , mosok motor sembalap jalanan copot filter…..malu sama embek….meong…meong…meong…..

  3. pengalaman dulu masi o’on… filter udara bukan dibolongin, tapi sekalian dicopot box filternya…. alhasil motor waktu hujan langsung brebet…. dan esoknya turun mesin.
    setelah diperiksa kerikil masuk bikin patah setang seher….

  4. ane baca di paduan metik sekarang filter udara gak bisa diservis, tapi tiap ke ahass atau bengkel umum kok perasaan dibersihkan ya dikasi bensin sama disemprot.
    yg bener gimana ya?

  5. Mungkin mekaniknya penasaran, sama kyk karet vakum karbu kan gk boleh kena bensin, ini malah sama mekanik beres dicuci pake bensin, saya tanya di ngaku tahu SOP tp ya itu klo gk dicuci kyk gk bersih. Kebetulan mekaniknya temen jd saya tegur, hehehe …

  6. busettt karbu gue full open filter tanpa kotak ga sampe segitunya, buset itu mah yg punya 2 tahun kaga di servis :/ ekstrim sekaleee hehehee kalo mau motor kenceng jgn lupa sering servis juga 😉

  7. Maka nya servis rutin … itu mah motor asal pake doang gak pernah di rawat yaa itu akibat nya … pengen enak ngerawat gak mau …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here