sim

”Baru tau aq Pak Polis sim B2 segitu harganya, kok beda jauh ya d wilayah kalimantan sampai 1,5 juta,”. Biaya pembuatan SIM bisa sampai 1,5 juta rupiah ? inilah salah satu komentar yang ada di status Divisi Humas Mabes Polri.

Seperti yang tertera di harian kompas, pembuatan SIM B mencapai 1,5juta di daerah kalimantan. Dari status yang dirlis oleh Divisi Humas sebenarnya info yang sangat bermanfaat karena kita bisa tahu berapa sebenarnya biaya yang diperlukan untuk pembuatan dan perpanjangan SIM, namun yang ada malah di status itu banyak netizen yang berkomentar bahwa infot tersebut dibilang Hoax karena fakta di lapangan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Info lanjutan dari Divisi Humas bahwa biaya ini berlaku nasional jadi seharusnya seluruh indonesia sama hanya penyesuaian sedikit saja.

Divisi Humas Mabes Polri

Sosialisasi Biaya Penerbitan SIM, Sesuai dengan PP No. 50 Tahun 2010 dan berlaku di seluruh wilayah RI catatan : Biaya tersebut belum termasuk biaya Asuransi dan Kesehatan
Berikut cuplikan beberapa komentar yang ada di ststus Divisi Humas Mabes Polri :

 

 

 

 

sim sim 3 sim 1

 

Yup, sang admin juga membalas komentar yang ada disana bahwa kalau ada oknum yang curang atau ada indikasi calo disitu maka diharapkan untuk melaporkan ke pihak berwajib/terkait. Nach yang jadi pertanyaan apakah keluhan itu bisa ditanggapi ?. Inilah pekerjaan rumah yang amat sangat besar karena hal sekecil apapun itu mengandung korupsi seharusnya bisa diberantas terutama dari divisinya sendiri. Sebenarnya peran masyarakat juga penting karena jika kita diam saja maka budaya ini akan tetap mengakar hingga anak cucu kita.

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Mas, aku wingi gawe ning SIM keliling kok keno 105,000 yo nggo perpanjang SIM A? Ora telat, malah isih seminggu sebelum habis masa berlaku.

  2. Seringkali petugas banyak yg menyalahkan pengendara dalam kecelakaan lalu lintas. Kesemrawutan dan kemacetan ibukota pun yg dipersalahkan dalam komen2 petugas di acara 68 adalah “pengendara yang kurang sadar aturan lalu lintas”. padahal dalam kenyataannya banyak pengendara yg punya SIM dgn Cara yg inappropriate. Nah, penerbit simnya kan pihak yg bersangkutan. Kalo jalanan semrawut, ya mereka juga yg bikin. Pernah ane kecelakaan disrempet motor, pas dicek punya SIM sih memang. Tapi keluarganya mnt maaf krn anaknya punya keterbelakangan mental. Piye, bukannya diskriminatif, tapi org yg punya keterbatasan mental masa bisa punya SIM C yg sama persis jg. Aya aya wae. Ane cm ngelus Dada. Maapin tu org, Dan plng DLM keadaan besot2 kaki, motor lecet, setang bengkok. Keadilan? Tanyalah pada pihak yg berwenang.

  3. itu baru SIM, belum yang disamsat, baru ambil formulir aja dimintai 20-25rb, gesek noka nosin, dimintain lagi, ambil bpkb dimintain lagi, jelas2 gak ada kuitansi resmi loh itu alias pungli, coba saja klo ambil formulir 25rb kali sehari ada 100orang, udah dapet 2,5jt tuh oknum polisi, kali 22hari kerja dapetnya 55juta perbulan hasil PUNGLI! gila gak tuh, itu baru kelas jongos, belum jendral2nya…AMPUN DAH!!!

  4. Di Medan setiap pengurusan SIM A / C / B baru harus mengikuti Ujian untuk mendapatkan sertifikat kelulusan Ujian yang sudah di tunjuk oleh kepolisian di Medan.
    Saya kemaren buat SIM A baru, saya bayar 420rb untuk mengikuti uji teori dan uji praktek. Setelah semua Ujian lulus, saya di berikan sertifikat dan hasil ujian teori.
    Saya langsung ke kantor polisi yang ditunjuk untuk pengurusan sim dan saya mendaftar dengan biaya formulir 120rb + 20 rb periksa dokter = 140 rb. Disini saya mengikuti Uji teori kembali, setelah diumumkan lulus saya di arahkan ke bagian Uji praktek. Di uji praktek ternyata cuma disuruh mengisi formulir dan setelah itu di berikan sobekan kertas no registrasi untuk di arahkan ke bagian Foto SIM, setelah menunggu antrian foto akhirnya saya di panggil untuk foto dan setelah selesai disuruh kembali esok hari untuk pengambilan SIM.
    Total yang di keluarkan untuk pembuatan
    SIM A sekitar 560rb (420+120+20)
    SIM C sekitar 540rb (420+100+20)
    Untuk SIM B atau roda 6 saya lupa….( lebih mahal lagi ) πŸ™‚

    Itu saya lalui semua tanpa memakai calo/orang lain.
    butuh 1 harian untuk pembuatan SIM baru, yang paling lama adalah menunggu Antrian nya πŸ™

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here