fun city touring (8)

Salah satu fitur yang disematkan di Mio M3 125 adalah adanya fitur ECO Riding, fitur ini bekerja dengan baik ketika kita berjalan dalam rentan kecepatan 20-60kpj serta membuka dan menutup gas dengan perlahan tanpa dibetot alias agresif memainkan gas. Pada saat kita berkendara dalam kondisi Eco yang berarti konsumsi bahan bakar semakin irit maka sinyal lampu Eco yang berwarna hijau di speedometer akan menyala, semakin lama dan sering sinyal Eco ini menyala maka semakin irit pula konsumsi bahan bakarnya.

Untuk membuktikan fungsi Eco yang sebenarnya pada hari senin 16 februari 2015 kemarin yamaha mengadakan ”Mio M3 Fun Eco Riding City Touring” bersama para awak media. Touring Fun Eco Riding Mio M3 sendiri bermaksud memperlihatkan fungsi Eco Indicator bukan hanya untuk indikasi keiritan semata, namun ada fungsi lain yaitu sebagai pengingat bahwa berkendara secara Eco Riding juga berarti berkendara secara nyaman dan aman, dan pastinya bisa menyenangkan.

Terbukti dengan berkendara secara Eco Riding mengikuti Eco Indicator, pengendara motor menjadi tidak ugal-ugalan di jalan dan mengutamakan kemanan dan kenyamanan antar sesama pengguna jalan. “Kita sama-sama membuktikan bahwa berkendara secara Eco Riding dapat sangat menyenangkan. Manfaat yang didapat selain pemakaian bahan bakar lebih irit, faktor keamanan dan kenyamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya juga diperhatikan,” ujar Mohammad Maskyur, Asisten GM Marketing PT YIMM.

Berangkat dari Yamaha DDS jakarta para awak media mamakai 12 unit motor Mio m3 125 dan tiga motor yamaha NMAX. Rute t0uring 47 km (bisa dilihat dari odometer yang saya abadikan sebelum berangkat dan sesampai di tujuan) dengan jalur melewati Kemayoran – Sunter – Jl Ahmad Yani – Jl MT Haryono – Jl Gatot Soebroto – Pasar Minggu – Tanjung Barat – Lenteng Agung – Universitas Pancasila. Touring ini sekaligus menyaksikan langsung kegiatan Mio M3 Challenge Mesin Nyala Nonstop 30 hari di universitas pancasila depok.

fun city touring (5)

 

Agar para pengendara tahu akan kinerja fungsi dari Eco di motor mio m3 maka pihak yamaha memasang sebuah alat yang namanya Eco meter yang berfungsi untuk mengukur berapa lama sinyal Eco nyala ketika para awak media touring dari cempaka putih menuju depok, berangkat dari Yamaha DDS jakarta jam 11.20 wib mini touring pun dimulai.

fun city touring (1)

 

Dengan berbagai kontur jalan yang dilewati sepanjang jalan para biker dituntut untuk memainkan grip gas selembut mungkin dan dalam rentan kecepatan 20-60 kpj agar sinyal Eco akan menyala terus. Melewati jalanan kota jakarta yang banyak lampu merah serta dihadapkan dengan kemacetan menjadi tantangan tersendiri buat para awak media untuk berlomba menyalakan sinyal Eco riding ini menyala semakin lama, jadi disini para awak media dituntut untuk lama2an menyalakan sinyal Eco, semakin lama sinyal Eco menyala maka semakin irit pula bahan bakar yang dikonsumsi serta perjalananpun semakin menyenangkan dan aman karena tidak ugal-ugalan.

fun city touring (2)

 

Setelah melewati berbagai kondisi perjalanan dari lancar, macet sering berhenti di lampu merah akhirnya rombongan touring berakhir di universitas pancasila depok jam 13.30, artinya perjalanan ini memakan waktu selama 2 jam 10menit.

fun city touring (3)

 

Dari waktu tempuh yang dicapai selama 2jam 10menit ini ternyata angka yang nongol di eco meter motor saya menunjukkan angka 1.44.43 artinya saya berhasil menyalakan sinyal Eco selama 1jam lebih 44 menit 43 detik dari waktu tempuh seluruhnya 2 jam 10 menit.

fun city touring (6)

 

Torehan waktu yang saya dapat ternyata belum seberapa dibandingkan dengan awak media lain tercatat paling lama menyala sinyal Eco, para peserta yang berhasil menorehkan waktu paling lama nyala Eco-nya diganjar hadiah berupa uang tunai sebesar 1,5 juta rupiah untuk juara pertama dan 1,250 juta dan 1juta untuk juara kedua dan ketiga.

FUN ECO

1.wawa dari media otoplus, torehan waktu nyala Eco  1 jam 49 menit 34 detik.

2.Dian dari Viva.co.id, torehan waktu nyala Eco 1 jam 48 menit 57 detik.

3. Sony dari sportku.com, torehan waktu nyala Eco 1 jam 48 menit 49 detik.

FUN CITY TOURING

 

1 KOMENTAR

  1. Oooo … mung lomba lama-lamaan nyalain lampu Eco toh Lek, ora ono pengukuran atau pemakaian BBM / km yah … kayak Suzy Address waktu itu yg wak Haji Taufik jadi juara dua atau tiga

  2. ya ini trmsk hal baru di metik yamaha,ane jg dah punya dan mmng puas bgt pk ne mtr,irit,tarikan joss,desain bodi keren,trutama bagian blkng samping dgn bodi dual layernya kek bodi blkng nvl

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini