vixion ambrol banjir (3)

Beberapa hari ini jakarta dilanda banjir yang tak kunjung surut, kecuali hari mulai tadi siang beberapa wilayah sudah tidak mengalami hujan dan air surut. Aktivitas warga pastinya terganggu akibat banjir ini, nggak masuk resiko kena SP nekat masuk kerja harus berani menerobos banjir, jadi galau.

vixion ambrol banjir (4)

Mau tetap nekat menerjang genangan air yang tinggi ? siap2 resiko bro. Motor aman bisa menerjang banjir asalkan ketinggian air tidak sampai merendam mesin, kalau ketinggian air sudah diatas merendam mesin maka kita harus berani tanggung resikonya karena air mudah masuk ke ruang mesin yang mengakibatkan air bercampur oli semakin lama bahkan membuat motor ngejem karena proses pendinginan yang terlalu cepat alhasil stang piston alias stang seher jadi bengkok.

Seperti kejadian yang menimpa pada motor vixion satu ini, akibat nekat menerjang banjir yang sampai merendam motornya alhasil air masuk ke mesin dan terjadilah ngejem sampai2 stang piston bengkok parah. Karena tetap nekat terjang banjir akhirnya kampas kopling pun ikut aus.

vixion ambrol banjir (2)

Nich apalagi nerjang banjir sampai merendam headlamp, air pun masuk headlamp dech… oiya jika motor sampeyan kerendam banjir yang sampai menenggelamkan motor atau minimal air sampai merendam mesin, saran saya motor jangan langsung dihidupkan tapi di cek dulu apakah didalam mesin mengandung air karena jika langsung dihidupkan dan di dalam mesin ada airnya bisa berakibat fatal karena air bercampur dengan oli mesin dan mesin bisa rontok.

vixion ambrol banjir (1)

vixion ambrol banjir (5)

 

mau tetap nekat terjang banjir seperti dibawah ini ? siap2 menanggung resiko, saya cari mbah google vixion kebanjiran nemu gambar seperti ini : siap2 air masuk ke filter udara tuch… water hammer memang ganas…!

vixion banjir

1 KOMENTAR

  1. Wah kang ari,,, stang piston Bangkok bukan karena pemuaian tiba2,,,tapi karena Water hammer atau hydrolocking, keadaan dimana mesin mati mendadak disebabkan oleh air yang masuk kedalam ruang bakar melalui air intake dan mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder olehpiston. Sehingga stang piston akan bengkok, ring piston akan rusak, dinding silinder akan terluka dan yang paling parah adalah head silinder akan melengkung.,, ini karena sifat air yg tidak dapat dikompresi,,,

  2. seringnya sih gara2 air masuk lewat knalpot pas mesin mati, air dalam silinder belum semua dikeluarkan sudah nyalakan mesin akibatnya ambrol

    bisa juga gara2 air masuk lewat filter udara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini