iklan gma

Ada tiga faktor motor bisa berjalan dengan sempurna, yang pertama saluran bahan bakar yang sempurna, yang kedua dari kompresi yang sempurna dan yang terakhir adanya pengapian yang baik. Jika salah faktor tersebut tidak dipenuhi maka mustahil motor bisa hidup bahkan bisa berjalan kecuali didorong bawa dech ke bengkel, hehehehehe…

OLI MESIN HABIS

Info yang bisa saya share hari ini, ketika salah satu mekanik mendapati motor yang sedang diservis ternyata oli mesinnya habis tapi motor masih bisa jalan. Saya coba leihat kondisi businya… ngeri euy…penuh kerak. Kondisi busi di ujung elektroda menempel kerak yang cukup tebal serta berwarna kehitaman pekat agak sedikit basah. Dari ciri2 ini kondisi busi ini dinamakan oil fouled artinya busi penuh dengan kerak yang diakibatkan efek sari pembakaran yang tercampur oleh oli mesin. Dari mana oli mesin bisa ikut terbakar ? ada dua faktor teknis yaitu seal klep/klep bocor yang lebih sering dinamakan oil down dan yang kedua dari ring piston, piston atau cylinder bocor biasanya kondisi ketiga part ini baret sehingga oli naik atau Oil UP.

BUSI (2)

Satu lagi yang menyebabkan oli terbakar tapi ini bisa faktor kesalahan perawatan atau pemakaian yaitu oli masuk dari ruang intake seperti ketika kita jatuh dalam kondisi motor hidup maka oli mesin akan naik ke ruang filter udara kemudian oli mengalir turun ke ruang intake dan tercampur dengan campuran bahan bakar yang semprotkan oleh karburator atau injector. Tetapi kejadian ini hanya sesaat saja jika oli di ruang filter udara habis maka pembakaran akan normal kembali. beda dengan dua faktor diatas yang akan terus menerus oli ikut terbakar karena itu kerusakan teknis.

BUSI (3)

Nach kalau busi berwarna hitam pekat, kerak tebal serta agak basah sedikit atau basah banyak di elektroda businya sampeyan mesti waspada karena itu tanda2 oli mesin terbakar jika dibiarkan begitu saja maka oli mesin akan habis dan mesin bisa rontok. Itu buktinya kalau motor harus servis besar untuk mengecek dari mana oli bisa terbakar apakah dari klep atau dari piston.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here