TANGKI VIXION (4)

Info singkat saja buat kang bro, nulis sambil kepala lagi nyut nyutan nggak karuan. Berawal tadi ada konsumen yang mengeluhkan didalam tutup tangkisuka timbul genangan air karena airnya menimbulkan karat di tangki terutama di bagian lubang dudukan tutup tangki.

TANGKI VIXION (1)

Setelah saya lihat memang ada genangan air di dalam tutup tangki yang jadi pertanyaan kenapa bisa ada air padahal ditangki new vixion ini sudah lubang pembuangan yang disebut Safety Drain Hole untuk keamanan ketika bahan bakar diisi melebihi kapasitas tangki (luber) langsung diarahkan ke bawah mesin menuju tanah. Karena air mengendap di daerah tutup tangki alhasil tangki yang tidak kena cat mudah karatan, lihat gambar diatas dimana lubang tangki ada genangan air dan ada sedikit karatan. Setelah saya cari kenapa penyebab air tidakbisa terbuang ternyata selang pembuangan tertekuk (lihat gambar dibawah ini), selang pembuangan tertekuk alhasil air tidak bisa mengalir dengan lancar dan malah mengendap bahkan bisa masuk ke dalam tangki bercampur dengan bensin.

TANGKI VIXION (3)

 

Kenapa selang pembuangan bisa tertekuk ? sebagian besar karena human eror alias ketidak telitian mekanik saat menutup tangki setelah membersihkan filter udara atau komponen di bawah tangki. Pada saat mekanik menaikkan alias tangki ditunggingin maka selang pembuangan akan ikut tertarik keatas nach pada saat memasang kembali tangki seharusnya mekanik mengarahkan selang agar tidak tertekuk tapi karena lupa selang yang tertarik keatas tasi jadi tertekuk saat tangki diturunkan kebawah. Lalu bagaimana mengatasinya agar tidak terulang kejadian ini ?

1.Ketika kita mau mengisi bensin pasti membuka tutup tangki tangki kan ? nach… saat membuka tangki sekalian lihat ada genangan air atau tidak didalam tangki ada maka segera cek ke bengkel diperiksa kenapa air tidak bisa mengalir keluar. Jika air mampet karena selang tertekuk maka mekanik suruh betulkan seperti semula.

2.Biar tidak terulang kejadian air mampet saya sudah coba trik ini dibeberapa motor new vixion dan selama ini tidak ada keluhan, selang pembuangan disobek sedikit saja sekitar 0,5cm posisi nyobeknya sekitar 5cm dari dudukan selang. Karena selang disobek maka ketika selang tertekuk air bisa keluar dari lubang sobekan (lihat gambar dibawah).

TANGKI VIXION (2)

Semoga menjadi perhatian buat kang bro pemilik new vixion, jika ada air ditutup tangki segeralah periksa ke dokter terdekat…

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Apa ga bahaya kang kalo selangnya di sobek,., tar kalo pas ngisi bensin kepenuhan meluber keluar lewat tuh selang pas kondisi mesin motor panas, bensin netes ke mesin apa ga bahaya..?? tar yg ada mlah kebakaran lagi.. hehe sekedar opini..

  2. ada potensi bahaya mas bro,soalnya ada rembesan bahan bakar yang netes rawan kebakaran,intinya jangan sampai nekuk aja,thank you mas coment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here