SINYAL SPEED SENSOR (5)

Ceritanya kemarin hari saat perjalanan pulang kerja ditengah2 jalan saya kaget koktiba2 lampu MIL motor X-Ride menyala tanpa kedip. Pada saat lampu Mil nyala dalam benak saya bertanya ”ada dengan motor x-ride ini ?”, lawong kilometer baru 7ribuan meski umurnya baru 1,5 tahun.

Selidik punya selidik sampai rumah saya cek ternyata kabel speedometernya putus, oladalah…tenang wes plong ternyata cuma kabel speedometer putus. Kenapa kabel speedometer putus lampu MIL nyala ?, jawabannya di artikel sebelumnya sudah saya jelaskan secara gamblang (klik disini).

speed sensor (2)

Motor Injeksi Kabel Speedometer Putus Lampu MIL Pasti Nyala

Speed sensor salah satu sensor pengukur kecepatan motor saat berkendara. Speed sensor akan bekerja ketika motor berjalan sensor membaca putaran mesin atau roda (tergantung letak speed sensor) kemudian sinyal yang dibaca akan dikirim ke ECU kemudian akan sinyal dikirim ke speedometer agar bisa kita baca kecepatan motor kita.

Jadi jika ada masalah dengan speed sensor maka ECU makan mengirim perintah ke Speedometer untuk menyalakan lampu MIL. Setiap motor posisi speed sensor berbeda2, terdeteksi ada tiga posisi pembacaan kecepatan untuk meletakkan speed sensor, tapi tidak semua motor injeksi ada speed sensornya.

Keesokan harinya tepatnya tadi pagi kabel speedometer langsung saya ganti baru, setelah pasang kabel speedometer jangan lupa untuk menghapus riwayat kerusakan yang ada tentunya untuk menghapus diagnosa kerusakan harus memakai FI Diagnostic toool yang punya hanya bengkel resmi, lalu kalau kita ganti kabel speedometer sendiri atau di bengkel umum bagaimana ?, tidak masalah…! kode kerusakan jika belum dihapus tidak akan berpengaruh ke kondisi mesin jadi tak usah ragu takut ada apa… jika kondisi darurat atau jauh dari beres setelah ganti kabel speedometer langsung saja motor dipakai, untuk penghapusan kode kerusakan bisa menyusul dikemudian hari saat melakukan service.

speed sensor (1)

Berikut riwayat penggantian kabel speedometer di motor saya ;

1.Pada saat kabel speedometer putus maka lampu MIL akan menyala tanpa berkedip. Lampu MIL akan nyala terus tanpa kedipan saat posisi motor hidup atau berjalan. Lihat videonya :

video saya ambil dulu di artikel lama :

via hp klik disini.

2.Lampu MIL akan menyala berkedip saat kondisi kunci kontak ON tapi motor belum dihidupkan. Lampu akan berkedip 4 kali lambat dan 2 kali kedip cepat. Disini jumlah kodenya terbaca kode 42 artinya speed sensor bermasalah. Lihat video berikut ini agar lebih jelas :

video saya ambil dari motor saya sendiri, via hp klik disini.

3. Selanjutnya penggantian kabel speedometer diganti yang baru.

SINYAL SPEED SENSOR (6)

4. Setelah kabel diganti baru putar kunci kontak posisi ”ON” kemudian roda depan diputar cukup dua putaran kedepan saja tujuannya agar lampu MIL menyala normal kembali artinya speed sensor sudah menerima sensor kecepatan normal dari ro.

Setelah itu saatnya mengecek kerusakan pakai Diagnostic tool. Setelah di cek menggunakan diagnostic tool tepatnya di MENU Diagnosa kerusakan tercantum kode kerusakan nomor 42 yang artinya ”sinyal normal tidak diterima oleh speed sensor”.

SINYAL SPEED SENSOR (1)

SINYAL SPEED SENSOR (2)5. Karena kabel speedometer sudah diganti baru dan speed sensor sudah menerima sensor kecepatan normal saatnya saatnya menghapus kode kerusakan, masih di MENU Diagnosa Kerusakan ( serahkan saja ke bengkel resmi langkah2 yang berhubungan dengan diagnostic tool). Simpan kode kerusakan baru bisa dihapus dech…kode kerusakannya. Setelah dihapus maka kode kerusakan yang ada sudah hilang artinya ECU sudah bersih.

SINYAL SPEED SENSOR (4)

Untuk riwayat kerusakan di motor kita akan tersimpan di ECU sehingga sejarah atau riwayat hidup motor selalu terpantau, untuk melihat riwayat kerusakan yang pernah ada di motor kita bisa dilihat di Menu Histori Malfunction di menu ini bisa terlihat apa saja pernah terjadi motor kita yang berhungan dengan kerusakan yang terbaca oleh sensor2 injeksi di motor kita.

SINYAL SPEED SENSOR (3)

 

Piye…? mumet…? yup artikel nambah pengetahuan saja kok jangan dibuat pusing. Semoga berguna.

Advertisements

34 KOMENTAR

    • motor udh divawa ke bengkel resmi udh brapa jam padahal nambah servis katanya normal semua tapi lampu mil tetap nyalah klo dibawa jalan udh lama pasti nyalah sendiri klo ga beberapa menit nyalah padahal udh dicek normal

  1. loh mas, lepas dr semua itu, tanpa indikator lampu mil pun, kl emang kabel putus kan bisa dilihat speedometer ga bergerak naik turun saat melaju.
    atau tidak terpikir ya saat di jalan..

  2. selamat sore mas ari.
    saya ingin menanyakan bengkel yamaha mas ari di daerah mana ? soalnya saya mau servis motor, terlebih injektor motor saya belum pernah dicek padahal sudah 28000 km . saya takut nanti bermasalah injektor saya. mohon jawabannya dari mas ari . terima kasih

  3. mas kalo riwayat kerusakan ga dihapus,efeknya apa??
    kalo ga salah kalau aki soak lampu mil nyala kedip kencang ya?? lha saya 2 tahun ini pernah ngalamin 2 x aki tekor,, trus langsung saya ganti baru
    pas servis ga ngmng kalau ada riwayat tsb diatas
    suwun

  4. tanya dong..
    lampu mil ane suka tiba-tiba nyala trs pada saat jalan…namun setelah kunci kontak di off kan kembali normal kembali dan nyala lagi setelah jalan beberapa meter..pada saat nyala spido normal, sudah service 3x ke bengkel resmi dengan 2 bengkel berbeda namun problem masih sering muncul…

    thx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here