GARDAN AUS (2)

Musim hujan perlahan sudah mulai menggantikan panasnya musim kemarau, kalau musim kemarau panas kekeringan kalau musim hujan jadi basah kebanjiran. Banjir menjadi momok buat para biker apalagi biker kota2 besar yang harus cari dwit buat makan sehari2 dan dihadapkan dengan pilihan libur kerja buat anak rantauan juga libur makan atau terjang banjir berakibat motor yang bisa rusak. becanda…jangan masukin hati.

Buat biker motor matic yang motornya lebih pendek dan posisi mesin lebih mudah kemasukan air jadi berhati hatilah saat menerjang banjir, seperti yang baru saja dialami salah satu konsumen ini. Motornya matic sekitar dua minggu yang lalu hujan didaerah ciledug dan banjir datang mau tidak mau motor harus menerobos banjir agar bisa pulang ke rumah. Sampai rumah tidak masalah tapi dua minggu kemudian baru terasa aneh karena ada rembesan oli menetes kebawah, dibawalah motor ke bengkel.

GARDAN AUS (4)
Kondisi oli gardan bercampur air merusak part didalam mesin

Setelah motor dibawa ke bengkel dicek sama mekanik ternyata ada kebocoran sil sehingga oli gardan merembes keluar. Bagian CVT dibongkar, cover cvt dilepas langsung genangan oli menetes kebawah…jian ternyata sil as pully belakang bocor alhasil oli keluar muncrat2. Pertanyaannya kenapa sil pully bisa rusak ? ternyata akibat kemasukan air kondisi oli jadi putih milky. Kalau oli sudah jadi milky justru oli menjadi alat perusak karena fungsi pelumasan sudah hilang gara tercampur air.

GARDAN AUS (3)

Kemudian pully dilepas dan cover tutup gardan dilepas terlihat kondisi gardan yang sudah banyak kotoran akibat oli kotor/milky, semua part gardan jadi aus makanya sil ikut bocor. Lihat saja gambar yang sudah jepret dibawah. Kenapa air bisa masuk ke gardan ? air bisa masuk ke gardan karena air masuk lewat selang hawa yang pecah atau terpasang kurang sempurna bahkan banyak juga selang hawa gardan yang tidak terpasang, banyak juga selang hawa di gardan diganti dengan selang warna warni panjang dimasukkan ke dalam body bodor itu justru bisa riskan akan air saat mencuci motor.

Pastikan selang hawa gardan tidak pecah atau bocor.

SELANG GARDANPastikan tutup oli gardan tidak bocor, jika ada rembesan segera ganti oring/gasket tutup gardan.

TUUTP OLI GARDASaat kondisi musim banjir selalu cek kondisi motor terutama kondisi oli mesin part2 didalam mesin seperti cvt untuk motor matic agar kondisi motor dalam kondisi prima.

Baca juga :

Musim Hujan dan Banjir Datang Awas Oli Mesin Jadi Milky, Plus Cara Kuras Oli Mesin YangĀ Milky

Kamis Siang Sampai Malam Jakarta Hujan Deras Korban BanjirĀ Berdatangan

Tips Apa Yang Perlu Dilakukan Setelah Motor TerjangĀ Banjir

Bahayanya Air Jika Masuk Tangki atau RuangĀ Mesin

24 KOMENTAR

  1. sy pernah gra2 selang hawa mio di model2in… tw2 copot ga engeh udh lwt becek… pas waktu service olinya campur air… alhasil ngabisin bnyk oli bwt nguras….

  2. Itukah motor yang di gembor gemborkan FBY katanya kualitas GLOBAL… Global MAho iya. baru kena air comberan lokal aja udahProtol kabeh…..

  3. Harusnya produsen motor matic merevisi desain pada sektor gearbox, yakni untuk yamaha dan suzuki memberikan stick pada tutup oli gearbox, dan untuk honda memberikan kaca (mirip kaca di master rem cakram depan motor) buat ngecek kualitas oli dan volume oli (kayak di mesin motor sport),,,

    Yamaha masih mending gan dia tutup olinya pake bahan plastic kayak tutup oli mesin, cuman gk ada stick nya,,, nah masalahnya Honda dia tutup olinya baut 12 mm + waser tembaga,,, banyak tuh yg bilang matic honda gk pake oli gardan, wkwkwk,,,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini